LATIHAN SOAL ANBK SMA TAHUN 2022-2023

Soal ANBK SMA Tahun 2022 2023 dan Pembahasan – Kunci Jawaban


Latihan Soal ANBK SMA Tahun 2022/2023 dan Pembahasan – Kunci Jawaban. ANBK merupakan program penilaian terhadap kualitas setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Kualitas satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar peserta didik mencakup aspek literasi, numerasi, dan karakter serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.


ANBK adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Penilaian dilakukan berdasarkan kemampuan dasar murid, seperti literasi, numerasi, dan karakter.


Tak hanya itu, kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung proses pembelajaran juga menjadi aspek penilaian. Informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.


Pada dasarnya, tujuan ANBK adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan cara mengembangkan kompetensi dan karakter murid. Asesmen ini juga dirancang untuk menghasilkan informasi akurat guna memperbaiki kualitas belajar mengajar di sekolah.


Jadi tujuan adanya ANBK untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah, yaitu pengembangan kompetensi dan karakter siswa. Sehingga Dinas Pendidikan dapat memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.


Yu, mengenal Latihan Soal ANBK SMA Tahun 2022/2023. Soal ANBK dilakukan dengan menilai tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar.


ANBK tidak menggantikan peran ujian nasional (UN) untuk mengevaluasi prestasi siswa secara individu, tapi hanya untuk memetakan, dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan di Indonesia pada semua jenjang. Hasil ANBK diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran.


ANBK berbeda dengan UN yang hasilnya menjadi penentu kelulusan, hasil ANBK digunakan sebagai evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh. Itu juga yang menjadi alasan mengapa ANBK tidak diikuti setiap murid jenjang akhir, melainkan terbatas untuk sebagian peserta didik kelas V, VII, dan XI yang dipilih secara acak oleh pemerintah. Nantinya, peserta didik yang terpilih akan menjadi sampel untuk mewakili populasi murid di setiap sekolah pada jenjang kelas yang menjadi target ANBK. ANBK 2022 sendiri akan dilaksanakan berbasis komputer, daring, atau semi daring. Untuk memahami lebih jauh apa itu ANBK, simak informasi selengkapnya berikut ini.


Pelaksanaan ANBK diharapkan dapat digunakan untuk memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu serta kesenjangan antarbagian dalam sistem pendidikan. Misalnya, antara kelompok sosial ekonomi, antara sekolah negeri dan swasta, atau antarkelompok berdasarkan atribut tertentu.


Asesmen Nasional akan segera dilaksanakan menggunakan jaringan Komputer atau sering disebut sebagai ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer). ANBK adalah sebuah evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah. ANBK akan mengevaluasi AKM, Survei Lingkungan Belajar dan Survei Karakter. POS ANBK sebagai pedoman dalam menentukan alokasi waktu dan jadwal pelaksanan ANBK sudah dirilis.

 

ANBK ini dapat dilaksanakan dalam dua moda, yaitu ANBK moda online dan moda semi-online. Kira-kira apa sih perbedaan dari kedua moda ANBK ini? Simak artikel ini sampai habis ya untuk mengetahui informasi selengkapnya!


A. ANBK Online

Sesuai dengan namanya, ANBK pada moda online haruslah memiliki akses internet yang stabil bagi komputer client. Bandwidth yang disarankan untuk melaksanakan ANBK moda online adalah 12 Mbps per 15 komputer client. Selain komputer client, ANBK moda online juga harus mempunyai sebuah komputer proktor yang berguna untuk membuka token.


Pada ANBK moda online, masing-masing lokasi tes terdapat aplikasi Exambrowser proktor dan client. Aplikasi ini akan berfungsi menampilkan layar tes secara penuh tanpa navigasi dan mencegah peserta berpindah ke aplikasi lainnya.


Aplikasi Exambrowser proktor dan client langsung terhubung dengan server pusat Pusmenjar (Pusat Asesmen dan Pengajaran). Karena semua data langsung diakses dari server pusat, komputer proktor tidak perlu melakukan sinkronisasi data terlebih dahulu sebelum pelaksanaan tes.


B. ANBK Semi-online

Berbeda dengan ANBK online, pada ANBK semi-online komputer client tidak memiliki akses internet secara langsung. Komputer client nantinya akan terhubung dengan komputer proktor yang memiliki akses internet. Tak seperti ANBK online yang memerlukan koneksi internet stabil dengan bandwidth cukup tinggi, ANBK semi-online hanya memerlukan bandwidth minimal 1 Mbps.


Pada ANBK semi-online, masing-masing lokasi memiliki Exambrowser admin dan Exambrowser client. Aplikasi Exambrowser admin akan menjalankan mesin virtual atau VHD yang terhubung ke server pusat. Sedangkan pada Exambrowser client akan terhubung ke komputer proktor melalui jaringan LAN.


Pada moda semi-online komputer client tidak terhubung dengan server pusat seperti yang terjadi pada ANBK moda online. Oleh karena itu, proktor wajib melakukan sinkronisasi data terlebih dahulu dari server pusat ke komputer proktor.


Soal ANBK SMA Tahun 2022/2023 dan Pembahasan – Kunci Jawaban


Bagi yang membutuhkan Latihan Soal ANBK SMA Tahun 2022/2023 dan Pembahasan – Kunci Jawaban silahkan di download dan di baca melalui link yang tersedia di bawah ini.


Link Latihan Soal ANBK SMA Tahun 2022/2023 dan Pembahasan – Kunci Jawaban (disini)


Demikian informasi tentang Latihan Soal ANBK SMA Tahun 2022/2023 dan Pembahasan – Kunci Jawaban. Selamat belajar, semoga kesuksesan selalu bersama mu dan bersama sekolahmu.



= Baca Juga =



1 comment:

Theme images by Zemdega. Powered by Blogger.