KALENDER PENDIDIKAN KOTA SAMARINDA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Kalender Pendidikan TK SD SMP Kota Samarinda Tahun Pelajaran 2022/2023


Kalender Pendidikan TK SD SMP Kota Samarinda Tahun Pelajaran 2022/2023 diterbitkan dengan pertimbangan: a) bahwa dalam rangka peningkatan layanan pendidikan yang sebaik-baiknya diperlukan rentang waktu pembelajaran yang cukup; b) bahwa dalam rangka mengatur, mengembangkan, dan menyiapkan program pembelajaran untuk mencapai ketuntasan belajar, perlu diberikan fleksibilitas dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran di satuan pendidikan; c) bahwa pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan perlu dilaksanakan dengan efektif dan efisien.

 

Dalam Kalender Pendidikan TK SD SMP Kota Samarinda Tahun Pelajaran 2022/2023 yang dimaksud Kalender Pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan embelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. Minggu efektif adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Waktu pelajaran efektif adalah jumlah jam pelajaran setiap minggu meliputi: jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri. Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran teijadwal pada satuan pendidikan yang berbentuk jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional dan hari libur khusus. Libur akhir tahun pelajaran adalah libur yang diadakan setelah proses pembelajaran di akhir tahun pelajaran atau semester genap. Libur umum adalah libur untuk memperingati hari besar nasional dan/atau keagamaan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan/atau Kementerian Agama; Libur Ramadhan adalah libur bulan Ramadhan sesuai dengan kctetapan Menteri Agama;

 

Berdsarkan Kalender Pendidikan TK SD SMP Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur Tahun Pelajaran 2022/2023, Tahun Pelajaran 2021/2022 dimulai hari Senin tanggal 11 Juli 2022. .Sebelum penerimaan p3serta didik baru, satuan p3ndidikan berkewajiban menyusunprogram kerja pada awal tahun pelajaran yang mencakup minimal : a) Program tahunan satuan pendidikan; b) Program Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sckolah; c) Rcncana Kegiatan dan Anggaran Sckolah (RKAS) atau Rcncana Anggaran Pcndapatan dan Bclanja Sckolah (RAPBS); d) Pcnyusunan/pcnyempumaan kurikulum, jadwal pembelajaran, dan pembagian tugas guru dan tenaga kependidikan lainnya; e) Program supervisi Kepala Sckolah.

 

Total Minggu efektif belajar dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 47, dengan rincian 23 minggu efektif untuk semester 1 (gasal) dan 24 minggu efektif untuk semester 2 (genap). Alokasi waktu setiap jam pelajaran diatur untuk SD: 35 menit sedangkan untuk SMP adalah: 40 menit. Selama waktu pembelajaran efektif satuan pendidikan tidak diperbolehkan menyelenggarakan kegiatan perayaan dan sejenisnya atau kegiatan lain yang mengakibatkan berkurangnya jumlah hari belajar efektif.

 

Kegiatan awal masuk sekolah bagi peserta didik baru diisi dengan kegiatan pengenalan satuan pendidikan atau pengenalan lingkungan sekolah (PLS)selama 3 (tiga) hari, dimulai tanggal 11 Juli 2022 – 13 Juli 2022. Pada waktu peserta didik baru melaksanakan kegiatan awal masuk sekolah, peserta didik pada kelas di atasnya tetap melaksanakan proses pembelajaran.

 

Kapan Jadwal Penilaian Akhir Semester 1 (Ganjil) tahun pelajaran 2022/2023 di kota Samarinda? Berdasarkan Kalender Pendidikan TK SD SMP Tahun Pelajaran 2022/2023 Kota Samarinda, Pelaksanaan penilaian diatur sebagai berikut :

1) Jadwal Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal tahun pelajaran 2022/2023 akan dilaksanakan tanggal 28 November 2022 - 3 Desember 2022

2) Jadwal Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap atau Penilaian Akhitr Tahun (PAT) tahun pelajaran 2022/2023 akan dilaksanakan tanggal 29 Mei 2023 sampai dengan 2 Juni 2023

 

Pembagian Laporan Hasil Belajar (LHB) semester gasal dilaksanakan pada tanggal 17 Desember 2022, sedangkan Pembagian Laporan Hasil Belajar (LHB) semester genap/kenaikan kelas dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2022. Adapun Jadwal Libur Akhir semester 1 (gasal) tahun pelajaran 2022/2023 dimulai tanggal 19 Desember 202 sampai dengan tanggal 31 Januari 2024. Sedangkan ) Libur akhir Semetser 2 (genap) atau akhir tahun pelajaran dimulai tanggal 19 Juni 2024. Adapun hari-hari libur keagamaan menyesuaikan dengan Keputusan Kementerian Agama.

 

Selengkapnya silahkan download Kalender Pendidikan TK SD SMP Kota Samarinda Tahun Pelajaran 2022/2023 melalui link yang tersedia di bawah ini. Link download Kalender Pendidikan TK SD SMP Kota Samarinda Tahun Pelajaran 2022/2023 (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Kalender Pendidikan TK SD SMP Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur Tahun Pelajaran 2022/2023. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =



No comments

Theme images by Jelajah Informasi (https://www.ainamulyana.com/. Powered by Blogger.