JADWAL UNDUH SPTJM DAN UNGGAH SPTJM VERVAL PONSEL UNTUK BANTUAN KUOTA INTERNET GURU DAN SISWA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Jadwal Unduh SPTJM dan Unggah SPTJM di Laman Verval Ponsel Untuk Bantuan Kuota Internet Guru dan Siswa Tahun Pelajaran 2021/2022


Jadwal Unduh SPTJM dan Unggah SPTJM di Laman Verval Ponsel Untuk Bantuan Kuota Internet Guru dan Siswa Tahun Pelajaran 2021/2022. Sebagaimana disampiakan melalui Surat Edaran Kemendikbudristek Nomor : 9969/C/DS.00.01/2021 tertanggal 4 Agustus 2021 tentang Program Lanjutan Pemberian Kuota Internet Bagi Peserta Didik dan Guru, untuk mendaptakan Bantuan Kuota Internet Guru dan Siswa maka Satuan Pendidikan harus pemutakhiran data peserta didik dan guru serta nomor handphone mereka yang aktif melalui aplikasi dapodik.


Setelah melakukan pemutakhiran data peserta didik dan guru, Kepala Satuan Pendidikan perlu memastikan kesesuaian data peserta didik dan guru dengan sistem kependudukan dan pencatatan sipil melalui laman vervalpd.data.kemdikbud.go.id untuk peserta didik dan vervalptk.data.kemdikbud.go.id untuk guru. Kepala Satuan Pendidikan perlu segera memperbaiki data peserta didik dan guru yang masuk ke kategori residu pada laman vervalpd.data.kemdikbud.go.id untuk peserta didik dan vervalptk.data.kemdikbud.go.id untuk guru.

 

Setelah proses di atas selesai, Kepala Satuan Pendidikan melalui OPS mencetak SPTJM yang tersedia pada laman vervalponsel.data.kemdikbud.go.id, menandatangani SPTJM tersebut serta mengunggahnya kembali pada laman vervalponsel.data.kemdikbud.go.id

 

Adapun Jadwal Unduh SPTJM dan Unggah PTJM di Laman Verval Ponsel Untuk Bantuan Kuota Internet Guru dan Siswa Tahun Pelajaran 2021/2022. Untuk Jadwal unduh SPTJM paling lambat :

a) tanggal 28 Agustus 2021 untuk bulan September;

b) tanggal 28 September 2021 untuk bulan Oktober; dan

c) tanggal 28 Oktober 2021 untuk bulan November.

 

Sedangkan Jadwal Untuk unggah SPTJM paling lambat :

a) tanggal 31 Agustus 2021 untuk bulan September;

b) tanggal 30 September 2021 untuk bulan Oktober; dan

c) tanggal 31 Oktober 2021 untuk bulan November.

 

Sebagaimana diketahui Bantuan paket kuota data internet adalah bantuan yang diberikan Kemendikbudristek kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen berupa kuota data internet seluler dengan tujuan untuk menunjang pelaksanaan belajar dari rumah pada masa pandemi Corona Virus Diseases 2019 (COVID-19). Keseluruhan bantuan kuota di tahun 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi kecuali yang diblokir oleh Kemenkominfo dan yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbudristek: https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

 

Penyaluran kuota data internet dilakukan selama 3 (tiga) bulan dari September sampai dengan November 2021. Bantuan disalurkan pada setiap bulan dan berlaku selama 30 hari sejak diterima. Rincian bantuan kuota data internet dibagi menjadi empat kategori yaitu Peserta Didik Jenjang PAUD: 7 GB / bulan; Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: 10 GB / bulan; Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah: 12 GB / bulan, sedangkan Dosen dan Mahasiswa 15 GB / bulan.

 

Penyaluran kuota Kemendikbudristek tidak menuntut penerima bantuan menggunakan nomor baru/nomor perdana karena bantuan akan disalurkan langsung ke nomor handphone yang didaftarkan melalui Dapodik melalui serangkaian verifikasi ­dan­­validasi. Apabila terdapat bantuan kuota dengan besaran tidak sesuai, terlebih menggunakan nomor baru/ perdana, dapat dipastikan hal tersebut bukan bantuan resmi dari Kemendikbudristek. Yang juga perlu diketahui bahwa bagi yang nomornya berubah atau yang belum menerima batuan paket kuota internet sebelumnya, baru bisa menerima bantuan paket kuota mulai bulan berikutnya, dengan memperhatikan hal sebagai berikut: 1) Calon penerima melaporkan kepada pimpinan satuan pendidikan untuk mendapat bantuan paket kuota; 2) Pimpinan/operator satuan pendidikan mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) untuk nomor baru atau nomor yang berubah pada laman http://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id (untuk jenjang PAUD, dikdas, dan dikmen) atau http://kuotadikti.kemdikbud.go.id (untuk jenjang pendidikan tinggi).

 

Demikian informasi tentang Jadwal Unduh SPTJM dan Unggah SPTJM di Laman Verval Ponsel Untuk Bantuan Kuota Internet Guru dan Siswa Tahun Pelajaran 2021/2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



1 comment:

  1. Terima kasih atas informasi, semoga admin diberikan berkah, sehat selalu, serta jadi bagian dari amal ibadah

    ReplyDelete

Theme images by Zemdega. Powered by Blogger.