LATIHAN SOAL USBN IPA SMP TAHUN 2018

LATIHAN SOAL USBN IPA SMP TAHUN 2018
Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN IPA SMP Tahun 2018. Pada jenjang SMP, Ujian  Sekolah  Berstandar  Nasional  yang  selanjutnya  disebut  USBN adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan sekolah  untuk  seluruh  mata  pelajaran  dengan  mengacu  pada  Standar Kompetensi  Lulusan  untuk  memperoleh  pengakuan  atas  prestasi belajar, kecuali mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok). Salah satu perbedaan antara UN dan USBN pada jenjang SMP adalah UN tidak menentukan kelulusan, sedangkan USBN menentukan kelulusan.

Adapun mata pelajaran yang diujikan pada USBN tahun 2018 pada jenjang SMP adalah Pendidikan Agama, PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, Bahasa Inggris, IPS, Seni Budaya, Penjasorkes, Prakarya/TIK.  Soal-soal USBN SMP disusun berdasarkan Kisi-kisi Soal USBN yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Namun, pada intinya soal USBN harus mengacu pada materi pelajaran yang di ajarkan di sekolah.

Sudah siapkah kamu menghadapi pelaksanaan USBN SMP tahun 2018? Berikut beberapa tips agar kamu bisa berhasil atau sukses dalam menghadapi ujian nasional 2018 nanti, yakni: Pertama, Berlatih. Tidak ada kesuksesan didunia ini, tanpa ada usaha dan latihan. Begitu juga dengan Ujian Nasional, semakin banyak anda berlatih maka anda akan semakin siap dan percaya diri. Kedua, Percaya Diri. Selain berlatih, anda juga harus percaya diri. Percaya diri dapat anda bangun dengan banyak berlatih, dan latihan soal. Semakin sering anda mengerjakan contoh soal-soal ujian nasional, maka semakin tumbuh kepercayaan diri anda. Namun demikian, kepercayaan diri tidak tumbuh begitu saja, anda harus meyakinkan diri anda bahwa anda bisa, anda mampu, anda terbaik. Banyak anak yang gagal karena hal sepele seperti kurang teliti, ragu-ragu, atau mengubah jawaban yang sebenarnya sudah tepat. Kesalahan ini timbul karena kurangnya rasa percaya diri. Kunci sukses lulus ujian nasional dengan nilai memuaskan adalah memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam menghadapi ujian.


Ketiga, Hilangkan Emosi Negatif. Hampir semua pelajar memiliki emosi negatif saat menghadapi ujian, baik itu ujian semester maupun ujian nasional. Mereka sering merasa malas dan tidak termotivasi saat disuruh belajar. Namun, ketika hari ujian tiba, mereka cemas, takut dan khawatir serta bertanya-tanya, apakah saya bisa lulus, saya kurang belajar, saya banyak main, dan lain sebagainya.Semua emosi negetif itu harus dihilangkan, harus dibuang jauh-jauh. Karena akan mengganggu konsentrasi anda dalam menjawab setiap soal ujian nasional nanti.

Keempat, Pola Pikir Positif (Berprasangka Baik). Semua keberhasilan sudah kita atur dalam pikiran kita, begitu juga kegagalan. Jika anda memantapkan pikiran anda bahwa anda lulus, berhasil, dan sukses, maka otak anda memerintahkan semua organ tubuh anda untuk mulai bertindak dalam mewujudkan keinginan sukses dan berhasil anda. Namun sebaliknya, jika pola pikir anda negatif, atau anda berprasangka buruk terhadap hasil yang belum terjadi, maka otak anda pun secara tanpa anda sadari merintahkan semua organ tubuh anda untuk berhenti mengejar keinginan sukses dan berhasil anda. Pola pikir serta berprasangka baik ini adalah hal yang membedakan antara pemenang dan pecundang. Ingin jadi pemenang, maka mulailah berpikir positif dan berprasangka baik terhadap diri anda sendiri.

Kelima, Manajemen Waktu. Disiplin diri adalah kunci sukses semua harapan. Jika anda terbiasa disiplin dan seharusnya anda memang sudah terbiasa disiplin, karena disekolah anda diajarkan untuk disiplin, maka anda mempunyai kunci sukses kehidupan. Karena, untuk memanajemen waktu hal yang paling utama dan terpenting adalah kedisiplinan. Percuma anda membuat jadwal untuk pelajaran anda dan memenej waktu anda dalam belajar namun anda tidak disiplin dalam mengikuti nya. Setelah anda memanajeman waktu anda dan disiplin dalam mengikuti semua jadwal yang anda atur/ menej dalam usaha anda menghadapi ujian nasional, maka anda tinggal mengatur strategi selanjutnya. Mengatur teknik memahami mata pelajaran yang kemudian anda ikuti dengan mengatur teknik dalam menghafal. Semua akan terasa sangat mudah dan lancar jika anda melakukannya dengan disiplin dalam mengikuti waktu yang telah anda tentukan dan jadwalkan. Yang selanjutnya, anda bisa mengatur strategi dalam menjawab soal. Setelah anda memahami dan menghafal setiap mata pelajaran selanjutnya anda dapat mencoba berlatih menyelesaikan beberapa contoh soal ujian nasional. Semakin banyak anda berlatih dengan soal, berlatih dengan contoh-contoh soal, maka akan semakin memberikan peluang bagi anda untuk lulus ujian nasional dengan nilai terbaik. Serta semakin meningkatkan rasa kepercayaan diri anda. Yang pada akhirnya akan memudahkan anda dalam memilih perguruan tinggi negeri yang anda sukai jika anda lulus dengan nilai sempurna.Buat target anda, tentukan tujuan anda, dan mulailah mengejar cita-cita, tujuan dan target dalam kehidupan anda. Jangan anda menjalani hidup ini tanpa target, tanpa tujuan, tanpa citi-cita. Jangan lagi anda menjalani hidup ini hanya menjadi pengagum orang lain, namun mulailah menjadi sesuatu, menjadi seseorang, menjadi orang yang dikagumi orang lain.

Sebagai bahan latihan menghadapi USBN IPA SMP Tahun 2018 berikut admin sharekan contoh Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN IPA SMP Tahun 2018. Latihan ini tentu bukan soal bocoran USBN SMP, tetapi sarana untuk menguji kemampuan diri dan memperkaya wawasan. Mudah-mudahan melalui latihan ini para siswa kelas 9 SMP memiliki pengalaman dalam menghadapi berbagai bentuk soal ujian. Pada akhirnya di harapkan para siswa sukses dalam mengikuti USBN tahun 2018 ini.

Berikut ini beberapa contoh Latihan Soal USBN IPA SMP Tahun 2018
1. Dengan suara yang sama, di dalam ruangan kelas lebih nyaring dari pada di lapangan. Hal ini disebabkan . . .
A. di lapangan sepi
B. dalam ruangan banyak suara
C. dinding pantul jauh dari sumber buny
D. dinding pantul dekat dengan sumber bunyi

2. Sebuah benda diletakkan 20 cm di depan cermin cekung berjari-jari 30 cm. Jarak bayangan benda terhadap cermin adalah . . ..
A. 20 cm
B. 30 cm
C. 45 cm
D. 60 cm

3. Batang kaca akan bermuatan positif jika digosok dengan kain sutera, karena . . .
A. ada proton berpindah dari kaca ke kain
B. ada proton berpindah dari kain ke kaca
C. ada elektron berpindah dari kaca ke kain
D. ada elektron berpindah dari kain ke kaca



Demikian info contoh Latihan Soal dan Kunci Jawaban USBN IPA SMP Tahun 2018. Semoga bermanfaat dan dapat membantu.




No comments

Theme images by Zemdega. Powered by Blogger.