SURAT EDARAN TENTANG PELAKSANAAN KSN SMA MA TAHUN 2022

Surat Edaran Tentang Pelaksanaan KSN Jenjang SMA MA Tahun 2022


Surat Edaran Tentang Pelaksanaan KSN Jenjang SMA MA Tahun 2022 disampaikan melalui PLT Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor: 0231/J3/DM.02.00/2022 tertanggal 17 Februari 2022 tentang Kompetisi Sains Nasional Tingkat Sekolah (KSN-S) dan Registrasi KSN-K Jenjang SMA / MA Tahun 2022 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi seluruh Indonesia dan Direktur KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

 

Isi Surat Edaran Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional Tentang Pelaksanaan Dan Registrasi KSN tingkat Sekolah Jenjang SMA/MA Tahun 2022, menyatakan bahwa sebagai tahap seleksi awal Kompetisi Sains Nasional (KSN) Jenjang SMA/MA tahun 2022 yang akan diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi maka akan dilaksanakan Kompetisi Sains Nasional Tingkat Sekolah (KSN-S). Pelaksanaan KSN-S ini dilakukan oleh masing-masing sekolah yang hendak mengirimkan perwakilan  siswanya untuk mengikuti tahapan-tahapan seleksi KSN ke tingkat selanjutnya yaitu Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K), Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi (KSN-P), Kompetisi Sains Nasional (KSN), dan Olimpiade Sains Tingkat Internasional.

 

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kami mohon perkenan Bapak/Ibu untuk dapat menginformasikan kepada sekolah yang ada di Wilayah Bapak/Ibu untuk dapat melaksanakan KSN-S pada tanggal 23 s.d. 25 Februari 2022. Persyaratan siswa yang dapat mengikuti KSN-S sebagaimana daftar terlampir. Selanjutnya ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan sebagai berikut:

·          Hasil seleksi di ambil 5 (lima) peserta terbaik dari masing-masing bidang;

·          Peserta yang lolos seleksi KSN-S dapat melakukan pendaftaran langsung ke Pusat Prestasi Nasional tanggal 1 sd 19 Maret 2022 melalui laman sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/ksn, tata cara pendaftaran akan disosialisasikan melalui Web dan IG Pusat Prerstasi Nasional di awal bulan Maret ( catatan: peserta wajib mengisi data pribadi dengan valid dan kontak person perserta yang terintegrasi dengan layanan whatshapp dan telegram);

·          Pendaftaran  peserta   bisa   di   setujui   Kepala        Sekolah/Proctor sekolah  melalui  laman sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/ksn;

·          Operator Dinas Pendidikan Provinsi bisa mengetahui pendaftar peserta KSN-K melalui laman sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/ksn

 

Berikut inis Persyaratan Peserta KSN SMA/MA 2022 berdasarkan Surat Edaran Tentang Pelaksanaan KSN Jenjang SMA MA Tahun 2022, yakni sebagai berikut:

A.      Persyaratan Umum

1.    Warga   Negara    Indonesia  yang dibuktikan   dengan     dokumen   resmi  seperti        Kartu Pelajar/KTP/SIM/Paspor.

2.    Berminat dan memenuhi syarat minimal pengetahuan yang dinyatakan dalam bentuk nilai dari bidang sains yang dipilih.

3.    Mendapat persetujuan dari orang tua/wali, dan bila peserta memiliki kebutuhan khusus berkaitan dengan kesehatan harus mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang.

4.    Setiap peserta didik hanya dapat mengikuti salah satu bidang sains dan diusulkan oleh Kepala Sekolah berdasarkan hasil seleksi tingkat sekolah.

5.    Belum pernah meraih medali emas KSN jenjang SMA di bidang sains yang sama.

6.    Belum pernah mengikuti kompetisi sains tingkat internasional jenjang SMA di bidang sains yang sama

7.    Peraih medali KSN bersedia mengikuti pembinaan ke tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

8.    Untuk beberapa bidang sains, peserta didik yang pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional dapat langsung mengikuti KSN dengan merujuk kepada persyaratan khusus sesuai pada bidang sains masing-masing.

9.    Untuk peserta yang mengalami pindah sekolah ke kabupaten/kota dan/atau provinsi lain, status kepesertaannya tetap didasarkan pada surat keputusan Dinas Pendidikan Provinsi sebelumnya.

10.  Memiliki nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran dan memiliki sikap yang baik.

11.  Mampu mengoperasikan komputer

12.  Tidak terlibat dan/atau memakai narkoba dibuktikan dengan surat keterangan dari pejabat yang berwenang (Kepala Sekolah).

 

B.      Persyaratan Khusus Peserta KSN SMA MA Tahun 2022

1.    Matematika

a.    Peserta didik SMP/MTs kelas VIII peraih medali emas KSN SMP bidang Matematika, Siswa SMP/MTS kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI.

 

b.    Memiliki nilai Matematika (wajib dan peminatan) tidak kurang dari 80.

c.     Peserta Didik yang pernah mengikuti pembinaan/ pelatihan nasional Tahap ke-1 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional pada tahun sebelumnya dapat langsung mengikuti KSN-P.

2.    Fisika

a.    Peserta didik SMP/MTs kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI

b.    Untuk peserta didik SMP/MTs memiliki nilai IPA, Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80

c.     Untuk peserta didik SMA/MA memiliki nilai Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80

d.    Belum pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional tahap ke-2 bidang Fisika yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

3.    Kimia

a.    Peserta didik SMP/MTs kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI.

b.    Memiliki nilai IPA untuk SMP/MTs tidak kurang dari 80.

c.     Memiliki nilai Kimia untuk SMA/MA tidak kurang dari 80.

d.    Memiliki nilai Matematika dan Bahasa Inggris tidak kurang dari 80.

e.    Belum pernah mengikuti pembinaan/pelatihan nasional tahap ke-2 Bidang Kimia yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

4.    Informatika/Komputer

a.    Peserta didik SMP/MTs kelas VIII atau IX, SMA/MA kelas X atau XI.

b.    Memiliki nilai Matematika (wajib dan peminatan) tidak kurang dari 80.

c.     Belum pernah mengikuti pembinaan/pelatihan nasional Bidang Informatika/Komputer yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

5.    Biologi

a.    Peserta didik SMP/MTs kelas VIII atau IX, SMA/MA kelas X atau XI.

b.    Memiliki nilai IPA dan Bahasa Inggris untuk SMP/MTs tidak kurang dari 80.

c.     Memiliki nilai Biologi & Bahasa Inggris untuk SMA/MA tidak kurang dari 80.

d.    Peserta didik hanya diperbolehkan mengikuti KSN maksimal sebanyak 2 kali.

6.    Astronomi

a.    Peserta didik SMP/MTs kelas IX dan peserta didik SMA/ MA kelas X dan XI.

b.    Memiliki nilai IPA dan Bahasa Inggris untuk SMP/MTs tidak kurang dari 80.

c.     Memiliki nilai Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80.

d.    Belum pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional bidang Astronomi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

e.    Tidak buta warna yang dibuktikan dengan Surat Keterangan bebas buta warna dari dokter.

f.     Mampu melakukan kegiatan praktik di lapangan.

7.    Ekonomi

a.    Peserta didik SMA/MA kelas X dan XI.

b.    Memiliki nilai Ekonomi, Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80.

c.     Peserta didik yang pernah mengikuti pembinaan/pelatihan nasional dalam rangka seleksi kandidat IEO, apabila hendak mengikuti KSN, memulainya sejak KSN jenjang Kabupaten/Kota.

8.    Kebumian

a.    Peserta didik SMP/MTs kelas IX yang pada tahun berjalan KSN bulan Juni/Juli kelas X, SMA/MA kelas X dan XI

b.    Memiliki nilai IPA atau IPS dan bahasa Inggris untuk SMP/MTs masing-masing tidak kurang dari 80.

c.     Memiliki nilai Matematika, Fisika atau Geografi, dan Bahasa Inggris masing-masing tidak kurang dari 80.

d.    Peserta Didik yang pernah mengikuti pembinaan Tahap ke-1 tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional pada tahun 2021 dapat langsung mengikuti KSN-P.

e.    Tidak buta warna dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari dokter.

f.     Mampu melakukan kegiatan praktik lapangan.

9.    Geografi

a.    Peserta didik SMP/MTs kelas IX, SMA/MA kelas X dan XI.

b.    Peserta didik SMP/MTs yang memiliki nilai IPA , IPS atau Matematika dan Bahasa Inggris tidak kurang dari 80.

c.     Peserta didik SMA/MA yang memiliki nilai Matematika         atau Fisika, Biologi atau Geografi (wajib atau peminatan), dan Bahasa Inggris masing- masing minimal 80.

d.    Belum pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional bidang Geografi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

e.    Tidak buta warna dibuktikan dengan Surat Bebas Buta Warna dari dokter.

f.     Mampu melakukan kegiatan praktik lapangan.

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi narahubung KSN, nomor kontak 081272376029 dan 081310784405. Layanan hanya dalam bentuk pesan singkat chat.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Surat Edaran Tentang Pelaksanaan KSN Jenjang SMA MA Tahun 2022  melalui link yang tersedia di bawah ini

 

Link download Surat Edaran Tentang Pelaksanaan Dan Registrasi KSN Jenjang SMA/MA Tahun 2022 (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Surat Edaran Tentang Pelaksanaan KSN Jenjang SMA MA Tahun 2022. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =



No comments

Theme images by Jelajah Informasi (https://www.ainamulyana.com/. Powered by Blogger.