DOWNLOAD MODUL PEMBELAJARAN PPKN SMA SMK KELAS 12 (XII)

Modul Pembelajaran PPKN SMA Kelas 12 (XII)


Modul Pembelajaran PPKN SMA Kelas 12 (XII) ini meruapakan salah satu perangkat pembelajaran yang disiapkan direktorat PSMA sebagai Modul Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi sekolah yang masih menggunakan Pembelajaran dengan moda darang/online atau PJJ serta dapat digunakan untuk pembelajaran reguler bagi sekolah yang sudah mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka.

 

Modul Pembelajaran PPKN Kelas 12 (XI) SMA SMK ini terdapat 4 bagian yang terdiri dari KD 3.1 dan KD 4.1; KD 3.2 dan KD 4.2; KD 3.3 dan 4.3; KD 3.4 dan KD 4.4. Pada KD. 3.1 SMA/SMK Kelas 12 membahas bagaimana Menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. KD. 4.1: Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pada Modul Pembelajaran PPKN Kelas 12 (XI) SMA SMK KD 3.1 dan 4.1, peserta didik dibantu memahami konsep, fakta dan prinsip pada materi pembelajaran mengenai nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Status kita sebagai warga negara akan menimbulkan hak dan kewajiban didalamnya. Hak dan kewajiban tersebut dimasyarakat sering terjadi benturan yang mengakibatkan terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban. Pada modul ini peserta didik akan membahas lebih mendalam mengenai contoh-contoh pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban serta faktor-faktor penyebabnya. Serta menyadarkan kita semua pentingnya akan menghargai dan menghormati hak serta kewajiban sebagai warga negara. Agar peserta didik dapat menganalisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara maka akan dipelajari terlebih dahulu mengenai makna hak dan kewajiban warga negara, substansi hak dan kewajiban warga negara dalam Pancasila, serta penanganan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.

 

Modul Pembelajaran PPKN SMA SMK Kelas 12 (XII) KD.3.2 dan KD 4.2. KD 3.2 : Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian KD 4.2 : Mendemonstrasikan hasil evaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian. Pada peserta didik Modul Pembelajaran PPKN SMA SMK Kelas 12 (XII) KD.3.2 dan KD 4.2 ini peserta didik dituntun untuk memahami konsep, fakta dan prinsip pada materi pembelajaran mengenai perlindungan dan penegakan hukum di Indonesia. Indonesia sebagai negara hukum dalam pelaksanaan penyelenggaraan negaranya pasti mengedepankan segala sesuatu berdasarkan hukum dan aturan yang berlaku. Pada modul ini kalian akan membahas lebih mendalam mengenai praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari. Agar kalian dapat mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian maka akan dipelajari terlebih dahulu mengenai hakikat perlindungan dan penegakan hukum, Indonesia sebagai negara hukum dan sebagai warga negara memahami bahwa harus menjunjung tinggi hukum. Kemudian peran beberapa lembaga hukum dalam menjamin keadilan dan kedamaian dimasyarakat. Hakikat pelanggaran hukum. Serta mampu berpartisipasi dalam melindungi dan menegakkan Hukum di Indonesia.

 

Modul Pembelajaran PPKN Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.3 dan 4.3. Materi KD. 3.3 : Mengidentifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Sedangkan KD. 4.3 : Mempresentasikan hasil identifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Pada Modul Pembelajaran PPKN Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.3 dan 4.3 ini peserta didik dibantu memahami konsep, fakta dan prinsip pada materi pembelajaran mengenai Pengaruh kemajuan Iptek terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada modul ini akan membahas lebih dalam mengenai pengaruh positif dan negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi negara Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Agar kalian dapat mepresentasikan hasil identifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, maka akan dipelajari terlebih dahulu mengenai hakikat ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan ipten di dunia dan Indonesia, pengaruh positif dan pengaruh negatif kemajuan iptek dalam bidang ekonomi, sosial budaya dan pendidikan, kemudian sikap tanggung jawab dan slektif terhadap pengembangan dan kemajuan iptek.

 

Modul Pembelajaran PPKN Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.4 dan 4.4. Materi KD. 3.4 : Mengevaluasi dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. KD. 4.4 : Merancang dan mengkampanyekan persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada Modul Pembelajaran PPKN Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.4 dan 4.4 ini, peserta didik dibantu memahami konsep, fakta dan prinsip pada materi pembelajaran mengenai dinamika persatuan dan kesatuan bangsa sebagai upaya menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada modul ini akan membahas lebih dalam tentang bagaimana menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia. Agar peserta didik dapat merancang dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia maka akan dipelajari terlebih dahulu mengenai konsep negara kesatuan, faktor pembentuk Bangsa Indonesia, karakteristik negara kesatuan republik Indonesia dan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dari masa-kemasa mulai dari masa revolusi kemerdekaan, masa Republik Indonesia Serikat, masa demokrasi liberal, masa demokrasi terpimpin, masa orde baru dan masa reformasi.

 

Link download Modul Pembelajaran PPKN SMA SMK Kelas 12 (XII) KD 3.1 dan KD 4.1(Link download DISINI)

Link download Modul Pembelajaran PPKN SMA SMK Kelas 12 (XII) KD.3.2 dan KD 4.2 (Link download DISINI)

Link download Modul Pembelajaran PPKN SMA SMK Kelas 12 (XII) KD 3.3 dan 4.3 (Link download DISINI)

Link download Modul Pembelajaran PPKN SMA SMK Kelas 12 (XII) KD 3.4 dan 4.4 (Link download DISINI)

 

Baca Juga Modul Pembelajaran PPKN Kelas 10 (X) SMA SMK (disini)

Baca Juga Modul Pembelajaran PPKN Kelas 11 (XI) SMA SMK (disini)

 

Demikian informasi tentang Modul Pembelajaran PPKN SMA Kelas 12 (XII) KD 3.1 dan KD 4.1; Modul Pembelajaran PPKN SMA Kelas 12 (XII) KD 3.2 dan KD 4.2; Modul Pembelajaran PPKN SMA Kelas 12 (XII) KD 3.3 dan 4.3; Modul Pembelajaran PPKN SMA Kelas 12 (XII) KD 3.4 dan KD 4.4; Modul Pembelajaran PPKN SMA Kelas 12 (XII) KD 3.5 dan KD 4.5; serta Modul Pembelajaran PPKN SMA Kelas 12 (XII) KD 3.6 dan KD 4.6. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



2 comments:

  1. Terima kasih atas informasi, semoga admin diberikan berkah, sehat selalu, serta jadi bagian dari amal ibadah

    ReplyDelete
  2. Terima kasih pak Admin, semoga bermanfaat, dan mohon ijin share materinya...

    ReplyDelete

Theme images by Zemdega. Powered by Blogger.