PEDOMAN FIKSI SMA MA TAHUN 2022

Petunjuk Teknis atau Pedoman FIKSI SMA MA Tahun 2022


Pedoman FIKSI SMA MA Tahun 2022. Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2022 memasuki pelaksanaan kali ke-7 yang merupakan pengembangan dari festival sebelumnya yang telah berlangsung sejak tahun 2016. FIKSI sendiri merupakan ajang pencarian talenta muda wirausaha yang kreatif memiliki ide, aspirasi, dan gagasan yang dapat diwujudkan. Sasaran pelaksanaan FIKSI adalah siswa SMA/MA yang memiliki semangat, jiwa, dan sikap kewirausahaan.

 

FIKSI SMA MA 2022 ini memiliki tantangan khusus, dengan masih berlakunya pembatasan pergerakan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan ekstra kurikuler. Pembatasan pergerakan dan interaksi ini juga berpengaruh pada seluruh lini usaha, sehingga mengganggu tren (permintaan) pasar, mulai dari skala lokal, nasional, hingga global. Tahun 2022 ini pun membawa momentum Presidensi G20 Indonesia, bertema “ Recover Together, Recover Stronger” sebagai pesan pemulihan bersama dan semangat kolaborasi. G20 2022 mengusung tiga isu prioritas, yaitu (1) arsitektur kesehatan global, (2) transformasi digital, dan (3) transisi energi. Presidensi G20 Indonesia ini dapat menjadi momentum berharga yang dapat dimanfaatkan oleh penyelenggaraan FIKSI untuk dapat menunjukkan relevansi arah pengembangan kegiatan pembelajaran siswa. G20 membuka peluang untuk ditampilkannya praktik terbaik dalam lingkup isu-isu prioritas tersebut, dengan konteks Indonesia, sebuah negara kepulauan di belahan bumi selatan yang kaya akan sumber daya alam dan budaya, padat penduduk, serta didominasi oleh generasi usia produktif. 

 

Beradaptasi dengan kondisi dan momentum ini, FIKSI 2022 diharapkan dapat menghilirisasi dan memutakhirkan ide/gagasan para siswa, juga guru pendampingnya, dalam menginisiasi model dan rencana bisnis yang relevan dengan perkembangan dan kebutuhan masa kini dan mendatang.

 

FIKSI SMA MA tahun 2022 bertujuan antara lain untuk membentuk jejaring bagi siswa SMA/MA yang dapat mendukung kegiatan wirausaha mereka, terutama dalam hal mempertahankan keberlanjutan usahanya. Kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun aktivasi empati, kepekaan sosial, daya inovasi, dan rasa tanggung jawab, serta kemandirian sosial sampai dengan ekonomi.

 

Dikarenakan tahun ini Indonesia masih berada dalam situasi pandemi COVID-19, maka pelaksanaan FIKSI SMA MA tahun 2022 akan dilaksanakan secara daring. Siswa diharapkan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 pada saat persiapan hingga pelaksanaannya.

 

Berdasarkan Petunjuk Teknis atau Pedoman FIKSI SMA MA Tahun 2022, pelaku utama inovasi dan kewirausahaan pada ajang FIKSI ini adalah siswa SMA/MA Indonesia, yang berjiwa Post Millennial, dengan karakteristik berkemampuan memanfaatkan perubahan teknologi serta keinginan untuk menjadi unik. Dengan memperhatikan karakteristik tersebut, FIKSI selalu dikaitkan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan sebagai kesepakatan global yang mengandung 5 pilar People, Planet, Prosperity, Peace & Partnership. Semangat ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi Pendidikan Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) untuk siswa SMA/MA, yang terdiri atas dua bagian, yaitu Prakarya dan Kewirausahaan. Pendidikan Prakarya meliputi kriya, rekayasa, pengolahan dan budidaya. Pada bidang-bidang Industri Kreatif yang dilombakan dalam FIKSI, pemilahan Prakarya ditentukan dalam bidang dan kategori sebagai berikut:

a) Katagori Kerajinan, bidang FIKSI yang dilombakan Bidang Kriya, dan Bidang Fashion

b) Katagori Rekayasa bidang FIKSI yag dilombakan Bidang Desain Grafis dan Bidang Game- Aplikasi & Video-Animasi

c) Katagori Pengolahan bidang FIKSI yang dilombakan Bidang Boga

d) Katagori Budidaya bidang FIKSI yang dilombakan Bidang Budidaya dan Lintas Usaha

 

Berikut kualifikasi persyaratan yang harus dipenuhi oleh seluruh peserta Lomba FIKSI SMA/MA Tahun 2022, berdasarkan Petunjuk Teknis atau Pedoman FIKSI SMA MA Tahun 2022, yakni sebagai berikut

·          Siswa berkewarganegaraan Indonesia (WNI).

·          Siswa SMA/MA yang pada tahap final masih berstatus peserta didik di kelas X, XI dan/atau XII negeri ataupun swasta (dapat dibuktikan dengan melampirkan identitas diri (copy KTP/SIM/ Paspor/KTM) dan surat pengantar atau surat tugas dari sekolah pada saat tahap final), baik perorangan ataupun kelompok, dengan maksimum 2 (dua) siswa dalam satu kelompok.

·          Setiap peserta memilih salah satu dari 2 kategori, yaitu: Kategori Rencana usaha (business plan), yang merupakan gagasan sendiri (original) dan/atau pengembangan dari ide yang sudah ada yang dikelola sendiri; dan Kategori Bisnis Berjalan (On-going Business), yang merupakan penjelasan mengenai bisnis yang telah dikelola/ dikembangkan sendiri oleh peserta dalam jangka waktu tertentu (lihat penjelasan rinci Kategori Usaha).

·          Peserta yang lolos sampai tahap final, tidak bolehdigantikan oleh siswa lain.

·          Peserta FIKSI 2022 yang berkelompok harus berasal dari sekolah yang sama.

·          Setiap peserta perorangan/kelompok hanya boleh mengajukan 1 (satu) judul Usaha.

·          Setiap peserta perorangan/kelompok yang pernah menjadi pemenang (peraih medali emas, perak, dan perunggu) pada FIKSI 2016-2021 tidak diperkenankan mendaftar sebagai peserta FIKSI 2022.

·          Produk dan jasa yang dapat didaftarkan merupakan karya yang belum pernah menang/ masuk kategori pemenang pada FIKSI 2016-2021 maupun lomba di bidang/kategori sejenis di tingkat nasional (yang diselenggarakan oleh Kementerian) atau lebih tinggi (dibuktikan dengan melampirkan surat pernyataan).

·          Keaslian karya dan isi/konten produk/jasa merupakan produk inovasi siswa dan tidak sedang dalam sengketa atau klaim dari pihak lain. (dibuktikan dengan melampirkan surat pernyataan)

·          Panitia berhak mendiskualifikasi produk atau jasa jika: a) Karya terbukti tidak orisinil atau menjiplak karya lain, b) Sedang dalam sengketa, c) Mendapatkan klaim dari pihak lain, d) Tidak terpenuhinya syarat-syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan dalam   setiap tahapan seleksi FIKSI 2022

·          Keputusan Panitia dan juri FIKSI 2022 mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

·          Pendaftaran dilakukan secara online melalui Portal FIKSI dengan alamat http://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fiksi/

 

Komponen Penilaian dalam FIKSI SMA MA Tahun 2022, yakni sebagai berikut:

·          Peserta mengisi form dan melengkapi berkas secara online melalui Portal FIKSI dengan alamat http://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fiksi/

·          Peserta mengisi penjelasan penjelasan konsep dan karya (Penjelasan terlampir)

·          Peserta membuat Business Model Canvas (Penjelasan terlampir)

·          Peserta membuat Analisis SWOT (Penjelasan terlampir)

·          Peserta membuat Infografis konsep dan karya (Penjelasan terlampir)

·          Peserta melampirkan Proposal Usaha

·          Peserta mengikuti ketentuan khusus sesuai bidang yang diikuti

 

 

Selengkapnya silahkan download Petunjuk Teknis atau Juknis FIKSI SMA MA Tahun 2022, melalui salinan dokumen yang tersedia di bawah ini

 

Link download Petunjuk Teknis atau Juknis FIKSI SMA MA Tahun2022

 

Demikian informasi tentang Petunjuk Teknis atau Pedoman FIKSI SMA MA Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya, terima kasih

 



= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post