Komponen Abiotik dan Biotik Serta Satuan Dalam Ekosistem

Komponen  Abiotik  dan Biotik Serta Satuan Dalam  Ekosistem


Contoh pertanyaan yang sering ditanyakan saat kita mempelajar ekosistem adalah Apa (sebutkan) komponen abiotik dan Apa (sebutkan) komponen Biotik Serta Apa (sebutkan) Satuan dalam Ekosistem. Pada materi ini kita akan mencoba membuat rangkuman tentang komponen abiotik dan komponen biotik, pengaruh komponen abiotik terhadap terhadap komponen biotik dalam suatu ekosistem serta satuan dalam ekosistem.


Pengertian lingkungan dalam pembahasan ekosistem adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung. Lingkungan bisa dibedakan menjadi lingkungan biotik dan abiotik. komponen biotik terdiri atas makhluk hidup, sedangkankomponen abiotik terdiri atas makhluk tak hidup atau benda mati. Salah satu pengaruh komponen abiotik terhadap terhadap komponen biotik dalam suatu ekosistem adalah Lingkungn abiotik sangat menentukan jenis makhluk hidup yang menghuni suatu lingkungan. Misalnya tumbuhan sebagai bagian dari komponen biotik membutuhkan air dari bagian komponen abiotik untuk dapat hidup, tumbuh, dan berkembang, begitupun dengan komponen biotik lainnya. Intinya masing-masing komponen memiliki hubungan ketergantungan yang positif satu sama lain, sehingga keberadaannya akan saling memengaruhi satu sama lain. Adapun kesatuan komunitas dengan lingkungan hidupnya yang saling berinteraksi atau membentuk hubungan timbal balik disebut dengan istilah Ekosistem.

 

Komponen Abiotik Dan Biotik dalam Suatu Ekosistem

1. Komponen Biotik

Komponen biotik adalah komponen dalam ekosistem yang mengacu pada makhluk hidup atau organisme. Artinya semua makhluk hidup dalam ekosistem termasuk dalam komponen biotik, baik itu manusia, hewan, tumbuhan, hingga makhluk mikroskopik seperti bakteri atau dekomposer. Berdasarkan cara mendapatkan makanannya, komponen biotik ini dibedakan menjadi tiga, yakni produsen (autotrof), konsumen (heterotrof), dan pengurai (dekomposer).

 

a. Produsen (Autotrof)

Pengertian produsen atau organisme autotrof adalah komponen biotik atau makhluk hidup yang mampu menghasilkan makanannya sendiri. Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri lewat proses fotosintesis karena tumbuhan memiliki klorofil dan bisa mendapatkan karbondioksida, air, dan sinar matahari sebagai syarat melakukan fotosintesis.

 

b. Konsumen (Heterotrof)

Pengertian konsumen atau organisme heterotrof adalah komponen biotik atau makhluk hidup yang tidak dapat menghasilkan makanannya sendiri dan bergantung pada organisme lain sebagai bahan makanan. Hewan termasuk sebagai konsumen atau organisme heterotrof ini. Terdapat 3 jenis-jenis konsumen berdasarkan dari sumber makanan yang dikonsumsi antara lain yaitu:

1) Karnivora, yakni organisme yang sumber makanannya adalah daging organisme lain. Contoh karnivora misalnya singa, harimau, buaya, serigala, dan hiu.

2) Herbivora, yakni organisme yang sumber makanannya adalah daun atau tumbuhan. Contoh herbivora misalnya sapi, kambing, kerbau, rusa, jerapah, dan zebra.

3) Omnivora, yakni organisme yang sumber makanannya bisa berasal dari tumbuhan atau daging organisme lain. Adapun contoh omnivora misalnya beruang, monyet, ayam, tikus, dan babi.

 

c. Pengurai (Dekomposer)

Pengertian pengurai atau dekomposer adalah organisme yang bertugas untuk menguraikan sisa-sisa makhluk hidup lainnya yang telah mati untuk dijadikan mineral dan unsur hara tanah. Adanya dekomposer membuat keseimbangan ekosistem terjaga karena semua organisme kembali lagi ke asal bentuknya menjadi sumber dayaalam. Contoh pengurai misalnya bakteri, jamur, cacing tanah, dan sebagainya.

 

2. Komponen Abiotik

Komponen abiotik adalah komponen tidak hidup yang ada pada sebuah ekosistem. Adanya komponen abiotik sangat menentukan apa saja jenis makhluk hidup yang bisa tinggal dan bertahan di sebuah lingkungan ekosistem tertentu. Yang termasuk dalam komponen abiotik atau tak hidup dalam ekosistem antara lain adalah air, udara, tanah, suhu, kelembaban, sinar matahari, iklim, dan lain-lain.

 

Satuan-satuan dalam Ekosistem

Satuan-satuan yang terdapat dalam ekosistem, antara lain individu, populasi, komunitas, Habitat, ekosistem, dan Biosfer

a. Individu

Satu satuan makhluk hidup disebut individu. Individu berasal dari bahasa latin individuum yang artinya tidak dapat dibagi (satu makhluk hidup tunggal).

 

b. Populasi

Populasi adalah sekelompok makhluk hidup yang memiliki karakteristik yang sama, yang hidup pada waktu yang sama, dan wilayah geografis yang sama Jumlah populasi dari satu ekosistem dapat berubah dari waktu ke waktu. Populasi akan bertambah jika terdapat kelahiran baru dan akan berkurang jika terjadi kematian. Demikian juga jika terjadi perpindahan. Perpindahan ke dalam (imigrasi) akan menambah populasi, sedangkan perpindahan keluar (emigrasi) akan mengurangi jumlah populasi.

 

c. Komunitas

Seluruh makhluk hidup adalah komunitas. Dengan kata lain, yang hidup di dalam komunitas terdiri dari bermacam-macam populasi makhluk hidup.

 

d. Habitat

Habitat merupakan lingkungan fisik dimana suatu organisme hidup. Kita dapat mengatakan bahwa habitat kambing di padang rumput. Habitat kera di atas pohon. Dapat dikatakan bahwa habitat adalah tempat hidup asli suatu organisme. Keadaan habitatat suatu organisme meliputi iklim, keadaan tanah, air, serta jenis tumbuh-tumbuhan dan hewan. Jika lingkungan fisik itu rusak, maka dapat mempengaruhi organisme yang hidup di dalamnya dan dapat mempengaruhi seluruh ekosistem.

 

e. Ekosistem

Ekosistem adalah kesatuan komunitas dengan lingkungan hidupnya yang saling berinteraksi atau membentuk hubungan timbal balik. Dalam suatu habitat atau tempat berjenis-jenis makhluk hidup (komunitas) melangsungkan kehidupannya, komunitas ini tidak terlepas dari pengaruh lingkungan abiotik di sekitarnya, seperti dengan air, tanah, udara, dan sinar matahari. Diantara anggota komunitas dengan lingkungan abiotik tersebut terjadi interaksi atau hubungan yang saling mempengaruhi, membentuk suatu sistem ekologi yang disebut ekosistem. Contohnya ekosistem sungai, kebun, dan pantai.

 

f. Biosfer

Komunitas-komunits di bumi kita berinteraksi dengan lingkungan hidupnya akan membentuk ekosistem-ekosistem. Akuarium adalah suatu ekosistem yang berukuran kecil, sedangkan hutan dan lautan merupakan ekosistem yang berukuran besar. seluruh ekosistem di permukaan bumi kita ini membentuk biosfer.

 

Demikian uraian materi untuk menjawab pertanyaan Apa (sebutkan) komponen abiotik dan Apa (sebutkan) komponen Biotik Serta Apa (sebutkan) Satuan dalam Ekosistem. Semoga materi ini yang berisi pembahasan tentang komponen abiotik dan komponen biotik, pengaruh komponen abiotik terhadap terhadap komponen biotik dalam suatu ekosistem serta satuan dalam ekosistem, dapat bermanfaat. Terima kasih.

 

 




= Baca Juga =



No comments

Theme images by Jelajah Informasi (https://www.ainamulyana.com/. Powered by Blogger.