Modul Pembelajaran Prakarya SMP Kelas 8 Materi Merancang, Membuat Dan Menyajikan Produk Kerajinan Dari Bahan Serat Dan Tekstil

Modul Pembelajaran PJJ Prakarya SMP Kelas  8 Materi Merancang, Membuat Dan Menyajikan Produk Kerajinan Dari Bahan Serat Dan Tekstil


Modul Pembelajaran PJJ Prakarya SMP Kelas  8 Materi Merancang, Membuat Dan Menyajikan Produk Kerajinan Dari Bahan Serat Dan Tekstil akan membimbing siswa melakukan pembelajaran mandiri guna menguasai Kompetensi Dasar (KD) 3.2 tentang memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil yang kreatif dan inovatif dan Kompetensi Dasar (KD) 4.2 tentang merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan serat/tekstil yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat (misalnya rumput/ilalang, kapas, bulu domba, kulit kayu, kain, tali plastik dan lain-lain).


Modul Pembelajaran PJJ Prakarya SMP Kelas  8 Materi Merancang, Membuat Dan Menyajikan Produk Kerajinan Dari Bahan Serat Dan Tekstil merupakan bahan ajar berseri yang dirancang untuk digunakan dalam belajar mandiri. Modul ini akan membantu dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi Peserta Didik untuk mencapai kompetensi yang dituju secara mandiri. Sebagai bahan ajar, unsur-unsur pokok modul ini terdiri atas (a) tujuan pembelajaran, (b) aktivitas pembelajaran, dan (c) evaluasi. Tujuan pembelajaran menjadi sasaran penguasaan kompetensi yang dituju dalam belajar. Aktivitas pembelajaran berupa aktivitas-aktivitas yang akan lakukan agar memperoleh pengalaman-pengalaman belajar yang bermakna dalam mencapai tujuan pembelajaran. Evaluasi ialah proses penentuan kesesuaian antara proses dan hasil belajar dengan tujuan pembelajaran. Dalam hal ini, evaluasi bertujuan untuk memberikan latihan sekaligus mengukur tingkat ketercapaian kompetensi yang diperoleh sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pada bagian awal modul.

 

Setelah belajar materi pada Modul Pembelajaran PJJ Prakarya SMP Kelas  8 Materi Merancang, Membuat Dan Menyajikan Produk Kerajinan Dari Bahan Serat Dan Tekstil, diharapkan Peserta Didik dapat:

1. Mengidentifikasi permasalahan limbah/sampah bahan serat dan tekstil dan cara mengatasinya serta produk yang dihasilkan sesuai kebutuhan

2. Menganalisis produk kerajinan dan bahan serat dan tekstil.

3. Membuat rancangan produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil secara mandiri, rasa ingin tahu dan selalu bersyukur dapat melakukannya.

4. Menjelaskan prinsip pembuatan kerajinan dari bahan serat dan tekstil

5. Menjelaskan langkah pembuatan kerajinan dari bahan serat dan tekstil

6. Menganalisa bahan, alat, teknik, langkah yang digunakan dalam membuat produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil dengan tepat

7. Menyiapkan bahan dalam membuat produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil

8. Menyiapkan alat dalam membuat produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil

9. Membuat bagian-bagian produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil

10. Membuat/merangkai produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil

11. Menjelaskan fungsi utama kemasan dengan percaya diri

12. Mengidentifikasi bahan yang digunakan dalam penyajian atau pengemasan secara cermat dan mandiri

13. Menjelaskan cara penyajian produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil dengan percaya diri.

14.  Membuat penyajian atau kemasan produk kerajinan dari bahan serat dan tekstil secara mandiri, rasa ingin tahu dan selalu bersyukur dapat melakukannya.

 



 

Itulah contoh Modul Pembelajaran PJJ Prakarya SMP Kelas  8 Materi Merancang, Membuat Dan Menyajikan Produk Kerajinan Dari Bahan Serat Dan Tekstil. Selamat Belajar, semoga sukses.





= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post