CARA UNDUH - DOWNLOAD SERTIFIKAT PELATIHAN – DIKLAT PKP

Cara Unduh Download Sertifikat Pelatihan - Diklat PKP


Cara Unduh Download Sertifikat Pelatihan - Diklat PKP (Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran). Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran, merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).


Program ini merupakan bagian dari program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Program PKP lebih berfokus pada upaya mencerdaskan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penyiapan Program PKP yang mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi, dilaksanakan oleh Ditjen GTK mulai dari penyusunan Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi, Petunjuk Teknis Program PKB Berbasis Zonasi, Buku Pegangan Pembekalan Narasumber Nasional/Instruktur/Guru Inti Program PKP Berbasis Zonasi, Unit Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), soal tes awal dan tes akhir serta instrumen penjaminan mutu.


Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi dirancang dalam bentuk pelatihan berjenjang mulai dari Pembekalan Narasumber Nasional, Instruktur Nasional, dan Guru Inti yang masing-masing memiliki pola 60 Jam Pelajaran (JP), dan Pelatihan Guru Sasaran dengan pola 82 JP (dengan pola In-On-In).

Tujuan Program PKP Berbasis Zonasi adalah meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Adapun Manfaat Program PKP Berbasis Zonasi adalah sebagai berikut:
·          Membiasakan guru untuk membuat pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaiannya;
·          Membiasakan siswa untuk berpikir tingkat tinggi sehingga dapat meningkatkan kompetensinya;
·          Memberikan acuan kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik;
·          Memberikan acuan kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.

Sedangkan Sasaran Program PKP Berbasis Zonasi adalah guru pada semua jenjang satuan pendidikan mulai dari TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB, dan SMK/SMKLB.


Bagi Anda yang sudah diundang mengikuti diklat Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran pada tahun 2019 yang lalu, berikut ini Cara Unduh Download Sertifikat Pelatihan - Diklat PKP (Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) tahun 2019.

Pertama, Anda login ke portal SIM PKB atau melalui https://paspor-gtk.belajar.kemdikbud.go.id/

Kemudian jika sudah bisa Login Beranda yang ada di pojok Kiri

Selanjutnya pilih Rapor Pelatihanku,

Kemudian Pilih PKP, selanjutnya klik UNDUH SERTIFIKAT.

Biasanya sertifikat akan terunduh secara otomatis setelah Ada mengisi Survey yang tersedia.

Demikian informasi singkat Cara Unduh Download Sertifikat Pelatihan - Diklat PKP (Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran). Semoga ada manfaatnya.

1 comment:

  1. Mohon izin pencerahannya bpk/ibu🙏
    Sy ikut PKP thn 2019 tapi sampai sekarangsy tdk bisa download sertifikatnya krn tdk ada pilihan download di akun sim pkb. Bagaiamna caranya agar sy bisa download sertifikat tersebut krn sy sangat membutuhkannya🙏

    ReplyDelete

Theme images by Zemdega. Powered by Blogger.