Contoh Soal SKB CPNS PPPK Guru Penjaskes PJOK SD SMP SMA SMK

Soal SKB CPNS CPPPK Guru Penjas  Penjaskes  PJOK SD SMP SMA SMK

 


Contoh Soal SKB CPNS PPPK Seleksi Kompetensi Bidang Guru Penjas / Penjaskes / PJOK SD SMP SMA SMK Sederajat. Seleksi Kompetensi Bidang adalah tes lanjutan setelah Tes Kompetensi Dasar, tes ini bertujuan menguji wawasan peserta tes CPNS seputar bidang yang akan ia geluti atau yang akan dikerjakan. Untuk guru seleksi ini akan terkait dengan Kompetensi profesional, Kompetensi pedagogik, Kompetensi sosial, Kompetensi kepribadian atau dikenal dengan istilah Standar Kompetensi Guru.


Soal SKB Seleksi Kompetensi Bidang CPNS PPPK Guru Penjas / Penjaskes / PJOK SD SMP SMA SMK seleksi CPNS 2022/2023 akan terkait dengan Standar Kompetensi Guru. Sebgaimana diketahui Standar Kompetensi Guru adalah beberapa indikator yang dapat dijadikan ukuran karakteristik guru yang dinilai kompeten secara profesional. Kompetensi guru merupakan perpaduan antara kemampuan personal, keilmuan, teknologi, sosial, dan spiritual yang secara menyeluruh membentuk kompetensi standar profesi guru, yang mencakup penguasaan materi, pemahaman terhadap peserta didik, pembelajaran yang mendidik, pengembangan pribadi, dan profesionalisme.


Guru merupakan komponen paling utama dalam sistem pendidikan secara keseluruhan yang harus mendapatkan perhatian yang maksimal. Figur ini akan mendapat sorotan strategis ketika berbicara masalah pendidikan, karena guru selalu terkait dengan komponen manapun dalam sistem pendidikan. Guru mempunyai peran yang sangat strategis dalam upaya mewujudkan tujuan pembangunan nasional, khususnya di bidang pendidikan, sehingga perlu dikembangkan sebagai tenaga profesi yang bermartabat dan profesional.


Berdasarkan standar kompetensi ini, seorang guru harus memiliki empat kompetensi. Pertama terkait Kompetensi profesional, yaitu kecakapan seorang guru dalam mengimplementasikan hal-hal yang terkait dengan profesionalisme yang terlihat dalam kemampuannya mengembangkan taanggung jawab, melaksanakan peran dengan baik, berusaha mencapai tujuan pendidikan, dan melaksanakan perannya dalam pembelajaran di kelas.


Kedua, Kompetensi pedagogik yaitu menguasai dan memahami karakter serta mengidentifikasi potensi dan kesulitan belajar siswa. Guru juga harus mampu mengembangkan kurikulum sehingga mampu mebuat rancangan pembelajaran yang menarik dan memanfaatkaan teknologi dan informasi untuk kepentingan pendidikan.


Ketiga Kompetensi sosial, yaitu kemampuan guru dalam berinteraksi dengan siswa, orang tua siswa, rekan seprofesi dan lingkungan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sedangkan yang keempat adalah Kompetensi kepribadian, yaitu kemapuan menjadi teladan akan sikap sikap positif.


Kompetensi lain yang harus dimiliki agar siswa lebih mudah dalam memahami pelajaran, anatara lain: mampu melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran, mampu memperlakukan mereka secara adil dan mampu membedakan perbedaan setiap peserta didik; mampu menguasai bidang ilmu yang diajarkan, dan mengaitkannya dengan pelajaran lain serta menghubungkannya dengan dunia nyata; serta mampu menciptakan, memperkaya dan menyesuaikan metode mengajar yang menarik minat siswa.


Lalu seperti apa Contoh Soal SKB Seleksi Kompetensi Bidang CPNS CPPPK Guru Penjas / Penjaskes / PJOK SD SMP SMA SMK ? Karena guru SD atau MI adalah guru kelas bukan guru mata pelajaran maka soal SKB Guru SD atau MI akan mencakup Pedagogik umum dan lingkup materi yang diajar di sekolah terutama terkait mapel IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia dan PPKn. Untuk yang ingin mempelajari berikut beberapa contoh soal di atas.


Contoh Soal SKB CPNS PPPK Guru Penjas / Penjaskes / PJOK SD SMP SMA SMK (disini)


Demikian informasi tentang Contoh Soal SKB Seleksi Kompetensi Bidang CPNS CPPK Guru Penjas / Penjaskes / PJOK SD SMP SMA SMK seleksi CPNS CPPK 2022/2023. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



Post a Comment

Previous Post Next Post