RHK Narasumber Berbagi Praktik Baik di PMM

RHK Narasumber Berbagi Praktik Baik di PMM


Tidak semua guru dapat memilih RHK Narasumber Berbagi Praktik Baik di PMM, karena guru yang dapat menjadi Narasumber Berbagi Praktik Baik di PMM adalah mereka yang dinyatakan lulus seleksi yang diadkan oleh kemendikbud.

Kemendikbudristek berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan informasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka agar berjalan semakin baik di setiap sekolah. Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan Narasumber Berbagi Praktik Baik (NS BPB). Narasumber Berbagi Praktik Baik (NS BPB) merupakan bagian dari enam dukungan implementasi Kurikulum Merdeka Kemendikbudristek. Satuan pendidikan, komunitas belajar maupun pihak-pihak lain yang ingin mengetahui praktik baik dari Implementasi Kurikulum Merdeka dapat mengundang NS BPB sesuai kebutuhan.

Narasumber Berbagi Praktik Baik adalah guru, tutor, kepala sekolah/satuan pendidikan pada satuan pendidikan yang sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka atau prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dan telah diseleksi. Selain itu, sekolah/satuan pendidikan tersebut juga memiliki praktik baik dalam penerapan Kurikulum Merdeka untuk dibagikan kepada satuan pendidikan lainnya atau komunitas belajar, baik secara luring maupun daring. NS BPB memiliki tugas untuk membagikan praktik baik implementasi Kurikulum Merdeka sebagai inspirasi kepada sekolah lain yang akan menerapkan IKM jalur mandiri, bukan mengajarkan substansi Kurikulum Merdeka.

Narasumber Berbagi Praktik Baik (NS BPB) memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:

1.   Berbagi berbagi praktik baik implementasi Kurikulum Merdeka sesuai dengan permintaan atau undangan dari satuan pendidikan maupun komunitas belajar untuk berbagi praktik baik dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, baik secara daring maupun luring

2.   Mengunggah praktik baik dalam bentuk video atau cerita praktik baik ke aplikasi Sistem Informasi NS BPB untuk dikurasi. Jika lolos kurasi video atau cerita praktik baik Anda akan diunggah ke platform Merdeka Mengajar; 

3.   Mengisi Jurnal Berbagi setiap usai berbagi praktik baik; 

4.   Menginformasikan tautan umpan balik yang dimiliki NS BPB dan meminta umpan balik dari peserta; 

5.   Melakukan refleksi diri dengan mengisi pertanyaan refleksi pada profil NS BPB di aplikasi pengelolaan NS BPB yang telah disediakan.

Jika sekolah Anda ingin mendengarkan praktik baik dari Narasumber, Anda bisa mengundang Narasumber melalui platform Merdeka Mengajar pada menu Komunitas. Narasumber yang terdaftar di platform Merdeka Mengajar adalah guru yang terdaftar di Sekolah Penggerak dan dipilih oleh Komite Seleksi di Sekolah Penggerak.

Untuk mengundang Narasumber Anda bisa mengikuti langkah-langkah pada tautan di bawah ini:

1.   Mencari Guru Narasumber

Pastikan Anda sudah login menggunakan Akun belajar.id atau Akun Madrasah

a) Buka menu Komunitas pada laman Beranda aplikasi Merdeka Mengajar di Android

b) Bukan halaman Narasumber, maka daftar guru narasumber akan tampil

Anda dapat mencari guru narasumber yang lebih spesifik melalui fitur Filter. Fitur ini memungkinkan Anda melakukan pencarian berdasarkan:

  • Lokasi: Provinsi atau Kabupaten/Kota
  • Jenjang: Mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SLB
  • Mata pelajaran: Mata pelajaran yang diampu Narasumber
  • Peran: Peran Narasumber di sekolah, seperti guru, kepala sekolah, atau pengawas sekolah.

Berikut ini contoh cara menggunakan fitur filter untuk mencari guru narasumber berdasarkan lokasi.

1. Klik Filter pada halaman Narasumber

2. Klik Lokasi

3. Klik Provinsi, lalu pilih provinsi yang diinginkan. Anda dapat memilih lebih dari satu provinsi. Kemudia klik Terapkan.

4. Klik Kota/Kabupaten, lalu pilih provinsi yang diinginkan. Anda dapat memilih lebih dari satu provinsi. Kemudian klik Terapkan.

5. Pastikan provinsi dan kota/kabupaten sudah difilter sesuai keinginan Anda, lalu klik Terapkan.

6. Klik Lihat Narasumber

7. Maka guru narasumber akan tampil berdasarkan filter yang Anda terapkan.

Anda dapat melakukan cara yang sama seperti di atas jika ingin menggunakan filter untuk jenjang, mapel, dan peran.

 

2.   Menghubungi Guru Narasumber

Berikut langkah-langkah untuk menghubungi guru narasumber dan mengundangnya ke sekolah Anda.

1. Pada halaman Narasumber, klik profil guru narasumber yang ingin Anda undang.

2. Maka, Anda akan masuk ke halaman profil guru narasumber. Pada halaman ini Anda bisa melihat detail profil narasumber berupa peran, mata pelajaran yang diampu, sekolah, lokasi, serta bukti karya yang telah diunggah ke platform Merdeka Mengajar.  Untuk menguhubungi narasumber, klik tombol Hubungi

3. Perlu diketahui, narasumber disarankan untuk dihubungi oleh kepala sekolah sehingga jika Anda bukan kepala sekolah, klik Bagikan profil ini ke Kepala Sekolah atau Penggerak Komunitas dan minta kepala sekolah Anda atau Penggerak Komunitas mengundang narasumber tersebut.

4. Jika Anda menggunakan akun Kepala Sekolah atau Penggerak Komunitas, maka kontak Narasumber akan tampil dan bisa langsung dihubungi dengan beberapa cara:

  • Hubungi lewat email
  • Hubungi lewat Whatsapp
  • Salin nomor telepon

Pastikan hanya kepala sekolah dan penggerak komunitas yang menghubungi narasumber secara langsung.

 

Demikian informasi tentang RHK Narasumber Berbagi Praktik Baik di PMM. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post