PEDOMAN OSN SMA MA TAHUN 2022

Pedoman OSN SMA MA Tahun 2022


Pedoman OSN SMA MA Tahun 2022. Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat peserta didik SMA/MA, SMP/MTs dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) dalam ilmu pengetahuan dan tekn ologi. Upaya-upaya tersebut dilakukan melalui berbagai kompetisi baik nasional maupun internasional.

 

Olimpiade Sains Nasional atau OSN ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan tekn ologi. Olimpiade ini juga merupakan ba gian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik ber talenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Selain seb gai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, olimpiade sains telah menempatkan Indonesia pada posisi yang kompetitif di berbagai ajang internasional bergengsi dalam penguasaan sains dan teknologi oleh peserta didik. Oleh karena itu, melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan teknologi serta mencapai puncak potensi terbai knya. Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukkan den gan lahirnya juara-juara olimpiade sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional.

 

Berdasarkan Pedoman OSN SMA MA Tahun 2022, Tujuan Umum Penyelenggaraan OSN SMA tahun 2022 adalah mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul; mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia; menciptakan atmosfer berolimpiade dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan; menguatkan kelembagaan dalam rangka menuju Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang berkesinambungan.

 

Tujuan Khusus Penyelenggaraan OSN SMA Tahun 2022 adalah menyelenggarakan seleksi peserta didik secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/ kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional yang mempunyai kompetensi/ kemampuan dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/ Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan mendapatkan calon peserta untuk mewakili Indonesia pada olimpiade sains tingkat internasional; serta membangun basis data nasional peserta didik yang bertalenta dalam bidang sains.

 

Beerdasarkan Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA-MA Tahun 2022, Persyaratan Umum Peserta OSN SMA/MA Tahun 2022 adalah

·          Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan dokumen resmi seperti Kartu Pelajar/ KTP/ SIM/ Paspor.

·          Berminat dan memenuhi syarat minimal pengetahuan yang dinyatakan dalam bentuk nilai dari bidang sains yang dipilih.

·          Mendapat persetujuan dari orang tua /wali, dan bila peserta memiliki kebutuhan khusus berkaitan dengan kesehatan harus mendapatkan persetujuan dari pihak yang ber wenang.

·          Setiap peserta didik hanya dapat mengikuti salah satu bidang sains dan diusulkan oleh Kepala Sekolah berdasarkan hasil seleksi tingkat sekolah.

·          Belum pernah meraih medali emas OSN jenjang SMA di bidang sains yang sama.

·          Belum pernah mengikuti olimpiade sains tingkat internasional jenjang SMA di bidang sains yang sama, (lampiran D: Daftar Olimpiade Sains Internasional).

·          Peraih medali OSN bersedia mengikuti pembinaan ketingkat internasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

·          Peraih medali OSN bersedia mengikuti pembinaan ke tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.Untuk beberapa bidang sains, peserta didik yang pernah mengi kuti pembinaan tingkat internasional dapat langsung mengikuti OSN dengan merujuk kepada persyaratan khusus sesuai pada bidang sains masing-masing.

·          Menyetujui Pakta Integritas Pelaksanaan OSN-K, OSN-P, dan OSN pada aplikasi olimpiade.

·          Untuk peserta yang mengalami pindah sekolah ke kabupaten/kota dan /atau provinsi lain, status ke pesertaannya tetap didasarkan pada surat keputusan Dinas Pendidikan Provinsi sebelumnya.

·          Memiliki nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran dan memiliki sikap yang baik.

·          Mampu mengoperasikan komputer

·          Tidak terlibat dan/atau memakai narkoba.

 

Adapun jadwal pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA-MA Tahun 2022 berdasarkan Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA-MA Tahun 2022 adalah OSN tingkat Sekolah dilaksanakan pada tanggal 23 s.d. 25 Februari 2022; OSN tingkat Kabupaten/kota dilaksanakan pada tanggal 23 s.d. 25 Mei 2022, Jadwal OSN SMA MA tingkat Provinsi dilaksanakan pada tanggal 23 s.d. 26 Agustus 2022 sedangkan Jadwal OSN SMA MA tingkat Nasional dilaksanakan pada tanggal 3 s.d. 8 Oktober 2022.

 

Selengkapnya silahkan download Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA-MA Tahun 2022 (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Pedoman Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMA-MA Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =



No comments

Theme images by Zemdega. Powered by Blogger.