Kumpulan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Tahun 2023-2024

Kumpulan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Tahun 2023-2024


Link downlaod Contoh Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD SM<P SMA SMK Tahun 2023/2024 Pdf. Seleksi PPPK Guru adalah kegiatan untuk memenuhi kebutuhan guru pada taman kanak kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, sekolah menengah kejuruan, dan sekolah luar biasa. Seleksi PPPK Guru Tahun 2023/2024 menggunakan Computer Assisted Test BKN, yakni suatu metode seleksi/tes dengan menggunakan komputer yang diselenggarakan oleh BKN atau Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan.

 

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Jabatan Fungsional Guru adalah jabatan yang berisi fungsi dan tugas yang meliputi mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi Peserta Didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

 

Untuk mengikuti Seleksi PPPK Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2023, calon guru harus memenuhi persyaratan. .Adapun secara umum persyaratan Seleksi PPPK Guru tahun 2023/2024 adalah a) warga Negara Indonesia; b) Usia paling rendah 20 (dua puluh) tahun dan paling tinggi 59 (lima puluh sembilan) tahun pada saat pendaftaran; c) Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih; d) Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, PPPK, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta; e.)Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis; dan f) Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar;


Sedangkan Persyaratan khusus seleksi PPPK guru SD SMP SMA SMK 2023/2024 antara lain 1) THK-II sesuai database Tenaga Honorer Eks K-II Badan Kepegawaian Negara (BKN); 2) Guru non-ASN yang mengajar di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh instansi daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik Kemdikbudristek; 3) Guru swasta yang mengajar di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan terdaftar sebagai guru di Dapodik Kemdikbudristek; 4) Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang belum menjadi guru dan terdaftar di database Lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemdikbudristek. Khsusus bagi pelamar umum harus memiliki sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi pendidikan dengan jenjang paling rendah S-1 (Strata-Satu) atau D-4 (Diploma empat) berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan tentang Kualifikasi Akademik dan Sertifikat Pendidik dalam Pendaftaran Pengadaan Guru PPPK Tahun 2023/2024


Sebelum diadakan Seleksi PPPK Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2023 terlebih dahulu ditentukan formasi calon PPPK Guru. Adapun pengusulan formasi PPPK untuk PPPK Guru menggunakan sistem e-formasi sesuai Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Penerapan Sistem e-Formasi. Data yang diperlukan dalam e-Formasi adalah sebagai berikut: 1) Peta jabatan pada setiap unit organisasi melalui analisis jabatan (nama jabatan, ikhtisar jabatan, tugas jabatan, kompetensi jabatan, dst); 2) Jumlah kebutuhan pegawai dalam jangka waktu tertentu minimal lima (5) tahun pada setiap unit organisasi melalui hasil analisis beban kerja; 3) Jumlah riil pegawai pada setiap unit organisasi; 4) Jumlah pegawai yang akan mencapai batas usia pensiun setiap tahunnya, untuk masa pensiun 5 (lima) tahun ke depan; dan 5) Perkiraan kekurangan/kelebihan pegawai pada setiap unit organisasi.


Selanjutnya Kemenpan menetapkan rincian Formasi Guru PPPK SD SMP SMA SMK tahun 2023. Adapun langkah-langkah penetapan rincian formasi PPPK untuk JF Guru Tahun 2023/2024 sebagai berikut: 1) Pejabat pembina kepegawaian provinsi/kabupaten/kota menyampaikan usul kebutuhan PPPK untuk JF Guru melalui aplikasi e-formasi Kemen PANRB. 2) Kemdikbudristek melalui Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan memberikan pertimbangan teknis kepada Kementerian PAN dan RB atas usulan kebutuhan PPPK untuk JF Guru sesuai hasil pemetaan kebutuhan guru nasional berdasarkan data Dapodik. 3) Kementerian PANRB menetapkan formasi PPPK untuk JF Guru per provinsi, kabupaten, dan kota, yang akan digunakan sebagai dasar pengadaan guru PPPK.


Seleksi PPPK untuk JF Guru dilakukan berdasarkan prinsip sebagai berikut. 1) Kompetitif, dalam arti semua pelamar bersaing secara sehat dan penentuan hasil didasarkan pada ambang batas kelulusan (passing grade) yang telah ditetapkan dan/atau nilai tertinggi dari pelamar. 2) Adil, dalam arti proses pelaksanaan tidak memihak dan sama rata, tidak ada yang lebih dan tidak ada yang kurang, tidak ada pilih kasih. 3) Objektif, dalam arti dalam proses pendaftaran, dan penentuan kelulusan didasarkan pada persyaratan dan hasil seleksi (seleksi sesuai keadaan yang sesungguhnya). 4) Transparan, dalam arti proses pelamaran, pendaftaran, pelaksanaan seleksi, pengolahan hasil seleksi serta pengumuman hasil kelulusan dilaksanakan secara terbuka. 5) Bersih dari praktik Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN), dalam arti seluruh proses seleksi PPPK untuk JF Guru harus terhindar dari unsur korupsi, kolusi, dan nepotisme. 6) Tidak dipungut biaya, dalam arti pelamar tidak dibebankan biaya apapun dalam proses Seleksi PPPK untuk JF Guru yang meliputi pengumuman, pelamaran, pemberkasan, dan pengangkatan menjadi Guru PPPK.


Sebelum Anda mengakses Link downlaod Contoh Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD SM<P SMA SMK Tahun 2023/2024 Pdf, terlebih dahulu Mari kita ketahui mekanisme sistem seleksi PPPK Guru tahun 2023? Secara umum seleksi PPPK Guru diawal dengan Seleksi Administrasi. Seleksi administrasi meliputi verifikasi dan validasi kelengkapan berkas dan kesesuaian dokumen pelamar dengan kriteria PPPK untuk JF Guru. Seleksi administrasi dilakukan oleh panitia penyelenggara seleksi secara sistem untuk mencocokan persyaratan administrasi dan kualifikasi akademik dengan dokumen pelamaran meliputi: a) kesesuaian data diri dengan NIK; b) kesesuaian data kualifikasi akademik dan/atau sertifikat pendidik dengan kebutuhan guru PPPK; dan c) pengecekan nomor ijazah dan jurusan Program Pendidikan Profesi bagi pendaftar yang telah memiliki sertifikat pendidik.


Verifikasi data pendaftar PPPK untuk JF Guru dilakukan melalui sinkronisasi secara otomatis. Namun, bagi eks-THK II dan calon guru yang belum tervalidasi pada Dapodik, verifikasi dilakukan secara manual. Seleksi administrasi bagi penyandang disabilitas, selain mencocokkan persyaratan, juga untuk memastikan kesesuaian jabatan yang dilamar dengan jenis dan derajat kedisabilitasannya.


Setelah Seleksi Administrasi bagi pelamar yang tidak masuk katagori lulus PG pada seleksi tahun 2021 dilanjutkan seleksi kompetensi. Pelamar yang dapat mengikuti seleksi kompetensi merupakan pelamar yang lulus seleksi administrasi Selanjutnya, pelamar dapat mengikuti seleksi kompetensi sesuai dengan jadwal dan tempat yang telah ditetapkan pada pengumuman.


Ayo baca ikut pendaftaran Seleksi PPPK Guru SD SMP SMA SMK Tahun 2023 dan baca Contoh Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD SM<P SMA SMK Tahun 2023/2024 Pdf sebagai bahan persiapan. Berikut ini cara Pendaftaran PPPK untuk JF Guru Tahun 2023/2024 yakni Pelamar melakukan pendaftaran seleksi PPPK untuk JF Guru melalui laman resmi Badan Kepegawaian Negara yaitu https://sscasn.bkn.go.id dengan tata cara sebagai berikut: 1) Pelamar wajib memiliki alamat email yang aktif untuk mengikuti proses seleksi PPPK untuk JF Guru. 2) Pelamar wajib membuat akun secara online terlebih dahulu di portal nasional dengan alamat https://sscasn.bkn.go.id yang terintegrasi dengan data DUKCAPIL berdasarkan NIK dengan memilih jenis pengadaan PPPK Guru. 3) Pelamar dalam membuat akun, kemudian mengunggah (upload) swafoto dengan memperlihatkan KTP dan Kartu Informasi Pelamar guru PPPK 2023/2024 agar dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya. 4) Pelamar melengkapi biodata, memilih instansi (pastikan bahwa instansi yang dipilih adalah Pemerintah Daerah sesuai formasi yang dituju, karena setiap pelamar hanya diperkenankan mendaftar pada 1 (satu) instansi, 1 (satu) jabatan, dan 1 (satu) jenis formasi, jenis formasi, pendidikan dan jabatan yang akan dilamar. 5) Data Jabatan dan Sertifikasi Pendidikan/Kualifikasi Pendidikan berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan tentang Kualifikasi Akademik dan Sertifikat Pendidik dalam Pendaftaran Pengadaan Guru PPPK Tahun 2023/2024. 6) Setelah itu pelamar wajib mengunggah dokumen persyaratan yang meliputi antara lain: a) KTP elektronik (e-KTP) asli atau asli surat keterangan telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), b) pasfoto dengan latar belakang merah; c) ijazah asli, berukuran maksimal 800 kb; e) Sertifikat pendidik asli; 7) Pelamar mencetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2023.


Seleksi PPPK Guru SD SMP SMA SMK tahun 2023 dilaksanakan dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Adapaun Materi seleksi kompetensi akan diujikan dalam bentuk tes objektif terdiri atas: 1) Kompetensi Teknis. Seleksi kompetensi teknis untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan. 2) Kompetensi Manajerial, Seleksi kompetensi manajerial untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola organisasi. 3) Kompetensi Sosial Kultural. Seleksi kompetensi manajerial untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku, dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi oleh setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi, dan jabatan.


Berikut ini bebera Link Download Kupmpulan Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK Tahun 2023-2024 dan Pembahasan PDF, silahkan dicoba untuk dipelajari.

  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK Soal Pedagogik (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK PPKn SMP SMA SMK (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP SMA SMK (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMP SMA SMK (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK Mata Pelajaran Matematika SMP SMA SMK (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK Mata Pelajaran IPA SMP SMA SMK (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK Mata Pelajaran Biologi SMA SMK (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK Mata Pelajaran Kimia SMA SMK (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK Mata Pelajaran Fisika SMA SMK (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK Mata Pelajaran Seni Budaya SMP SMA (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK Mata Pelajaran IPS SMP (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK Mata Pelajaran Sejarah SMA SMK (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK Mata Pelajaran Geografi SMA SMK (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK Mata Pelajaran Ekonomi SMA SMK (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK Mata Pelajaran Penjas - PJOK SD SMP SMA SMK (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK Pedagogik SD (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK SD Materi Uji Bahasa Indonesia (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK SD Materi Uji Matematika (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK SD Materi Uji IPA (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK SD Materi Uji PPKn (disini)
  • Latihan Soal Tes Seleksi Guru PPPK SD Materi Uji IPS (disini)
  • Latihan Soal Tes Bakat Skolastik (Penalaran) Seleksi PPPK Guru TK SD SMP SMA SMK (disini)
  • Latihan Soal Tes Kemampuan Manajerial dan Sosio Kultural Seleksi PPPK Guru TK SD SMP SMA SMK (disini)

 

Baca Juga Kumpulan Arsip Soal Tes Seleksi PPPK Guru untuk Latihan menghadapi PPPK Guru 2023-2024 PDF !!!!!!!!!!!!!!!

  • New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru PPKn SMP SMA SMK Tahun 2023 (disini)
  • New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Bahasa Indonesia SMP SMA SMK Tahun 2023 (disini)
  • New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Bahasa Inggris SMP SMA SMK Tahun 2023 (disini)
  • New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Matematika SMP SMA SMK Tahun 2023 (disini)
  • New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Penjas PJOK SD SMP SMA SMK Tahun 2023 (disini)
  • New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru IPA SMP Tahun 2023 (disini)
  • New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru IPS SMP Tahun 2023 (disini)
  • New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Kelas SD Tahun 2023 (disini)
  • New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Kimia SMA SMK Tahun 2023 (disini)
  • New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Biologi SMA SMK Tahun 2023 (disini)
  • New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Fisika SMA SMK Tahun 2023 (disini)
  • New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Sejarah SMA SMK Tahun 2023 (disini)
  • New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Geografi SMA SMK Tahun 2023 (disini)
  • New – Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru Ekonomi SMA SMK Tahun 2023 (disini)

 

Demikian informasi tentang Link downlaod Contoh Latihan Soal Tes Seleksi PPPK Guru SD SM<P SMA SMK Tahun 2023/2024 Pdf. Semoga ada manfaatnya

 




= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post