TEORI ASAL MULA NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA

Teori Asal mula Nenek Moyang Bangsa Indonesia


Teori Asal mula Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Nenek moyang bangsa Indonesia diperkirakan berasal dari salah satu tempat selatan cina dikenal dengan sebutan Yunan. Hal itu sesuai penelitian para sejarahwan memperkirakan bahwa ada kemiripan baik dari segi bahasa, budaya maupun artefak antara masyarakat yunan dengan Indonesia dan sekitarnya. Sehingga memperkuat bukti bahwa kita berasal dari daerah tersebut.

 

Mungkin ada beberapa pertanyaan kita, bagaimana bisa mereka  datang kekepulauan Indonesia? Bagaimana proses perjalanan nenek moyang kita bisa sampai kemudian menyebar di kepulauan Indonesia? Kemana jejak rute penyebaran nenek moyang bangsa Indonesia?

 

Nenek moyang kita datang keindonesia tidak lain karena beberapa alasan seperti mencari sumber makanan, akibat bencana alam di tempat asal sehingga harus pindah ataupun akibat adanya desakan  serangan maupun peperangan dengan suku lainnya sehingga harus pindah kewilayah Indonesia. Salah satu alasan mereka datang kekepulauan nusantara karena wilayah ini sangatlah subur dengan persediaan makanan melimpah dan hewan buruan yang cukup banyak. Sehingga menjadi magnet bagi nenek moyang kita datang ketempat tersebut.

 

Ada syair yang dilakukan sejak zaman dahulu yaitu “Nenek moyangku seorang pelaut”,  ternyata nenek moyang kita yang tinggal di gunung, lembah maupun di pedalaman setelah diteliti oleh para ilmuan merupakan para pelaut ulung. Pelaut yang pandai mengarungi samudera dari daratan Asia menuju kepulauan nusantara.Salah satu perahu yang dipakai oleh Nenek moyang kita adalah jenis bercadik dengan layar sebagai pendorong dan dayung sebagai kemudi sekaligus pendorong saat angin tidak ada. 

 

Mereka pergi secara berkelompok dari satu tempat ke tempat lain mencari sumber makanan. Mereka datang ke suatu tempat menetap lebih lama hingga mengembangkan budaya sendiri. Setelah anggota keluarga bertambah maka sebagian kelompok keluarga pindah lagi ketempat selanjutnya utuk memulai hidup baru. Setelah bertambah lagi maka sebagian kelompok akan pergi lagi ketempat selanjutnya dan seterusnya.

 

Berikut ini beberapa Faktor-faktor penyebab penyebaran migrasi Bangsa Indonesia. Perpindahan nenek moyang Bangsa Indonesia terdapat factor-faktor yang menyebabkan mereka bermigrasi yaitu.

1. Mengikuti arah hewan buruan dan mencari tempat sumber makanan maupun tempat yang subur

2. Adanya bencana alam di tempat asal yang dasyat seperti banjir, kekeringan maupun bencana lain

3.   Adanya peperangan dengan suku lain, sehingga suku yang kalah akan pergi berpindah mencari tempat baru

 

 

Banyak para peneliti menggunakan metode ilmiah untuk mengungkapkan darimana asal nenek moyang bangsa Indonesia. Mungkinkah nenek moyang kita berasal dari suatu tempat dari daratan Asia atau mungkinkah dari Negara kita sendiri. Berikut Teori Asal Nenek Moyang Bangsa Indonesia yang berasal dari beberapa pendapat para ahli  tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia:

 

1. Dr. J.H.C. KERN menyatakan Bangsa Indonesia berasal dari Asia dilihat dari segi bahasa yang dipakai dikepulauan Indonesia yang menggunakan bahasa di Polinesia, Melanesia dan Mikronesia ternyata berasal dari bahasa yang sama yaitu Austronesia.

 

2. VAN HEINE GELDERN, menyatakan manusia Indonesia berasal dari daratan Asia dilihat dari benda artefak  yang ditemukan di Indonesia da kawasan lainnya di Asia yaitu Yunan.

 

3. HOGEN, bangsa yang mendiami pesisir Asia merupakan bangsa Melayu berasal dari Sumatera. Bangsa ini bercampur dengan bangsa Mongol  yang disebut Proto Melayu dan deuteron Melayu. Bangsa Proto Melayu menyebar ke Indonesia sekitar 3000-1500 SM dan bangsa Deutero Melayu sekitar 1500 SM - 500 SM.

 

4. WILLEM SMIT, menyatakan bahwa penyebaran Bangsa Indonesia berdasarkan bahasa yang berasal dari daratan Asia, yaitu

a) Bahasa  Togon              

b) Bahasa Jerman                            

c) Bahasa Austria                          

 

5.  Drs. MOH ALI, menyatakan Bangsa Indonesia berasal dari Yunan              

 

6. Prof dr. NJ KROOM menyatakan   Bangsa Indonesia    berasal dari daerah  Cina Tengah mereka tersebar mulai tahun 200-1500 SM

 

7. J.L.A.BRANDES  Bangsa Indonesia banyak menyerupai bangsa  yang mendiami pulau Formosa sebelah barat Pulau Madagaskar dan berdasarkan kepada perbandingan Bahasa

 

8.  MAYUNDAR, bangsa-bangsa menggunakan bahasa Austronesia berasal dari India ,kemudian menyebar ke Indocina lalu ke Indonesia dan ke Pasifik

 

9.  PROF.DR. MUH YAMIN, menyatakan bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri hal itu berdasarkan artefak dan fosil-fosil manusia purba tertua  yang ada di Indonesia

 

Demikian pembelajaran tentang Teori Asal Mula Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Selamat belajar



= Baca Juga =



No comments

Theme images by Zemdega. Powered by Blogger.