DOWNLOAD MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 12 (XII) SMA SMK

Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK


Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK. Modul pembelajaran merupakan sarana  pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis. Sebuah kompetensi dan sub kompetensi dikemas dalam satu modul yang utuh (self contained) untuk memenuhi kebutuhan belajar pada mata kuliah tertentu dan proses pembelajaran tertentu.

 

Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA SMK Kelas 12 (XI) sangat tepat untuk pembelajaran jarak jauh maupun pembelajaran reguler karena telah disusun secara menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan serta dapat digunakan untuk belajar mandiri (self instructional), dan penggunaannya tidak tergantung dengan media lain (self alone). Modul memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk latihan, merangkum dan mengukur kemampuan dengan melakukan tes sendiri (self test)

 

Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XI) SMA SMK ini telah mengakomodasi kesulitan belajar peserta didik dengan memberikan tindak lanjut dan memberi kesempatan mengembangkan diri dengan materi pengayaan. Modul ini telah memiliki sampul atau topik yang jelas, rumusan kompetensi dasar atau kemampuan akhir, uraian dan contoh yang rinci, menyediakan latihan soal atau tes formatif dan menggunakan daftar pustaka yang memadai

 

Lalu apa Ciri-Ciri Modul Pembelajaran? Tidak dapat dipungkiri bahwa pengertian modul tidak sebatas memahami secara definitifnya saja. Bagi seorang pendidik, penting pula mengetahui ciri-ciri modul pembelajaran untuk siswa itu seperti apa dan bagaimana. Jadi, modul yang baik selain disusun secara runtut dan sistematis, tentu saja juga harus disusun secara jelas.  Nah, adapun beberapa karakteristik atau ciri dari modul pembelajaran yang bisa digunakan sebagai acuan. Apa saja? Simak ulasannya sebagai berikut.

 

1. Self instructional

Karakteristik pertama modul pembelajaran haruslah memiliki self instructional, dimana dari modul ini siswa pun bisa belajar secara mandiri.

Jadi, tanpa harus pendampingan guru pun, sebenarnya siswa bisa mempelajarinya. Dengan kata lain, peserta didik belajar tanpa bergantung oleh pihak-pihak tertentu.

 

2. Self contained

Dimana materi yang disampaikan lewat modul sudah disusun sesuai dengan unit kompetensi. Sehingga pembahasan yang digunakan lebih lengkap, menyeluruh dan lebih efektif. Karena cukup dalam satu buku, materi pembelajaran sudah tersaji secara langkap.

 

3. Stand alone

Jadi maksud dari stand alone dari pengertian modul adalah, modul disusun dan dikembangkan secara mandiri. Maksudnya tidak bergantung pada media lain.

Sehingga siswa yang mempelajaripun tidak terkesan ribet dengan media-media pendukung lainnya. karena dalam satu modul sudah dapat dipahami.

 

4. Adaptif

Modul yang baik tentu saja haruslah adaptif. Adaptif dalam hal ini bisa terhadap banyak hal perkembangan. Baik itu terhadap perkembangan teknologi ataupun ilmu pengetahuan yang sifatnya baru.

 

5. User friendly

User friendly menjadi dasar utama pula dalam pembuatan modul pembelajaran. Meskipun demikian, dari sei penyusunan tetap berdasarkan pada kaidah agar tetap ramah dan pas setiap kali digunakan sebagai pembelajaran. Secara teknis penulisan pun juga harus disesuaikan, agar tingkat keterbacaan pun lebih tinggi, karena bisa mempengaruhi konsistensi dari siswa dalam belajar.

 

Silahkan Bapak/Ibu cermati ciri modul di atas, tampaknya Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK sudah sesuai dengan ciri di atas, bahan sangat lengkap karena mencakup seluruh KI dan KD yang harus diajarkan. Tidak tanggung-tangung sudah tersedia 13 modul Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK, yakni modul KD 3.1 dan 4.1 sampai dengan KD 3.14 dan KD.14.

 

Modul KD 3.3 dan 4.3 tentang mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis dan  Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi. Modul KD 3.4 dan 4.4 Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah, dan menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan.

 

Modul KD 3.5 dan 4.5 Mengidentifikasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu dalam teks editorial) dan menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis. Modul KD 3.7 dan 4.7 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca serta Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis. Modul KD 3.4 dan KD 4.4 Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca serta Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang baik secara lisan maupun tulis.

 

Modul KD 3. 9 dan KD 4.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel dan Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis; Modul KD 3.10 dan KD 4.10 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca, serta menyusun opini dalam bentuk artikel dalam ceramah. Modul KD 3.11 dan KD 4.11 Menganalisis Kebahasaan Artikel dan/atau Buku Ilmiah dan Mengonstruksi Sebuah Artikel dengan Memperhatikan Fakta dan Kebahasaan

 

Berikut link download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK

link download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.1 dan 4.1 (disini)

link download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.2 dan 4.2 (disini)

link download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.3 dan 4.3 (disini)

link download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.4 dan 4.4 (disini)

link download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.5 dan 4.5 (disini)

link download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.6 dan 4.6 (disini)

link download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.7 dan 4.7 (disini)

link download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.8 dan 4.8 (disini)

link download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.9 dan 4.9 (disini)

link download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.10 dan 4.10 (disini)

link download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.11 dan 4.11 (disini)

link download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.12 dan 4.12 (disini)

link download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.13 dan 4.13 (disini)

link download Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.14 dan 4.14 (disini)

 

Baca Juga Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 10 (X) SMA SMK (disini)

Baca Juga Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 11 (XI) SMA SMK (disini)


Demikian informasi tentang Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 12 (XII) SMA SMK.  Semoga dapat membantu Bapak/Ibu guru yang membutuhkan media pembelajaran. Akhirnya admin mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bapak/Ibu.

 




= Baca Juga =



1 comment:

  1. Terima kasih atas informasi, semoga admin diberikan berkah, sehat selalu, serta jadi bagian dari amal ibadah

    ReplyDelete

Theme images by Jelajah Informasi (https://www.ainamulyana.com/. Powered by Blogger.