Panduan Pengisian Nilai Rapor Sekolah Penggerak Pada Aplikasi Dapodik 2022.C.

Unduh - Download Panduan Pengisian Nilai Rapor Sekolah Penggerak Pada Aplikasi Dapodik 2022.C


Panduan Pengisian Nilai Rapor Sekolah Penggerak Pada Aplikasi Dapodik 2022.C. Sebelum ada mengisi Rapor Sekolah Penggerak terlebih dahulu Anda haru melakukan pembaruan atau update aplikasi Dapodik ke versi Versi 2022.c. Bagi  Satuan  pendidikan  yang  sudah  meng-install  Aplikasi  Dapodik  versi  2022,  sekolah  tidak  perlu melakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Pembaruan Aplikasi Dapodik versi 2022.c dapat dilakukan menggunakan langkah-langkah berikut:

1. Unduh file patch Aplikasi Dapodik 2022.c pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id/

2. Install patch Aplikasi Dapodik 2022.c.

3. Refresh browser (ctrl+F5).

4. Login di Aplikasi Dapodik. Pastikan tampilan aplikasi sudah versi 2022.c

 

Sebelum  melakukan  pengisian  nilai  rapor  sekolah penggerak,  satuan  pendidikan  harus  melakukan tarik data menggunakan akun operator atau kepala satuan  pendidikan.  Hal  ini  dilakukan  untuk menurunkan  data  referensi  kurikulum  sekolah penggerak  dari  server  pusat  ke  Aplikasi  Dapodik lokal.

 

Panduan Pengisian Nilai Rapor Sekolah Penggerak Pada Aplikasi Dapodik 2022.C yang harus diperhatikan antara lain Menu Rapor, Tambah Mata Evaluasi Rapor, Mata Evaluasi Rapor, Nilai Akhir dan Capaian Kompetensi, Menu Export, Menu Import, Menu Cetak Rapor (Laporan Hasil Belajar) dan menu Sinkronisasi
 

Dijelaskan dalam Panduan Pengisian Nilai Rapor Sekolah Penggerak Pada Aplikasi Dapodik 2022.C bahwa sara Pengisian Nilai Rapor Sekolah Penggerak, adalah sebagai berikut:


Menu Rapor

·          Pada dashboard sebelah kiri Aplikasi Dapodik, pilih menu Nilai, lalu pilih Sub-menu Rapor.

 

Tambah Mata Evaluasi Rapor

·          Pada tabel mata evaluasi rapor, pilih semester 2021/2022 Ganjil, lalu pilih Rombel yang akan diisi, selanjutnya Klik Tambah.

·          Pada form tambah mata evaluasi, lengkapi isian sebagai berikut:

 

1.    Pembelajaran: Daftar mata pelajaran pada pilihan ini diambil dari isian pembelajaran pada tabel rombel.

2.    Nama Mata Evaluasi: Diketik manual (wajib diisi).

3.    Nomor Urut: Diisi untuk mengurutkan matpel pada rapor (wajib diisi).

 

Mata Evaluasi Rapor

·          Untuk melakukan pengisian nilai per mata pelajaran pada Aplikasi Dapodik, perlu login menggunakan akun PTK. Selanjutnya, klik Mata Pelajaran pada kolom Nama Mata Evaluasi lalu klik dua kali, maka akan muncul daftar nama peserta didik pada rombongan belajar tersebut di tabel kanan. Isi nilai menggunakan skala 100 dan capaian kompetensi (maksimal 300 karakter).

 

Nilai Akhir dan Capaian Kompetensi

1.    Pada kolom nilai, isi dengan nilai akhir yang diperoleh dari nilai akhir formatif, sumatif lingkup materi, dan sumatif akhir semester (rerata F+S+AS) dengan pembulatan normal. Pembobotan dalam penghitungan nilai rapor ditetapkan oleh satuan pendidikan.

2.    Capaian kompetensi adalah beberapa kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap tahap perkembangan untuk setiap mata pelajaran dan dituangkan dalam bentuk deskripsi berdasarkan data formatif, dikonfirmasi dengan data sumatif.

 

Export

·          Pilih menu Export dan Import untuk mengunduh format Excel yang digunakan dan diisi oleh guru mata pelajaran.

·          Pada file ini, guru dapat mengisi nilai dan capaian kompetensi. Nilai yang diinput berskala 100 dan capaian kompetensi diisi maksimal 300 karakter.

 

Menu Import

·          Menu import digunakan untuk memasukkan data nilai rapor yang telah diinput pada format file Excel.

·          Untuk memulai, pilih menu Import dari Excel, kemudian pilih file dan klik Simpan. Proses unggah akan tampil jika file yang dipilih sudah sesuai format.

·          Status informasi akan tampil dengan jumlah baris data yang berhasil dimasukkan.

·          Data nilai rapor akan masuk ke dalam format seperti pada gambar di bawah ini:

 

Cetak Rapor (Laporan Hasil Belajar)

·          Menu ini digunakan untuk mencetak laporan hasil belajar dari data nilai rapor yang sudah diinputkan pada Aplikasi Dapodik.

·          Klik menu Cetak Rapor yang terdapat pada kiri bawah jendela.

·          Tampilan laporan hasil belajar dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

 

Sinkronisasi

·          Setelah melakukan pengisian nilai rapor, satuan pendidikan wajib melakukan sinkronisasi dengan menggunakan akun kepala satuan pendidikan.

·          Sinkronisasi bertujuan untuk mengirimkan data nilai rapor ke server pusat.

 

Baca Selengkapnya Download Panduan Pengisian Nilai Rapor Sekolah Penggerak Pada Aplikasi Dapodik 2022.C melalui salinan dokumen yang tersedia di bawah ini.

 



Link download Download Panduan Pengisian Nilai Rapor Sekolah Penggerak Pada Aplikasi Dapodik 2022.C (disini)


Demikian informasi tentang UnduhDownload Panduan Pengisian Nilai Rapor Sekolah Penggerak Pada Aplikasi Dapodik 2022.C. Semoga ada manfaatnya.




= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post