KALENDER PENDIDIKAN TK SD SMP KOTA TANGERANG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Kaldik atau Kalender Pendidikan TK SD SMP Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Tahun Pelajaran 2022/2023


Kaldik atau Kalender Pendidikan TK SD SMP Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Tahun Pelajaran 2022/2023 ditetapkan berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Dan Keudayaan Kota Tangerang Selatan Nomor: 421.6/Kep. 2178 -Disdikbud Tentang Pedoman Pelaksanaan Kalender Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah Pertama Tahun Pelajaran 2022/2023

 

SK diterbitkan Kaldik atau Kalender Pendidikan TK SD SMP Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan pertimbanga; a) bahwa untuk melaksanakan program belajar mengajar Tahun Pelajaran 2022/2023 yang akan segera dimulai, maka perlu adanya Pedoman Pelaksanaan Kalender Pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan; b) bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud pada huruf a di atas, perlu menetapkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tentang Pedoman Pelaksanaan Kalender Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD, Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun Pelajaran 2022/2023.

 

Dalam Kaldik atau Kalender Pendidikan TK SD SMP Tahun Pelajaran 2022/2023 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dinyatkan bahwa Kalender Pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran. Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri. Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus. Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat berbentuk jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari libur khusus.

 

Diktum KESATU SK Kaldik atau Kalender Pendidikan TK SD SMP Tahun Pelajaran 2022/2023 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyatakan Menetapkan Pedoman Pelaksanaan Kalender Pendidikan PendidikanTahun Pelajaran 2022/2023, dengan uraian pedoman pelaksanaan sebagaimana tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari keputusan ini.

 

Diktum KEDUA SK Kaldik atau Kalender Pendidikan TK SD SMP Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Tahun Pelajaran 2022/2023 menyatakan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

 

Tahun Pelajaran 2022/2023 dimulai hari Senin, 11 Juli 2022 dan berakhir pada hari Jum’at 23 Juni 2023. Hari pertama masuk sekolah bagi peserta didik untuk semua jenjang mulai dari TK/PAUD, SD dan SMP dimulai serentak pada hari Senin, 11 Juli 2022. Pada awal Tahun Pelajaran, sekolah diwajibkan membuat :

a. Program kerja sekolah meliputi Rencana Kerja Sekolah (RKS), Rencana Kerja Tahunan (RKT), Rencana Anggaran dan Belanja Sekolah (RAPBS),dan Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang disusun bersama dengan Komite Sekolah.

b. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)/Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP).

c. Jadwal Pelajaran.

d. Program Supervisi .

e. Organigram Sekolah dan Pembagian Tugas.

 

2. Pada awal Semester, guru diwajibkan menyusun :

a. Program Tahunan, Program Semester dan Silabus.

b. Program Perbaikan (Remedial) dan Pengayaan (Enrichment).

c. Persiapan mengajar sebelum masuk kelas (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran /RPP).

d. Program Ekstra Kurikuler/Pengembangan Diri.

 

Jadwal ujian dan Penyerahan Laporan Penilaian Perkembangan peserta didik dan Laporan Hasil Belajar

1. Jenjang Sekolah Dasar (SD)

·               Penilaian Tengah Semester 1 (satu) dilaksanakan antara tanggal 19 – 24 September 2022

·               Penilaian Tengah Semester 2 (dua) dilaksanakan antara tanggal 27 Februari – 04 Maret 2023

·               Penilaian Akhir Semester 1 (satu) dilaksanakan pada tanggal 5 – 10 Desember 2022

·               Penilaian Akhir Semester 2 (dua)/Penilaian Akhir Tahun dilaksanakan pada tanggal 5–10 Juni 2023

2. Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP)

·               Penilaian Tengah Semester 1 (satu) dilaksanakan antara tanggal 19 s/d 24 September 2022, Penilaian Tengah Semester 2 (dua) dilaksanakan antara tanggal 13 s/d 18 Maret 2023.

·               Penilaian Akhir Semester 1 (satu) dilaksanakan pada tanggal 05 s/d 10 Desember 2022,

·               Penilaian Akhir Semester 2 (dua)/Penilaian Akhir Tahun dilaksanakan pada tanggal 05 s/d 10 Juni 2023.

3. Ujian Akhir Sekolah (UAS)

·               Ujian Akhir SekolahjenjangSekolah Dasar (SD) dilaksanakan pada tanggal 15 – 20 Mei 2023

·               Ujian Akhir Sekolah (UAS) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dilaksanakan pada tanggal 08 s.d 13 Mei 2023

4. Penyerahan Laporan Penilaian Perkembangan peserta didik dan Laporan Hasil Belajar Peserta Didik baik Sekolah dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) dilaksanakan :

a. Untuk Semester 1(satu) dilaksanakan sebelum libur semester 1 (satu) tanggal 23 Desember 2022.

b. Untuk Semester 2 (dua) dilaksanakan sebelum libur semester 2 (dua) tanggal 23 Juni 2023.

 

Selengkapnya silahkan download salinan Kaldik atau Kalender Pendidikan TK SD SMP Tahun Pelajaran 2022/2023 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui salinan dokumen yang tersedia di bawah ini

 

Link Download Kaldik atau Kalender Pendidikan TK SD SMP Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Tahun Pelajaran 2022/2023 

 

Demikian informasi tentang Kaldik atau Kalender Pendidikan TK SD SMP Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Tahun Pelajaran 2022/2023. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post