Ticker

6/recent/ticker-posts

Modul Literasi dan Numerasi SD-MI Untuk Persiapan Guru Mempersiapkan Siswa SD-MI dalam Menghadapi AKM

Modul Literasi dan Numerasi SD-MI Untuk Persiapan Guru Mempersiapkan Siswa SD-MI dalam Menghadapi AKM

Download Modul Literasi dan Numerasi SD-MI Untuk Persiapan Guru Mempersiapkan Siswa SD-MI dalam Menghadapi AKM. Sebagaimana diketahui Kemendikbud pada tahun 2021 akan menyelenggarakan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Asesmen tersebut tidak dilakukan berdasarkan mata pelajaran atau penguasaan materi kurikulum seperti yang selama ini diterapkan dalam ujian nasional, melainkan melakukan pemetaan terhadap dua kompetensi minimum siswa, yakni dalam hal literasi dan numerasi.

Literasi dan numerasi intinya adalah bagaimana memaknai informasi yang bermacam-macam. Kalau literasi, informasi dalam bentuk teks. Kalau numerasi, informasi dalam bentuk angka dan kemudian maknanya seperti apa, kemudian memproduksi makna seperti apa. Fokusnya pada meaning. Untuk membantu Bapak/Ibu guru SD dalam mempersiapkan peserta didiknya untuk mengikuti AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) sudah terdapat cukup banyak buku atau modul yang membahas tentang Literasi dan Numerasi untuk jenjang SD-MI. Salah satunya Modul Literasi dan Numerasi SD-MI Untuk membantu guru bagaimana mengajarkan Literasi dan Numerasi pada siswa SD/MI yang akan saya bagikan pada posting kali ini.

Ada dua modul yang akan saya sharekan pada kesempatan ini yakni Modul Literasi Jenjang SD-MI dan Modul Numerasi Jenjang SD-MI. Berdasarkan Modul Literasi Jenjang SD-MI yang dimaksud Literasi adalah kecakapan fundamental yang membekali peserta didik dengan kemampuan memilih, menganalisis informasi dengan kritis serta menggunakannya untuk mengambil keputusan dalam kehidupan. Adapun salah satu pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran literasi adalah Pendekatan Literasi Berimbang, yaitu pendekatan yang meningkatkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak, membaca, dan memirsa) dan kemampuan berbahasa produktif (berbicara, berdiskusi, mempresentasikan, dan menulis) melalui kegiatan menggunakan teks bacaan, baik secara terbimbingmaupun mandiri.

Berdasarkan Modul Numerasi Jenjang SD-MI yang dimaksud Numerasi adalah kecakapan fundamental yang membekali peserta didik dengan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari dan kemampuan untuk menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita. Kemampuan ini ditunjukkan dengan kenyamanan terhadap bilangan dan cakap menggunakan keterampilan matematika secara praktis untuk memenuhi tuntutan kehidupan. Kemampuan ini juga merujuk pada apresiasi dan pemahaman informasi yang dinyatakan secara matematis, misalnya grafik, bagan, dan tabel. Adapun salah satu Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran Numerasi adalah Pendekatan Numerasi Berimbang adalah Pendekatan yang meningkatkan kemampuan intuitif bilangan (number sense) dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari (kontekstual). Konsep matematika disampaikan secara visual dengan menggunakan berbagai representasi. Siswa aktif di dalam bereksporasi menggunakan benda dan alat yang ada di sekitar mereka

Untuk Bapak/Ibu yang membutuhkan Modul Literasi Jenjang SD-MI dan Modul Numerasi Jenjang SD-MI silahkan download melalui link download yang ada di bawah ini.

Link download Modul Literasi dan Numerasi Jenjang SD-MI (disini)

Demikian informasi tentang Modul Literasi Jenjang SD-MI dan Modul Numerasi Jenjang SD-MI. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



Posting Komentar

0 Komentar