Tata Tertib Peserta Asesmen Nasional (AN) Tahun Pelajaran 2023-2024

Tata Tertib Peserta Asesmen Nasional (AN) Tahun Pelajaran 2023-2024



Tata Tertib Peserta Asesmen Nasional (ANbk) Tahun Pelajaran 2023-2024. Asesmen Nasional atau AN adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Adapun yang dimaksud Asesmen Kompetensi Minimum yang selanjutnya disingkat AKM adalah pengukuran kompetensi peserta didik dalam Literasi Membaca dan Literasi Matematika (Numerasi).

 

Instrumen AN disiapkan oleh Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. Instrumen AN disiapkan dalam bentuk soal digital dan merupakan dokumen negara yang bersifat rahasia. Instrumen Asesmen Nasional terdiri atas: a) AKM mengukur hasil belajar kognitif peserta didik dalam Literasi Membaca dan Numerasi; b) Survei Karakter mengukur hasil belajar nonkognitif peserta didik; dan c. Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan.

 

Adapun Hasil belajar nonkognitif peserta didik yang diukur dalam Survei Karakter adalah sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) pada enam aspek Profil Pelajar Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; bernalar kritis; mandiri; kreatif; bergotong royong; dan berkebinekaan global. Sedangkan Survei Lingkungan Belajar mengukur iklim keamanan, iklim inklusivitas dan kebinekaan, dan kualitas pembelajaran pada satuan pendidikan.

 

Sebelum Admin membagikan Tata Tertib Peserta Asesmen Nasional (ANbk) Tahun Pelajaran 2023-2024, berikut bentuk Soal dan materi Asesmen Nasional. Bentuk soal Asesmen Nasional terdiri dari: a) Bentuk soal objektif (Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Menjodohkan, dan Isian Singkat). B) Bentuk soal non objektif (Uraian). Komponen AKM terdiri atas konten, level kognitif, dan konteks. Materi Literasi Membaca adalah Teks Sastra/Fiksi dan Teks Informasi, yang mencakup menemukan informasi, menginterpretasi dan mengintegrasi, serta Mengevaluasi dan merefleksi. Materi Numerasi adalah Bilangan, Aljabar, Geometri dan Pengukuran, Data dan Ketidakpastian, yang mencakup Pemahaman, Aplikasi dan Penalaran.

 

Adapun Tata Tertib Peserta Asesmen Nasional tahun 2021 adalah sebagai berikut.

1) Peserta didik memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan, yakni 15 (lima belas) menit sebelum AN dimulai;

2) Peserta didik memasuki ruang AN sesuai dengan sesi dan menempati tempat duduk yang telah ditentukan;

3) Peserta didik dilarang membawa catatan dan/atau menggunakan perangkat komunikasi elektronik dan optik, kamera, kalkulator, dan sejenisnya ke dalam ruang AN;

4) Peserta didik mengumpulkan tas dan buku di bagian depan di dalam ruang AN;

5) Peserta didik mengisi daftar hadir;

6) Peserta didik masuk ke dalam (login) aplikasi ANBK dengan menggunakan username dan kata sandi (password) sesuai kartu login yang diterima dari Proktor;

7) Peserta didik melakukan latihan menjawab soal sebelum mengerjakan AN;

8) Peserta didik mulai mengerjakan soal asesmen setelah ada tanda waktu mulai;

9) selama AN berlangsung, Peserta didik hanya dapat meninggalkan ruangan dengan izin dari pengawas ruang;

10) selama AN berlangsung, Peserta didik dilarang:

a) menanyakan jawaban soal kepada siapa pun;

b) bekerja sama dengan peserta lain;

c) memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal; dan

d) memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain.

11) apabila terlambat hadir, Peserta didik dapat mengikuti AN setelah mendapat persetujuan dari Pelaksana Tingkat Satuan Pendidikan;

12) apabila Peserta didik telah melakukan login, maka keikutsertaannya sebagai peserta tidak dapat digantikan oleh orang lain; dan

13) setelah selesai mengikuti AN, Peserta didik diharapkan untuk segera pulang dan tidak berkerumun di lingkungan satuan pendidikan.

 

Demikian informasi tentang Tata Tertib Peserta Asesmen Nasional (ANbk) Tahun Pelajaran 2023-2024. Semoga ada manfaatnya.




= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post