KALENDER PENDIDIKAN SUMATERA BARAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023 untuk SMA SMK SLB Provinsi Sumatera Barat


Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023 untuk SMA SMK SLB Provinsi Sumatera Barat diterbitkan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Nomor: 420/009/PSMK-2022 tentang Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023 Bagi Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dan Sekolah Luar Biasa (SLB) Sumatera Barat.

 

Pada Diktum KESATU Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Nomor: 420/009/PSMK-2022 tentang Kaldik atau Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023 Provinsi Sumatera Barat untuk SMA SMK SLB dinyatakan bahwa Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023 sebagai dasar dan acuan penyelenggaraan pendidikan jenjang SMA, SMK dan SLB di Provinsi Sumatera Barat.

 

Sedangkan Diktum KEDUA Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Nomor: 420/009/PSMK-2022 tentang Kaldik atau Kalender Pendidikan SMA SMK SLB Tahun Pelajaran 2022/2023 Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan bahwa Kalender Pendidikan sebagaimana dimaksud pada diktum KESATU tercantum pada Lampiran yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Keputusan ini.

 

Dalam Kaldik atau Kalender Pendidikan SMA SMK SLB Tahun Pelajaran 2022/2023 Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dinyatakan bahwa Tahun Pelajaran 2022/2023 dimulai pada hari Senin, tanggal 11 Juli 2022 dan berakhir hari Sabtu, tanggal 17 Juni 2023. Jadi semester 1 dimulai hari Senin, tanggal 11 Juli 2022 dan berakhir hari Sabtu, tanggal 17 Desember 2022. Sedangkan semester 2 dimulai hari Senin, tanggal 2 Januari 2023 dan berakhir hari Sabtu, tanggal 17 Juni 2023.

 

Pengaturan kelas dan penyusunan jadwal pelajaran dilaksanakan selambat-lambatnya hari Sabtu, tanggal 08 Juli 2022. Sebelum memasuki tahun pelajaran baru, Sekolah berkewajiban menyusun Dokumen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan ( KOSP). Sebelum tahun pelajaran baru, guru berkewajiban membuat program yang mencakup :

a. Program Tahunan dan Semester;

b. Program Kegiatan Pembelajaran;

c. Program Pengembangan Diri yang meliputi :

1) Kegiatan ekstrakurikuler, bagi guru yang diberikan tugas sebagai Pembina kegiatan ekstrakurikuler;

2) Layanan bimbingan dan peminatan pembelajaran oleh Guru Bimbingan Konseling (BK).

d. Program lain dalam rangka pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

 

Hari-hari pertama masuk sekolah bagi peserta didik kelas X SMA, SMK dan SLB berlangsung selama 3 (tiga) hari kerja terhitung mulai tanggal 11 sampai dengan 13 Juli 2022 diisi dengan orientasi peserta didik baru dalam bentuk kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Waktu Kegiatan Pembelajaran dalam Kaldik atau Kalender Pendidikan SMA SMK SLB Provinsi Sumatera Barat Tahun Pelajaran 2022/2023 diatur sebagai berikut

1. Kegiatan Pembelajaran

a. Kegiatan pembelajaran bagi kelas X di SMA, SMK dan SLB dimulai hari Kamis, tanggal 14 Juli 2022.

b. Kegiatan pembelajaran bagi kelas XI, XII SMA, SMK dan SLB dan XIII (khusus program SMK 4 tahun) dimulai hari Senin, tanggal 11 Juli 2022.

2. Ujian Sekolah dan Penilaian

a. Pada akhir kegiatan pembelajaran dilaksanakan Ujian Sekolah yang pelaksanaanya akan diatur dalam ketentuan tersendiri;

b. Penilaian harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester merupakan tugas dan tanggung jawab guru yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

3. Beban Belajar

Beban Belajar merupakan keseluruhan kegiatan yang harus diikuti peserta didik dalam satu minggu, satu semester dan satu tahun pembelajaran.

a. Beban Belajar Sekolah Menengah Atas (SMA)

1) Beban belajar di Sekolah Menengah Atas dinyatakan dalam jam pembelajaran per minggu;

2) Durasi setiap satu jam pelajaran adalah 45 menit.

3) Beban belajar satu minggu Kelas X adalah 42 jam pembelajaran;

4) Beban kelas XI dan XII masing-masing 44 jam pelajaran dalam satu minggu.

5) Beban belajar di Kelas XXI dan XII dalam satu semester paling sedikit 18 minggu dan paling banyak 20 minggu.

6) Beban belajar di Kelas XII pada semester ganjil paling sedikit 18 minggu dan paling banyak 20 minggu.

7) Beban belajar di Kelas XII pada semester genap paling sedikit 14 minggu dan paling banyak 16 minggu.

8) Beban belajar dalam satu tahun pelajaran paling sedikit 36 minggu dan paling banyak 40 minggu.

b. Beban Belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

1) Beban belajar di Sekolah Menengah Kejuruan dinyatakan dalam jam pembelajaran per minggu. Beban belajar satu minggu Kelas X adalah 46 jam, kelas XI dan XII masing-masing 48 jam dalam satu minggu, sedangkan beban belajar Kelas XIII mengacu pada kurikulum yang berlaku.

2) Durasi setiap satu jam pembelajaran adalah 45 menit.

3) Beban belajar di Kelas X, XI dan XII dalam satu semester paling sedikit 18 minggu dan paling banyak 20 minggu.

4) Beban belajar di Kelas XII pada semester ganjil paling sedikit 18 minggu dan paling banyak 20 minggu.

5) Beban belajar di Kelas XII pada semester genap paling sedikit 14 minggu dan paling banyak 16 minggu.

6) Beban belajar di Kelas XIII pada semester ganjil paling sedikit 18 minggu dan paling banyak 20 minggu.

7) Beban belajar di Kelas XIII pada semester genap paling sedikit 14 minggu dan paling banyak 16 minggu.

8) Beban belajar dalam satu tahun pelajaran paling sedikit 36 minggu dan paling banyak 40 minggu.

c. Beban Belajar di SLB

Beban belajar di SLB menggunakan kurikulum yang berlaku sebagaimana diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 10/D/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus.

 

4. Pengaturan Beban Belajar

a. Beban belajar baik dalam bentuk sistem paket atau sistem kredit semester agar dituangkan dalam KTSP

1) Sistem Paket

Beban belajar dengan sistem paket sebagaimana diatur dalam struktur kurikulum setiap tahun pendidikan merupakan pengaturan alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran yang terdapat pada semester gasal dan genap dalam satu tahun pelajaran. Beban belajar pada sistem paket terdiri atas pembelajaran tatap muka, penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri. Sistem Paket sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan yang peserta didiknya mengikuti beban belajar dan mata pelajaran sesuai dengan yang tercantum dalam Struktur Kurikulum.

2) Sistem Kredit Semester

Sistem Kredit Semester (SKS) diberlakukan hanya untuk SMA. Beban belajar setiap mata pelajaran pada SKS dinyatakan dalam satuan kredit semester (sks). Beban belajar 1 (satu) SKS terdiri atas pembelajaran tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri. Sistem SKS sebagaimana dimaksud pada ayat (2) merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan yang peserta didiknya menyepakati jumlah beban belajar yang diikuti dan/atau strategi belajar setiap semester pada satuan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan/ kecepatan belajarnya.

b. Beban belajar tatap muka, penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri

1) Sistem paket

Beban belajar penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri pada satuan pendidikan yang menggunakan Sistem Paket yaitu 0%-60% untuk SMA/SMK dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan. Pemanfaatan alokasi waktu tersebut mempertimbangkan potensi dan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi.

2) Sistem kredit

Beban belajar tatap muka, penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri pada satuan pendidikan yang menggunakan Sistem Kredit semester (SKS) mengikuti aturan: Satu SKS pada SMA terdiri atas : 45 menit tatap muka dan 25 menit penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri.

 c. Beban belajar kegiatan praktik kerja di SMK diatur :

1) 2 (dua) jam praktik di sekolah setara dengan 1 (satu) jam tatap muka, dan

2) 4 (empat) jam praktik di dunia usaha dan industri setara dengan 2 (dua) jam tatap muka.

d. Beban belajar tambahan

Satuan pendidikan dapat menambah beban belajar per minggu sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik. Konsekuensi penambahan beban belajar pada satuan pendidikan menjadi tanggungjawab satuan pendidikan yang bersangkutan.

 

Hari belajar efektif tidak dibenarkan untuk kegiatan perayaan ulang tahun Daerah atau Kota dan Badan atau Organisasi dan lain-lain yang bukan kegiatan dalam proses pembelajaran di satuan pendidikan. Pengecualian hanya dapat dilaksanakan dengan izin khusus dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.


Kegiatan Tengah semester adalah paruh waktu yang ada pada semester 1 dan semester 2. Guru dapat melaksanakan penilaian tengah semester. Pada tengah semester 1 dan semester 2 satuan pendidikan melakukan kegiatan pekan olahraga dan seni (Porseni) lomba kreativitas, atau praktik pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan bakat, kepribadian, prestasi dan kreativitas siswa dalam rangka pengembangan pendidikan anak seutuhnya. Kegiatan tengah semester direncanakan dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan selama 5 (lima) hari.

 

Jadwal Penyerahan Buku Laporan Dan Hari-Hari Libur. Penyerahan Buku Laporan Penilaian Hasil Belajar SMA, SMK SLB untuk Semester 1 dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 17 Desember 2022. Penyerahan Buku Laporan Penilaian Hasil Belajar SMA, SMK dan SLB untuk Semester 2 dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 17 Juni 2023. Khusus untuk Kelas XII SMA, Kelas XII SMK dan Kelas XIII SMK 4 tahun buku laporan semester genap disesuaikan dengan tanggal kelulusan yang ditetapkan oleh pemeritah.

 

Prakiraan Libur Umum Tahun Pelajaran 2022/2023

a. Libur Umum Tahun 2022

1) Hari Idul Adha 1443 H, Minggu, 09Juli 2022

2) Tahun Baru Hijriyah 1444 H, Sabtu, 30 Juli 2022

3) Hari Kemerdekaan RI, Rabu, 17 Agustus 2022

4) Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu, 08 Oktober 2022

5) Hari Raya Natal, Minggu, 25 Desember 2022

b. Libur Umum Tahun 2023

1) Tahun Baru Masehi, Minggu, 1 Januari 2023

2) Tahun Baru Imlek 2573, Minggu, 22 Januari 2023

3) Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Sabtu, 18 februari 2023

4) Hari Raya Nyepi, Tahun Saka 1945, Rabu, 22 Maret 2023

5) Wafat Isa Al-Masih, Jumat, 7 April 2023

6) Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Sabtu-Minggu, 22-23 April 2023

7) Hari Buruh Internasional, Senin, 1 Mei 2023

8) Hari Raya Waisak 2565, Sabtu, 06 Mei 2023

9) Kenaikan Isa Al-Masih, Kamis, 18 Mei 2023

10) Hari Lahir Pancasila, Kamis, 1 Juni 2023

11) Hari Raya Idul Adha 1444 H, Kamis, 29 Juni 2023

 

Libur umum Tahun Pelajaran 2022/2023, mengikuti ketentuan hari libur yang ditetapkan bersama oleh Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Surat Edaran Gubernur Provinsi Sumatera Barat.

Kaldik Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023 untuk SMA SMK SLB Provinsi Sumatera Barat


Kapan jadwal Libur Semester ? Dalam Kalender Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun Pelajaran 2022/2023 untuk SMA SMK SLB dinyatakan bahwa Jadwal Libur semester 1 mulai hari Senin tanggal 19 Desember 2022 dan berakhir hari Sabtu tanggal 31 Desember 2022 (2 minggu). Jadwal libur semester 2 mulai hari Senin, tanggal 19 Juni 2023 dan berakhir hari Sabtu tanggal 08 Juli 2023 (3 minggu). Adapun ibur awal Ramadhan berlangsung 1 hari sebelum bulan Ramadhan dan 2 hari pada awal bulan Ramadhan, serta 6 hari sebelum tanggal 1 Syawal. Libur Idul Fitri berlangsung 6 hari sesudah tanggal 1 Syawal. Selama libur Ramadhan dapat dimanfaatkan dengan kegiatan yang bersifat keagamaan dan kegiatan sosial lainnya.


Selengkapnya silahkan download dan baca Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023 Provinsi Sumatera Barat untuk SMA SMK SLB melalui link yang tersedia di bawah ini.

 

Link download Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023 Provinsi Sumatera Barat untuk SMA SMK SLB (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Kalender Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Tahun Pelajaran 2022/2023 untuk SMA SMK SLB. Semoga ada manfaatnya.

 



= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post