MODEL PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DALAM PPKN SD MI KELAS 5 BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 5 SD MI Berdasarkan Kurikulum 2013


Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 5 SD MI Berdasarkan Kurikulum 2013. Upaya pencegahan ini dapat dilakukan melalui penerapan pendidikan anti korupsi oleh para pendidik kepada peserta didiknya melalui proses belajar mengajar pada lembaga pendidikan diberbagai tingkatan mulai dari tingkatan dasar, menengah sampai ke Perguruan Tinggi.

 

Pada prinsipnya, urgensi pendidikan antikorupsi adalah pengintegrasian nilai-nilai dan perilaku antikorupsi bisa dilakukan ke semua mata pelajaran. Identifikasi nilai-nilai dan perilaku antikorupsi dilakukan agar memberi penegasan mengenai nilai-nilai dan perilaku antikorupsi. Pendidikan ini merupakan salah satu upaya pemberantasan korupsi melalui jalur pendidikan, karena tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan merupakan wahana yang sangat strategis untuk membina generasi muda agar menanamkan nilai-nilai kehidupan termasuk antikorupsi.

 

Secara umum,upaya pemberantasan korupsi biasanya terdiri dari dua bagian besar, yaitu penindakan, dan pencegahan .tidak akan pernah berhasil optimal jika hanya dilakukan oleh pemerintah saja tanpa melibatkan peran serta masyarakat. Oleh karena itu tidaklah berlebihan jika kampus sebagai stake holder atau salah satu bagian penting dari masyarakat yang merupakan pewaris masa depan diharapkan dapat terlibat aktif dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Keterlibatan siswa / peserta didik dalam upaya pemberantasan korupsi tentu tidak pada upaya penindakan yang merupakan kewenangan institusi penegak hukum. Peran aktif siswa / peserta didik diharapkan lebih difokuskan pada upaya pencegahan korupsi dengan ikut membangun budaya anti korupsi di masyarakat. Siswa / peserta didik diharapkan dapat berperan sebagai agen perubahan dan motor penggerak gerakan anti korupsi di masyarakat. Untuk dapat berperan aktif siswa / peserta didik perlu dibekali dengan pengetahuan yang cukup tentang seluk beluk korupsi dan pemberantasannya. Yang tidak kalah penting, untuk dapat berperan aktif siswa / peserta didik harus dapat memahami dan menerapkan nilai-nilai anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Upaya pembekalan siswa / peserta didik dapat ditempuh dengan berbagai cara antara lain melalui kegiatan sosialisasi, kampanye, seminar atau perkuliahan. Untuk keperluan pembelajaran dipandang perlu untuk membuat sebuah RPP dan model pembelajaran yang berisikan materi dasar mata kuliah Pendidikan Anti Korupsi bagi siswa / peserta didik. Pendidikan Anti Korupsi bagi siswa / peserta didik bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang cukup tentang seluk beluk korupsi dan pemberantasannya serta menanamkan nilai-nilai anti korupsi.

 

Tujuan jangka panjangnya adalah menumbuhkan budaya anti korupsi di kalangan siswa / peserta didik dan mendorong siswa / peserta didik untuk dapat berperan serta aktif dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.Pendidikan Anti Korupsi bagi siswa / peserta didik bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang cukup tentang seluk beluk korupsi dan pemberantasannya serta menanamkan nilai-nilai anti korupsi.

 

Sebagai bagian integral dari pendidikan anti korupsi, pendidikan karakter atau pendidikan yang berbasis pada pembangunan karakter siswa / peserta didik menjadi wacana yang ramai dibicarakan di dunia pendidikan maupun di kalangan masyarakat umumnya. Kebutuhan akan pendidikan yang dapat melahirkan manusia Indonesia sangat dirasakan karena degradasi moral yang terus menerus terjadi pada generasi bangsa ini dan nyaris membawa bangsa ini pada kehancuran. Budaya korupsi yang seakan telah mengakar pada kehidupan bangsa ini mulai dari tingkat kampong hingga pejabat tinggi negara, penyalahgunaan dan peredaran narkoba yang semakin menggurita, tawuran antar pelajar dan berbagai kejahatan yang telah menghilangkan rasa aman setiap warga, merupakan bukti nyata akan degradasi moral generasi bangsa ini.

 

KPK dan Dirjen Dikdasmen Kemendikbud telah menerbitkan Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 5 SD MI Berdasarkan Kurikulum 2013, termasuk di dalam ada beberapa contoh RPP PPKn Terintegrasi Pendidikan Anti Korupsi Kelas 5 SD MI.

 

Untuk Anda yang ingin mengetahui RPP PPKn Kurikulum 2013 Kelas 5 SD MI Terintegrasi Pendidikan Anti Korupsi (PAK) silahkan baca buku Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 5 SD MI Berdasarkan Kurikulum 2013. Dalam buku ini selain terdapat berbagai contoh RPP PPKn Kelas 5 SD MI Terintegrasi Pendidikan Anti Korupsi (PAK) juga terdapat analisis KD dan contoh silabus PPKn Kelas 5 SD MI Terintegrasi Pendidikan Anti Korupsi (PAK).

 

Bagi Anda yang membutuhkan contoh RPP PPKn Kurikulum 2013 Kelas 5 SD MI Terintegrasi Pendidikan Anti Korupsi (PAK) silahkan download dan baca buku Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 5 SD MI Berdasarkan Kurikulum 2013, melalui link download yang tersia di bawah ini.

 



Link download Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 5 SD MI Berdasarkan Kurikulum 2013 disini

 

Demikian informasi tentang Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 5 SD MI Berdasarkan Kurikulum 2013. Semoga ada manfaatnya



= Baca Juga =



No comments

Theme images by Zemdega. Powered by Blogger.