MODEL PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DALAM PPKN SD MI KELAS 2 BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 2 SD MI Berdasarkan Kurikulum 2013


Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 2 SD MI Berdasarkan Kurikulum 2013. Pada saat ini Indonesia tengah dihadapkan pada posisi dilematis seputar permasalahan moral yang tidak kunjung sirna, yaitu korupsi. Korupsi ini merupakan penyelewengan terhadap wewenang publik yang timbul karena kurangnya kontrol terhadap kekuasaan yang dimiliki dan terbukanya kesempatan lebar untuk menyelewengkan kekuasaan tersebut. Hal semacam ini perlu diatasi secara tepat sebagai tanda wujud kesadaran kita sebagai masyarakat yang masih rindu dengan kemakmuran bangsa. Lembaga pendidikanlah menjadi salah satu jalan strategis dalam rangka menyuarakan kebaikan serta membekali generasi muda yang bebas dari korupsi.

 

Di negara kita lembaga yang mengawasi hal suap menyuap atau korupsi yaitu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Telah banyak mengungkap kasus korupsi di negri ini namun pada saat ini melihat semakin beratnya tugas KPK yang saat ini sedang ada pada zona terpuruk dan besarnya akibat yang disebabkan oleh kasus korupsi tersebut, maka dari itu diperlukan suatu sistem yang mampu menyadarkan semua elemen bangsa untuk sama-sama bangkit bergerak memberantas korupsi yang juga perlu didukung penuh oleh semua pihak dalam jajaran pemerintah. Cara yang paling efektif untuk memulai mencegah kurupsi dimasa mendatang adalah melalui media pendidikan. Diperlukan sebuah sistem pendidikan antikorupsi yang berisi tentang sosialisasi bentuk-bentuk korupsi, cara pencegahan dan pelaporan serta pengawasan terhadap tindak pidana korupsi. Pendidikan anti korupsi seperti ini harus ditanamkan secara terpadu mulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi.

 

Penerapan pendidikan antikorupsi melalui sekolah dasar sangat penting bagi perkembangan psikologis siswa. Pola pendidikan yang sistematik akan mampu membuat siswa mengenal lebih dini hal-hal yang berkenaan dengan korupsi temasuk sanksi yang akan diterima jika melakukan korupsi. Dengan demikian , akan tercipta generasi baru yang sadar dan memahami bahaya korupsi, bentuk-bentuk korupsi dan tahu akan sanksi yang akan diterima jika melakukan korupsi. Hal ini juga dapat memudahkan masyarakat akan mengawasi setiap tindak korupsi yang terjadi dan secara bersama memberikan sanksi moral bagi koruptor.

 

Pendidikan antikorupsi yang ditanamkan pada siswa pelajar merupakan tindakan untuk mengendalikan dan mengurangi korupsi berupa keseluruhan upaya untuk mendorong generasi mendatang untuk mengembangkan sikap menolak secara tegas terhadap setiap bentuk korupsi. Mentalitas antikorupsi ini akan terwujud jika kita secara sadar membina kemampuan generasi mendatang untuk mampu mengidentifkasi berbagai kelemahan dari sistem nilai yang mereka warisi dan memperbaharui sistem nilai warisan dengan situasi-situasi yang baru.

 

Terbentuknya Pendidikan antikorupsi melalui jalur pendidikan lebih efektif, karena pendidikan merupakan suatu proses perubahan sikap mental yang terjadi pada diri seseorang, dan melalui jalur ini lebih tersistem serta mudah terukur, yaitu perubahan perilaku antikorupsi. Perubahan dari sikap membiarkan dan memaafkan para koruptor ke sikap menolak secara tegas tindakan korupsi, tidak pernah terjadi jika kita tidak secara sadar membina kemampuan generasi mendatang untuk memperbaharui sistem nilai yang diwarisi untuk menolak korupsi sesuai dengan tuntutan yang muncul dalam setiap tahap pernjalanan bangsa kita.

 

KPK dan Dirjen Dikdasmen Kemendikbud telah menerbitkan Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 2 SD MI Berdasarkan Kurikulum 2013, termasuk di dalam ada beberapa contoh RPP PPKn Terintegrasi Pendidikan Anti Korupsi Kelas 2 SD MI.

 

Untuk Anda yang ingin mengetahui RPP PPKn Kurikulum 2013 Kelas 2 SD MI Terintegrasi Pendidikan Anti Korupsi (PAK) silahkan baca buku model pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 2 SD MI Berdasarkan Kurikulum 2013. Dalam buku ini selain terdapat berbagai contoh RPP PPKn Kelas 6 SD MI Terintegrasi Pendidikan Anti Korupsi (PAK) juga terdapat analisis KD dan contoh silabus PPKn Kelas 5 SD MI Terintegrasi Pendidikan Anti Korupsi (PAK).

 

Bagi Anda yang membutuhkan contoh RPP PPKn Kurikulum 2013 Kelas 2 SD MI Terintegrasi Pendidikan Anti Korupsi (PAK) silahkan download dan baca buku model pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 2 SD MI Berdasarkan Kurikulum 2013, melalui link yang tersedia di bawah ini

 



Link download Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 2 SD MI Berdasarkan Kurikulum 2013 (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 2 SD MI Berdasarkan Kurikulum 2013. Semoga ada manfaatnya




= Baca Juga =



No comments

Theme images by Zemdega. Powered by Blogger.