SOFTWARE UNTUK MENGETAHUI SPESIFIKASI HARDWARE YANG TERDAPAT DALAM KOMPUTER NOTEBOOK ATAU LAPTOP

SOFTWARE UNTUK MENGETAHUI SPESIFIKASI HARDWARE YANG TERDAPAT DALAM KOMPUTER NOTEBOOK ATAU LAPTOP


Perkembangan kemajuan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) di Indonesia terus merangkak maju dan semakin meluas ditandai dengan dimasukkannya mata pelajaran  Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) pada Sekolah Menengah Pertama di seluruh Indonesia.

Dalam rangka optimaliasi pelaksanaan pembelajaran TIK di sekolah-sekolah, pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional (Kemenetrian Pendidikan Nasional) telah memberikan subsidi bantuan Hardware dan Software, berupa bantuan untuk pengadaan PC, Laptop dan  Media Interaktif Pembelajaran.

Seiring dengan kebijakan tersebut,  sekolah sebagai penanggungjawab pengadaan Hardware dan Software dihadapkan pada permasalahan kesesuaian pengadaan hardware dan software tersebut dengan spesifikasi yang ditentukan. Banyak pihak yang selalu menyalahkan pihak sekolah apabila dalam pemeriksaan atau pengamatan mereka ditemukan ketidaksesuaian spesifikasi (spek). Mereka seolah tidak mengetahui bahwa masih banyak sekolah-sekolah di Indonesia yang awan terhadap spesifikasi Hardware maupun Software Teknologi Informasi. Oleh karena itu, tidak aneh jika dibeberapa sekolah muncul kasus ketidaksesuaian spek tersebut. Bahkan ada beberapa kasus yang sampai ke kejaksaan maupun pengadilaan.

Bagi sekolah-sekolah penerima subsidi bantuan hardware dan software TIK sebaik anda berhati-hati agar ketidaksesuaian spek tersebut dapat dihindari. Untuk membantu temen-temen mengetahui spesifikasi yang terdapat pada PC, Laptop atau Notebook anda dapat menggunakan software gratis berupa  speccy.

Cara penggunaan software speccy ini cukup praktis. Setelag Anda mendownloadnya, selanjutnya Anda  install pada PC, Laptop atau NoteBook yang akan Anda lihat spesifikasinya. Setelah di Install, Anda buka program tersebut Anda tinggal mengklik bagian-bagian yang ingin diketahui.

Dibawah ini Anda dapat melihat contoh tampilan program SPECCY.


Berdasarkan informasi  pada gambar (tampilan) di atas kita dapat mengetahui bahwa spesifikasi  CPU pada computer ini adalah Intel(R) Pentium(R) 4 CPU 3.00GHz. Untuk mengetahui komponen-komponen lainnya kita tingggal mengkliknya.

Silahkan dicoba. Mudah-mudahan kita terhindari dari ketidaksesuaian spesifikasi pada saat pengadaan Hardware atau Software TIK atau pengadaan Hardware atau Software Pembelajaran.


= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post