Contoh Program Kerja MPLS SMP SMA

Contoh Program Kerja MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMP SMA


Contoh Program Kerja MPLS SMP SMA / Contoh Program Kerja MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMP SMA. Dalam beberapa dekade ini, pendidikan selalu menjadi sorotan utama oleh berbagai kalangan khususnya dalam penerapan proses pendidikan secara keilmuan maupun non keilmuan. Pendidikan merupakan sebuah proses terus menerus selama manusia hidup. Dalam hal ini proses pendidikan tersebut dikategorikan menjadi dua jenjang yaitu jenjang formal dan non formal. Dalam dunia pendidikan formal (sekolah) terdiri dari berbagai jenjang yang merupakan perbedaan tingkat yang akan diampuh oleh anak sesuai dengan ketentuan pemerintah. Tiap – tiap jenjang tersebut mempunyai ciri-ciri khas yang membedakannya dengan jenjang pendidikan lainnya. Strategi dalam penyampaian materi tentunya disesuaikan dengan tingat perkembangan kemampuan mentalitas psikologis anak didik.

 

Adanya ciri khusus pada jenjang pendidikan, menyebabkan beberapa kebiasaan belajar yang dikenal pada jenjang terkadang membawa dampak pada perkembangan sikap pada jenjang selanjutnya. Oleh sebab itu harus adanya perubahan dengan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan dan diberikan pendidikan yang sesuai dengan lingkungan pendidikan yang baru.sebagai upaya adaptasi dengan perkembangan mental dan psikologis anak didik.

 

Dalam Contoh Program Kerja MPLS SMP SMA / Contoh Program Kerja MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMP SMA, pada bagian ditejalaskan latar belakang diadakannya MPLS. Untuk mengantar seorang anak memasuki jenjang pendidikan yang baru, keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah telah menetapkan suatu masa orientasi untuk Peserta Didik Baru baru, yang disebut Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

 

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ini diadakan sebagai upaya menjembatani Peserta Didik Baru baru mengenai berbagai kehususan dari jenjang pendidikan barunya, baik yang berupa lingkungan fisik, lingkungan sosial maupun pembelajaran yang nanti akan dihadapi dengan lingkungan pada jenjang sebelumnya.

 

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah   merupakan kegiatan yang diadakan untuk melatih kedisiplinan Peserta Didik Baru, mental, dan cara berfikir Peserta Didik Baru agar lebih dewasa dan lebih bertanggung jawab.Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program kerja Kesiswaan dan OSIS SMP/SMA.

 

Pada Dalam Contoh Program Kerja MPLS SMP SMA / Contoh Program Kerja MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMP SMA, juga disampaikan Tujuan Umum dan Tujuan khusus Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

 

1.  Tujuan Umum

Pada dasarnya kegiatan MPLS bertujuan memberikan kesan yang positif dan menyenangkan kepada Peserta Didik Baru baru tentang lingkungan sekolahnya yang baru. Mereka diharapkan mengawali kegiatan pendidikan dengan hal-hal yang menggembirakan sambil mengenal dan mempelajari suatu yang baru, baik yang berkaitan dengan lingkungan fisik, lingkungan sosial (termasuk norma-norma khusus yang berlaku di lingkungan sekolah barunya dengan pola pembelajaran yang baru).

 

2.  Tujuan Khusus

Secara lebih khusus MPLS bertujuan :

·          Membantu Peserta Didik Baru mengenal lebih dekat dengan lingkungan pendidikan sekolah yang baru, sehingga tercipta suasana edukatif yang kondusif.

·          Mendorong Peserta Didik Baru untuk bersikap proaktif dalam mengenali para guru, karyawan dan kakak – kakak kelasnya, sehingga ia merasa lebih aman dan nyaman sehingga terciptanya rasa persaudaraan.

·          Membantu Peserta Didik Baru baru agar mampu beradaptasi dan menyatu dengan warga sekolah, lingkungan sekolah, mengetahui hak dan kewajiban serta mampu bertanggung jawab dalam kehidupan sekolah.

·          Mendorong Peserta Didik Baru untuk memulai kebiasaan belajar bersama, berkelompok melalui diskusi.

·          Memotivasi Peserta Didik Baru agar merasa bangga terhadap sekolah yang dipilihnya sehingga dapat memahami dan melaksanakan aturan – aturan sekolah yang baru dengan baik.

·          Menyadari akan menjaga nama baik dan memberikan kontribusi yang positif baik secara internal maupun eksternal.

 

Untuk mengetahui sistematika lengkap Contoh Program Kerja MPLS SMP SMA / Contoh Program Kerja MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMP SMA, silahkan didownload melalui link yang tersedia di bawah ini.

 

Link download Contoh Program Kerja MPLS SMP SMA (disini)

 

Demikian informasi tentang Contoh Program Kerja MPLS SMP SMA / Contoh Program Kerja MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMP SMA. Semoga ada manfaatnya.



No comments

Theme images by Jelajah Informasi (https://www.ainamulyana.com/. Powered by Blogger.