LATIHAN SOAL US BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2023

LATIHAN SOAL US BAHASA INDONESIA SMP TAHUN 2023
Latihan Soal dan Kunci Jawaban US Bahasa Indonesia SMP Tahun 2023. Pada jenjang SMP, Ujian  Sekolah  Berstandar  Nasional  yang  selanjutnya  disebut  US adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan sekolah  untuk  seluruh  mata  pelajaran  dengan  mengacu  pada  Standar Kompetensi  Lulusan  untuk  memperoleh  pengakuan  atas  prestasi belajar, kecuali mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok). Salah satu perbedaan antara UN dan US pada jenjang SMP adalah UN tidak menentukan kelulusan, sedangkan US menentukan kelulusan.

Adapun mata pelajaran yang diujikan pada US tahun 2023 pada jenjang SMP adalah Pendidikan Agama, PPKN, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, Bahasa Inggris, IPS, Seni Budaya, Penjasorkes, Prakarya/TIK.  Soal-soal US SMP disusun berdasarkan Kisi-kisi Soal US yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Namun, pada intinya soal US harus mengacu pada materi pelajaran yang di ajarkan di sekolah.

Sudah siapkah kamu menghadapi pelaksanaan US SMP tahun 2023? Berikut beberapa tips agar kamu bisa berhasil atau sukses dalam menghadapi ujian nasional 2023 nanti, yakni: Pertama, Berlatih. Tidak ada kesuksesan didunia ini, tanpa ada usaha dan latihan. Begitu juga dengan Ujian Nasional, semakin banyak anda berlatih maka anda akan semakin siap dan percaya diri. Kedua, Percaya Diri. Selain berlatih, anda juga harus percaya diri. Percaya diri dapat anda bangun dengan banyak berlatih, dan latihan soal. Semakin sering anda mengerjakan contoh soal-soal ujian nasional, maka semakin tumbuh kepercayaan diri anda. Namun demikian, kepercayaan diri tidak tumbuh begitu saja, anda harus meyakinkan diri anda bahwa anda bisa, anda mampu, anda terbaik. Banyak anak yang gagal karena hal sepele seperti kurang teliti, ragu-ragu, atau mengubah jawaban yang sebenarnya sudah tepat. Kesalahan ini timbul karena kurangnya rasa percaya diri. Kunci sukses lulus ujian nasional dengan nilai memuaskan adalah memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam menghadapi ujian.


Ketiga, Hilangkan Emosi Negatif. Hampir semua pelajar memiliki emosi negatif saat menghadapi ujian, baik itu ujian semester maupun ujian nasional. Mereka sering merasa malas dan tidak termotivasi saat disuruh belajar. Namun, ketika hari ujian tiba, mereka cemas, takut dan khawatir serta bertanya-tanya, apakah saya bisa lulus, saya kurang belajar, saya banyak main, dan lain sebagainya.Semua emosi negetif itu harus dihilangkan, harus dibuang jauh-jauh. Karena akan mengganggu konsentrasi anda dalam menjawab setiap soal ujian nasional nanti.

Keempat, Pola Pikir Positif (Berprasangka Baik). Semua keberhasilan sudah kita atur dalam pikiran kita, begitu juga kegagalan. Jika anda memantapkan pikiran anda bahwa anda lulus, berhasil, dan sukses, maka otak anda memerintahkan semua organ tubuh anda untuk mulai bertindak dalam mewujudkan keinginan sukses dan berhasil anda. Namun sebaliknya, jika pola pikir anda negatif, atau anda berprasangka buruk terhadap hasil yang belum terjadi, maka otak anda pun secara tanpa anda sadari merintahkan semua organ tubuh anda untuk berhenti mengejar keinginan sukses dan berhasil anda. Pola pikir serta berprasangka baik ini adalah hal yang membedakan antara pemenang dan pecundang. Ingin jadi pemenang, maka mulailah berpikir positif dan berprasangka baik terhadap diri anda sendiri.

Kelima, Manajemen Waktu. Disiplin diri adalah kunci sukses semua harapan. Jika anda terbiasa disiplin dan seharusnya anda memang sudah terbiasa disiplin, karena disekolah anda diajarkan untuk disiplin, maka anda mempunyai kunci sukses kehidupan. Karena, untuk memanajemen waktu hal yang paling utama dan terpenting adalah kedisiplinan. Percuma anda membuat jadwal untuk pelajaran anda dan memenej waktu anda dalam belajar namun anda tidak disiplin dalam mengikuti nya. Setelah anda memanajeman waktu anda dan disiplin dalam mengikuti semua jadwal yang anda atur/ menej dalam usaha anda menghadapi ujian nasional, maka anda tinggal mengatur strategi selanjutnya. Mengatur teknik memahami mata pelajaran yang kemudian anda ikuti dengan mengatur teknik dalam menghafal. Semua akan terasa sangat mudah dan lancar jika anda melakukannya dengan disiplin dalam mengikuti waktu yang telah anda tentukan dan jadwalkan. Yang selanjutnya, anda bisa mengatur strategi dalam menjawab soal. Setelah anda memahami dan menghafal setiap mata pelajaran selanjutnya anda dapat mencoba berlatih menyelesaikan beberapa contoh soal ujian nasional. Semakin banyak anda berlatih dengan soal, berlatih dengan contoh-contoh soal, maka akan semakin memberikan peluang bagi anda untuk lulus ujian nasional dengan nilai terbaik. Serta semakin meningkatkan rasa kepercayaan diri anda. Yang pada akhirnya akan memudahkan anda dalam memilih perguruan tinggi negeri yang anda sukai jika anda lulus dengan nilai sempurna.Buat target anda, tentukan tujuan anda, dan mulailah mengejar cita-cita, tujuan dan target dalam kehidupan anda. Jangan anda menjalani hidup ini tanpa target, tanpa tujuan, tanpa citi-cita. Jangan lagi anda menjalani hidup ini hanya menjadi pengagum orang lain, namun mulailah menjadi sesuatu, menjadi seseorang, menjadi orang yang dikagumi orang lain.

Sebagai bahan latihan menghadapi US Bahasa Indonesia SMP Tahun 2023 berikut admin sharekan contoh Latihan Soal dan Kunci Jawaban US Bahasa Indonesia SMP Tahun 2023. Latihan ini tentu bukan soal bocoran US SMP, tetapi sarana untuk menguji kemampuan diri dan memperkaya wawasan. Mudah-mudahan melalui latihan ini para siswa kelas 9 SMP memiliki pengalaman dalam menghadapi berbagai bentuk soal ujian. Pada akhirnya di harapkan para siswa sukses dalam mengikuti US tahun 2023 ini.

Berikut ini beberapa contoh Latihan Soal US Bahasa Indonesia SMP Tahun 2023
1. Perhatikan paragraf berikut! Kerusakan alam di muka bumi semakin sulit ditahan. Lapisan ozon di Kutub Utara dan Selatan semakin menganga akibat produksi emisi dari kegiatan industri. Disadari atau tidak, kita sudah merasakan akibat dari kerusakan alam tersebut. Kita mengalami hujan hampir sepanjang tahun. Banjir, tanah longsor, dan gagal panen pun terjadi di seluruh pelosok negeri secara silih berganti. Kerusakan lapisan ozon juga berpengaruh terhadap perubahan iklim dan siklus cuaca yang sangat ekstrem
Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….
A. masalah kerusakan lapisan ozon di Kutub Utara
B. akibat yang ditimbulkan dari kerusakan lapisan ozon
C. bencana banjir merupakan akibat dari rusaknya lapisan ozon
D. gagal panen terjadi karena pengaruh cuaca ekstrem

2. Perhatikan paragraf berikut
(1) Semua orangtua tentu berharap agar kelak anaknya menjadi orang sukses.
(2) Indikator dari kesuksesan biasanya dilihat dari pekerjaan.
(3) Oleh sebab itu, banyak orangtua memilih pendidikan yang tepat agar anaknya dapat bersaing di dunia kerja.
(4) Pendidikan yang tepat memang akan membuat peluang kerja pada masa depan semakin terbuka luas.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4



Demikian info contoh Latihan Soal dan Kunci Jawaban US Bahasa Indonesia SMP Tahun 2023. Semoga bermanfaat dan dapat membantu.




3 Comments

Previous Post Next Post