Latihan Soal PAS Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024-2025

 

Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024-2025

Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 7 SMP MTs Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025. Implementasi perubahan kebijakan pendidikan, termasuk kurikulum, adalah suatu proses pembelajaran yang panjang. Untuk memulihkan pembelajaran pascapandemi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar Episode kelima belas yaitu Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar. Namun demikian, Pemerintah tetap memberikan kesempatan kepada pendidik dan satuan pendidikan untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sesuai dengan kesiapan masing-masing.

 

Dalam pemulihan pembelajaran saat ini, satuan pendidikan telah diberikan kebebasan menentukan tiga kurikulum yang akan dipilih yaitu Kurikulum 2013 secara penuh, Kurikulum Darurat, yaitu Kurikulum 2013 yang disederhanakan, dan Kurikulum Merdeka. Khusus untuk pilihan Kurikulum Merdeka, satuan pendidikan dapat mengimplementasikannya sesuai kesiapan masing-masing sehingga terdapat tiga pilihan implementasi yaitu mandiri belajar, mandiri berubah, dan mandiri berbagi. Satuan pendidikan menentukan pilihan berdasarkan Angket Kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka yang mengukur kesiapan guru dan tenaga kependidikan.

 

Sesuai dengan angket kesiapan Implementasi Kurikulum Merdeka beberapa sekolah telah menerapkan Kurikulum Merdeka oleh karena menghadapi akhir semester mereka mulai menyusun Soal PAS Kelas 7 SMP MTs Kurikulum Merdeka (KUMER) Tahun Pelajaran 2024-2025. Hal ini telah dituangkan dalam Surat Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Tahun Ajaran 2024/2025. Implementasi dari piliham IKM Mandiri Belajar, pada intinya satuan pendidikan menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan.

 

Sesuai dengan pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka Mandiri Belajar, Satuan Pendidikan berkewajiban mengembangan kurikulum operasional yang dikembangkan dan dapat diimplementasikan oleh satuan pendidikan yang diwujudkan dalam bentuk Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP). Hal ini sesuai dengan yang diamanatkan di dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Standar Nasional Pendidikan pada pasal 38 ayat (3) yang menyatakan bahwa Pengembangan kurikulum Satuan Pendidikan dilakukan oleh Satuan Pendidikan atau kelompok Satuan Pendidikan. Selanjutkan pada pasal (4) dijelaskan bahwa Pengembangan kurikulum Satuan Pendidikan melibatkan komite sekolah/madrasah di bawah koordinasi Dinas Pendidikan.

 

Berdasarkan hal di atas, Satuan Pendidikan harus menerjemahkan peraturan-peraturan tersebut ke dalam sebuah kurikulum yang bisa menjadi pedoman bagi satuan pendidikan dalam kegiatan penyelengaraan pendidikan.

 

Untuk memenuhi amanat undang-undang serta peraturan pemerintah seperti tersebut di atas dan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional pada umumnya, serta tujuan pendidikan sekolah khususnya, maka menyelenggarakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024-2025yang disesuaikan dengan kebijakan Merdeka Belajar.

 

Kurikulum, pembelajaran, dan penilaian merupakan komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Komponen tersebut saling terkait antara satu dengan yang lain. Kurikulum sebagai seperangkat rencana mencakup tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Pembelajaran dilakukan sebagai upaya untuk mencapai kompetensi yang dirumuskan dalam kurikulum. Sementara itu, penilaian erat kaitannya dengan informasi seputar peserta didik dan pembelajarannya. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Dalam melaksanakan penilaian, pendidik dan satuan pendidikan harus mengacu pada Standar Penilaian Pendidikan.

 

Mengelola pembelajaran dan penilaian dengan bermutu adalah tugas pendidik dan satuan pendidikan. Dengan melakukan pembelajaran dan penilaian, pendidik akan mampu menjalankan fungsi sumatif penilaian yakni mengukur dan menilai tingkat pencapaian kompetensi peserta didik serta mendeskripsikan capaian hasil pembelajaran peserta didik, dan fungsi formatif yakni mendiagnostik kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran, memberi petunjuk bagi pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan mutu pembelajaran, mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran, sehingga dapat dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan, dan perbaikan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penilaian sebagai fungsi sumatif saat ini dikenal dengan istilah penilaian atas pembelajaran (assessment of learning) sedangkan penilaian sebagai fungsi formatif saat ini lebih dikenal sebagai penilaian sebagai pembelajaran ( assessment as learning) dan penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning).

 

Sebagaimana diketahui bahwa Penilaian akhir semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester ganjil. Cakupan PAS meliputi seluruh KD pada semester ganjil. Penilaian akhir tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap. Cakupan PAT meliputi seluruh KD pada semester genap. Sedangakan Penilaian tengah semester (PTS) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran selama 8-9 minggu. Cakupan penilaian tengah semester meliput seluruh KD pada periode tersebut.

 

Berdasarkan fungsinya, penilaian sering dibedakan dalam dua kelompok yaitu penilaian formatif dan sumatif. Penilaian formatif berfungsi untuk memberi umpan balik terhadap kemajuan belajar peserta didik, memperbaiki proses pengajaran atau pembelajaran dalam rangka meningkatkan pemahaman atau prestasi belajar peserta didik. Penilaian sumatif berungsi untuk menilai pencapaian siswa pada suatu periode waktu tertentu. Pada perkembangan terakhir penilaian dibedakan dalam tiga kelompok, yaitu assessment of learning, assessment for learning, dan assessment as learning. Assessment of learning adalah penilaian terhadap apa yang telah dicapai peserta didik; assessment for learning adalah penilaian untuk mengidentifikasi kesulitan yang mungkin dihadapi peserta dan menemukan cara atau strategi untuk membantu peserta didik sehingga lebih mudah memahami dan membuat pembelajaran menjadi efektif. Assessment of learning pada dasarnya adalah penilaian sumatif dan assessment for learning dan assessment as learning adalah penilaian formatif. Assessment as learning, merupakan penilaian yang menekankan pada keterlibatan peserta didik untuk secara aktif berpikir mengenai proses belajar dan hasil belajarnya sehingga berkembang menjadi pembelajar yang mandiri (independent learner). Konsep penilaian tersebut muncul berdasarkan ide bahwa belajar tidak hanya transfer pengetahuan dari seorang yang lebih mengetahui terhadap yang belum mengetahui, tetapi lebih merupakan proses pengolahan kognitif yang aktif yang terjadi ketika seseorang berinteraksi dengan ide-ide baru.

 

Sejalan dengan perbedaan fungsi penilaian, metode yang digunakan juga berbeda. Sebagai contoh, pada assessment for learning metode yang digunakan hendaknya yang dapat menunjukkan secara jelas pemahaman atau penguasaan dan kelemahan peserta didik terhadap suatu materi. Karena penilaian formatif menyatu pada proses pembelajaran dan fokus pada umpan balik bagi pembelajaran. Untuk ini dapat digunakan berbagai metode sehingga memberi informasi yang komprehensif dan objektif seperti bertanya, percakapan, dan tugas-tugas. Sementara untuk penilaian sumatif, sesuai tujuannya, penilaian dilakukan pada waktu tertentu misalnya tengah semester, akhir semester, kenaikan kelas, dan akhir suatu jenjang pendidikan. Metode atau instrumen yang dapat digunakan ujian atau tes. Selama ini assessment of learning paling dominan dilakukan oleh pendidik dibandingkan assessment for learning dan assessment as learning. Diharapkan, saat ini pendidik lebih mengutamakan assessment as learning dan assessment for learning dibandingkan assessment of learning.

 

Bagi yang membutuhkan berikut link download Latihan Soal PAS Kelas 7 SMP Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024-2025 untuk semua mata pelajaran.


Link download Latihan Soal PAS PSAS Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Latihan Soal PAS PSAS Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Latihan Soal PAS _PSAS Informatika Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Latihan Soal PAS PSAS IPA Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Latihan Soal PAS PSAS IPS Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Latihan Soal PAS PSAS Matematika Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Latihan Soal PAS PSAS PAI BP Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025 


Link download Latihan Soal PAS PSAS Pendidikan Seni Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Latihan Soal PAS PSAS Pendidikan Pancasila Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Latihan Soal ASAS PJOK - Penjaskes Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Latihan Soal ASAS Prakarya Kelas 7 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025 


Demikian informasi tentang Latihan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas 7 SMP MTs Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024-2025 untuk semua mata pelajaran. Semoga artikel ini bermanfaat untuk membantu persiapan para siswa SMP dan MTS.



= Baca Juga =



Post a Comment

Previous Post Next Post