MANFAAT HEWAN DAN TUMBUHAN BAGI MANUSIA

Manfaat Hewan dan Tumbuhan Bagi Manusia


Apa Manfaat Hewan dan Tumbuhan Bagi Manusia ? Tuhan telah menciptakan manusia di muka bumi tidak untuk hidup menyendiri. Selain manusia, mahluk yang hidup di bumi adalah tumbuhan dan hewan. Tumbuhan dan hewan adalah termasuk sebagai penghuni bumi. Tumbuhan dan hewan diciptakan Tuhan berguna untuk kehidupan manusia.


Tuhan telah menciptakan tumbuhan dan hewan dengan berbagai macam kegunaan dan Manfaat bagi manusia.  Kita sebagai manusia harus menjaga bumi ini dengan baik. Karena bumi telah memberikan kita berbagai macam manfaat yange kita bisa gunakan untuk kebutuhan hidup.

 

Kehidupan binatang dan hewan yang ada di bumi dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh manusia. Tidak ada satupun mahluk hidup di dunia yang di ciptakan Tuhan tidak ada manfaatnya. Semua mahluk hidup memiliki manfaat dan kegunaannya terhadap mahluk hidup yang lainnya.

 

Tentunya kita tahu kegunaan dan manfaat berbagai hewan untuk manusia, diantaranya untuk dimanfaatkan sebagai sumber makanan. Karena manusia tidak terlepas dari kebutuhan hayawani atau daging untuk asupan makanan. Dari hasi hewan tersebut memiliki protein dan gizi tinggi untuk pertumbuhan dan perkembangan manusia.

 

Untuk memahami Manfaat Hewan Bagi Manusia dan Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia. Berikut ini penjelasannya


A. Manfaat Hewan Bagi Manusia

Manusia untuk bertahan hidup memerlukan makhluk hidup lain, yaitu tumbuhan dan hewan. Banyak sekali manfaat tumbuhan bagi manusia baik sebagai bahan pangan, kesehatan atau lainnya. Keberadaan hewan di bumi banyak memberikan manfaat dan keuntungan bagi kehidupan manusia. Di bawah ini akan diuraikan mengenai manfaat hewan bagi manusia:

1. Hewan sebagai sumber makanan

Salah satu manfaat hewan bagi manusia adalah dapat digunakan sebagai sumber makanan. Manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup dan melakukan berbagai aktivitasnya. Hewan menjadi salah satu bahan pangan yang penuh dengan nutrisi yang bermanfaat. Tidak hanya hewannya saja yang dapat digunakan, namun juga produk lain dari hewan seperti telur, madu dan susu juga dapat dimanfaatkan manusia untuk diolah menjadi makanan.

 

2. Hewan sebagai sumber mata pencaharian

Manfaat hewan bagi manusia yang lainnya adalah sebagai sumber mata pencaharian. Dalam kehidupan sehari-hari terdapat sebagaian manusia menggantungkan penghasilannya pada hewan, misalnya saja hewan ternak. Hewan ternak dapat berupa ayam, ikan lele, kambing dan lain sebagainya merupakan salah satu sumber penghasilan dari seorang peternak.

 

3. Hewan digunakan untuk pengobatan

Manfaat hewan bagi manusia sebagai bahan obat atau pengobatan. Terdapat cukup banyak jenis hewan yang dapat digunakan sebagai bahan obat. Tidak hanya hewan itu sendiri yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit, namun beberapa hewan juga menghasilkan zat tertentu yang bermanfaat untuk pengobatan penyakit. Contohnya adalah lintah, timun laut, lebah, ikan, bisa ular dan lain sebagainya yang digunakan untuk pengobatan.

 

4. Hewan dimanfaatkan untuk menyuburkan tanah

Manfaat hewan bagi manusia adalah membantu menyuburkan tanah sehingga hasil pertanian menjadi lebih meningkat.  Manfaat hewan bagi manusia antara lain adalah untuk membantu kesuburan tanah. Cacing tanah juga dapat membuat tanah menjadi gembur dan subur. Tanah yang subur dapat ditanami berbagai tumbuhan yang dapat digunakan manusia untuk kehidupannya. Selain cacing, kotoran yang dihasilkan oleh hewan juga dapat digunakan menjadi pupuk untuk menyuburkan tanaman.

 

5. Hewan Sebagai sumber bahan sandang

Manfaat hewan bagi manusia yang lainnya adalah sebagai sumber bahan sandang. Kebutuhan pokok lain manusia adalah kebutuhan sandang. Banyak sekali pakaian yang dibuat dari kulit hewan, malah pada umumnya produk sandang dari hewan ini harganya mahal. Seperti manfaat bulu domba bisa dijadikan wol untuk pakaian, ulat sutera yang dapat menghasilkan benang sutera atau kulit hewan yang dapat digunakan sebagai jaket.

 

6. Hewan sebagai alat transportasi

Manfaat hewan bagi manusia sebagai sarana transportasi. Beberapa hewan berukuran besar juga dapat dimanfaatkan tenaganya, untuk digunakan sebagai alat transportasi atau alat penunjang kegiatan manusia. Hewan seperti sapi atau kerbau sampai saat ini masih digunakan untuk membajak sawah, walaupun sudah terdapat traktor yang merupakan alat yang lebih modern. Selain itu hewan lain seperti kuda juga masih sering digunakan baik untuk menarik delman maupun untuk aktivitas menunggang kuda.

 

7. Hewan sebagai bahan kerajinan dan aksesoris

Manfaat hewan bagi manusia sebagai sebagai bahan kerajinan dan aksesoris. Hewan tidak hanya digunakan untuk pakaian, namun juga dapat digunakan untuk membuat aksesoris untuk melengkapi kebutuhan sandang manusia atau kerajinan. Kerang merupakan salah satu dari manfaat sumber daya laut. Kerang dapat menghasilkan mutiara yang dapat digunakan manusia untuk membuat kerajinan atau aksesoris. Selain itu, kulit hewan juga dapat digunakan untuk kaligrafi atau digunakan untuk pembuatan aksesoris seperti tas, dompet dan lainnya.

 

Jadi banyak sekali manfaat hewan bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun pemanfaatan hewan juga harus terkontrol dan tidak berlebihan agar tidak terjadi kepunahan.

 

B. Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia

Tumbuhan adalah sumber kehidupan yang ada di sekitar kita. Bagian-bagian tumbuhan terdiri dari akar, batang, daun, buah dan biji. Akar berfungsi sebagai penyangga dan menyerap air dari dalam tanah. Batang berfungsi sebagai tempat tumbuhnya daun. Daun yang berfungsi sebagai tempat fotosintesis. Buah berfungsi sebagai makanan untuk dikonsumsi dan biji berfungsi sebagai bakal tumbuhan baru. Bagian tumbuhan dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia. Bagian akar tumbuhan sering digunakan sebagai bumbu masak dan bahan obat-obatan tradisional.Bagian batang dan daun tumbuhan dapat digunakan sebagai sumber makanan.

Adapun manfaat tumbuhan bagi manusia diantaranya

1. Tumbuhan untuk sumber makanan

Salah satu manfaat tumbuhan bagi manusia adalah sebagai sumber makanan. Tumbuhan bisa dikonsumsi baik dalam bentuk akar, batang, daun, maupun buahnya. Tumbuhan mengandung karbohidrat, vitamin, serat, dan lemak.Dengan mengkonsumsi tumbuhan-tumbuhan maka tubuh kita menjadi sehat. Beberapa bagian tumbuhan untuk sumber makanan dapat dikategorikan sebagai berikut:

Sayuran seperti wortel, ubi jalar, dan lobak sebetulnya merupakan bagian akar tumbuhan. Bagian batang dan daun tumbuhan yang dipergunakan untuk sumber makanan contohnya seledri, asaparagus, dan kangkung. Bagian daun yang dimanfaatkan untuk sumber makanan seperti sayuran selada, kol, bayam, sawi. Bagian buah merupakan bagian yang terbanyak dikonsumsi seperti tomat, jeruk, stroberi, paprika. Bagian umbi contohnya bawang merah, daun bawang, daun bawang. Bagian biji merupakan bagian dari buah seperti beras, kacang merah, kacang polong, jagung.

 

2. Tumbuhan penyejuk udara

Manfaat tumbuhan bagi manusia yang lainnya adalah sebagai  penyejuk udara. Sebagaimana diketahui manusia membutuhkan undara yang sejuk dan bebas polusi. Dengan banyaknya tumbuhan yang kita tanam, dapat membuat udara yang kita hirup menjadi bersih dan lingkunganpun akan terasa sejuk sehingga tubuh dapat merasa nyaman. Tumbuhan pun dapat berfungsi menjadi pelindung dari panasnya sinar matahari. Dengan adanya tumbuhan kita dapat merasakan kesejukannya dan sinar matahari pun tidak langsung mengenai tubuh karena tertutupi oleh rimbunnya dedaunan.

 

3. Tumbuhan sebagai bahan perabotan rumah tangga

Manfaat tumbuhan bagi manusia juga sebagai bahan perabotan rumah tangga. Tumbuhan yang memiliki batang besar, batangnya tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat perabotan rumah tangga dan nilai-nilai seni lainya. Seperti Tumbuhan Jati yang batangnya banyak di gunakan untuk keperluan membuat interior rumah, berupa kursi atau lemari.

 

4. Tumbuhan sebagai bahan Obat

Manfaat tumbuhan bagi manusia juga sebagai bahan obat. Terdapat cukup banyak tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai bahan obat dan pengobatan bagi manusia, Bagian-bagian tumbuhan banyak yang dapat diolah menjadi bahan obatobatan seperti jahe, cengkeh, kunyit dan banyak lagi yang lainnya. Jahe dapat digunakan sebagai obat masuk Angin setelah di olah sedemikian rupa.

 

Dari bahan bacaan tersebut, tentunya kalian dapat mengetahui manfaat tumbuhan dalam kehidupan. Dengan mengetahui manfaat tersebut semoga kalian terdorong untuk ikut melestarikan tumbuhan dan cara menanam dan memeliharanya di halaman rumahmu. 


Begitu juga, dengan kegunaan dan manfaat tumbuhan bagi manusia banyak digunakan pula sebagai kebutuhan pokok manusia baik untuk asupan makanan ataupun untuk kebutuhan selain untuk asupan makanan seperti kayu pada tumbuhan bisa dimanfaatkan untuk membuat bahan pembuatan rumah atau tempat tinggal.

 

Dari manfaat dan kegunaan tumbuhan dan hewan, tidak terlepas kita sebagai manusia ataupun sebagai mahluk yang sempurna selain dari tumbuhan dan hewan, harus menjaga semua mahluk hidup yang ada di bumi. Sebab manusia adalah salah satu perusak alam terganas yang ditemukan di muka bumi ini. Manusia lebih keji dan buas dalam merusak habitat hewan dan tumbuhan.

 

Kesadaran untuk tidak merusak alalm harus kita tanamkan, agar apa yang diberikan Tuhan kepada kita dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan baik. Kesadaran manusia sangatlah dibutuhkan agar alampun mau menjaga bumi ini dengan baik.

 

Dalam firman Allah yang artinya "kerusakan-kerusakan yang ada di bumi ini akibat ulah tangan-tangan manusia". Dari kutipan arti Al-quran tersebut kita mengambil kesimpulan, bahwa manusia lah yang merusak bumi ini, makanya kita sebagai manusia sebagai mahluk yang berpikir jangan menyalahkan alam sendiri, justru kita lah yang  merusak semuanya sehingga alam murka kepada manusia.

 

Alam memberi kita segalanya, tumbuhan dan hewan pun ikut serta memberikan kita banyak manfaat, untuk itu kita sama-sama saling menjaga alam dan isinya karena tumbuhan dan hewan pun termasuk mahluk hidup seperti kita manusia yang membutuhkan segalanya pula.

 

Demikian penjelasan tentang Manfaat Hewan Bagi Manusia dan Manfaat Tumbuhan Bagi Manusia. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =



No comments

Theme images by Jelajah Informasi (https://www.ainamulyana.com/. Powered by Blogger.