Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang SMA Tahun 2024

Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) SMA SMK Tahun 2024-2025 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013


Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang SMA SMK Tahun 2024. Asesmen merupakan suatu proses atau kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk mengumpulkan informasi tentang proses dan hasil belajar peserta didik dalam rangka membuat keputusan-keputusan berdasarkan kriteria dan pertimbanagan tertentu.

 

Dalam kegiatan pembelajaran, seorang guru harus menguasai beberapa pengetahuan terkait dengan asesmen pendidikan, diantaranya (1) Mampu memilih prosedur-prosedur asesmen yang tepat untuk membuat keputusan pembelajaran, (2) Mampu mengembangkan prosedur asesmen yang tepat untuk membuat keputusan pembelajaran, (3) Mampu dalam melaksanakan, melakukan penskoran, serta menafsirkan hasil asesmen yang telah dibuat, (4) Mampu menggunakan hasil-hasil asesmen untuk membuat keputusan-keputusan di bidang pendidikan, (5) Mampu mengembangkan prosedur asesmen yang valid dan menggunakan informasi asesmen, dan (6) Mampu dalam mengkomunikasikan hasilhasil asesmen.

 

Ada juga yang mengartikan asesmen sebagai suatu proses dalam mengumpulkan informasi dan membuat keputusan berdasarkan informasi tersebut. Dalam proses mengumpulkan informasi, tentunya tidak semua informasi bisa digunakan untuk membuat sebuah keputusan. Informasi-informasi yang relevan dengan apa yang dinilai akan mempermudah dalam melakukan sebuah asesmen dalam kegiatan pembelajaran.

 

Definisi dari asesmen juga disampaikan oleh Ralph Tyler yang mengungkapkan bahwa asesmen merupakan sebuah proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dalam hal apa, dan bagaimana tujuan pendidikan sudah tercapai. Menurut Griffin dan Nix, asesmen adalah suatu pernyataan berdasarkan sejumlah fakta untuk menjelaskan tentang karakteristik seseorang atau sesuatu. Haryati berpendapat lain, ia mengungkapkan bahwa asesmen (assessment) merupakan istilah yang mencakup semua metode yang biasa dipakai untuk mengetahui keberhasilan belajar siswa dengan cara menilai unjuk kerja individu peserta didik atau kelompok. A

 

Dalam dunia pendidikan, Gronlund dan Linn mendefinisikan tentang sebuah asesmen sebagai suatu proses yang sistematis dan mencakup kegiatan mengumpulkan, menganalisis, serta menginterpretasikan informasi untuk menentukan seberapa jauh seorang siswa atau sekelompok siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, baik aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan.

 

Berdasarkan beberapa pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa asesmen adalah suatu proses pengumpulan informasi secara menyeluruh yang dilakukan secara terus menerus untuk mengetahui kemampuan atau keberhasilan siswa dalam pembelajaran dengan menilai kinerja siswa baik kinerja secara individu maupun dalam kegiatan kelompok. asesmen itu harus mendapatkan perhatian yang lebih dari seorang guru. Dengan demikian, asesmen tersebut harus dilaksanakan dengan baik, karena asesmen merupakan komponen vital (utama) dari pengembangan diri yang sehat, baik bagi individu (siswa) maupun bagi organisasi/kelompok.

 

Asesmen merupakan bagian terpenting dalam kegiatan pembelajaran, sehingga perlu diperhatikan pula tentang hal-hal yang terkait dengan asesmen dalam pembelajaran tersebut. Sudjana menyatakan bahwa komponen-komponen penting dalam sebuah pengajaran itu ada empat. Keempat komponen tersebut, diantaranya: tujuan, bahan, metode, dan alat. Semua komponen tersebut harus dipenuhi dalam proses belajar mengajar, karena setiap komponen saling berkaitan dan saling berpengaruh satu sama lain.

 

Sebelum Kemu membaca Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) SMA SMK Tahun 2024-2025 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 mari ketahui apa tujuan dan fungsi asesmen. Asesmen merupakan salah satu elemen yang penting dalam pembelajaran, dimana merupakan komponen yang tidak kalah pentingnya dengan model atau metode pembelajaran. asesmen digunakan untuk mengetahui kemampuan serta keberhasilan siswa, dalam pencapaian tujuan-tujuan pembelajaran.

 

Dengan demikian tujuan asesmen hendaknya diarahkan pada empat hal berikut: (1) Penelusuran (keeping track), yaitu untuk menelusuri agar proses pembelajaran tetap sesuai dengan rencana, (2) Pengecekan (cheking-up), yaitu untuk mengecek adakah kelemahan-kelemahan yang dialami oleh siswa selama proses pembelajaran, (3) Pencarian (findingout), yaitu mencari dan menemukan hal-hal yang menyebabkan terjadinya kelemahan dan kesalahan dalam proses pembelajaran, dan (4) Penyimpulan (summing-up), yaitu untuk menyimpulkan apakah siswa telah meguasai seluruh kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum atau belum

 

Arifin menjelaskan bahwa fungsi evaluasi hasil belajar secara menyeluruh adalah (a) Secara psikologis, dapat membantu peserta didik untuk menentukan sikap dan tingkah lakunya. Dengan mengetahui prestasi belajarnya, maka peserta didik akan mendapatkan kepuasan dan ketenangan. (b) Secara sosiologis, untuk mengetahui apakah peserta didik sudah cukup mampu terjun ke masyarakat. Implikasinya adalah bahwa kurikulum dan pembelajaran harus sesuai dengan kebutuhan. (c) Secara didaktis-metodis, untuk membantu guru dalam menempatkan peserta didik pada kelompok tertentu sesuai dengan kemampuan dan kecakapannya masing – masing. (d) Secara administratif, untuk memberikan laporan tentang kemajuan peserta didik kepada orang tua, pemerintah, sekolah, dan peserta didik itu sendiri.

 

Secara lebih rinci, Purwanto mengelompokkan fungsi asesmen dalam kegiatan evaluasi pendidikan dan pengajaran, yakni: (1) Untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan serta keberhasilan siswa setelah mengalami atau melakukan kegiatan belajar selama jangka waktu tertentu. (2) Untuk mengetahui tingkat keberhasilan program pengajaran. Pengajaran sebagai suatu sistem terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan satu sama lain. Komponen-kompenen yang dimaksud adalah: tujuan, materi atau bahan pengajaran, metode dan kegiatan belajar mengajar, alat dan sumber pelajaran, dan prosedur serta alat evaluasi. (3) Untuk keperluan Bimbingan Konseling (BK). Hasil-hasil asesmen dalam kegiatan evaluasi yang telah dilaksanakan oleh guru terhadap siswanya dapat dijadikan sumber informasi atau data bagi pelayanan BK oleh para konselor sekolah atau guru pembimbing lainnya, seperti halnya: (a) Untuk membuat diagnosis mengenai kelemahan-kelemahan dan kekuatan atau kemampuan siswa. (b) Untuk mengetahui dalam hal-hal apa seseorang atau sekelompok siswa memerlukan pelayanan remedial. (c) Sebagai dasar dalam menangani kasus-kasus tertentu diantara siswa. (d) Sebagai acuan dalam melayani kebutuhan-kebutuhan siswa dalam rangka bimbingan karir. (4) Untuk keperluan pengembangan dan perbaikan kurikulum sekolah yang bersangkutan

 

Berikut ini Kumpulan Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) SMA SMK Tahun 2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013


A. Kumpulan Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  SMA Progam IPA Tahun 2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Pembahasan (PDF)

Berikut ini Latihan
 Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  SMA Progam IPA Tahun 2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 dan Pembahasan (PDF)
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)   Bahasa Indonesia SMA Tahun 2023/2024 untuk Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa (DISINI) 
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)   Bahasa Indonesia SMA Tahun 2023/2024 Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa (BACA DISINI)
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)   Bahasa Inggris SMA Tahun 2023/2024 untuk Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa (DISINI
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)   Bahasa Inggris SMA Tahun 2023/2024 Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa (BACA DISINI)
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)   Matematika SMA Tahun 2023/2024 untuk Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa (DISINI
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)   Matematika SMA Tahun 2023/2024 Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa ( DISINI)
          Download Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran PPKN Program IPA Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
          Download Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Indonesia Podi Program IPA Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
          Download Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Inggris Prodi Program IPA Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
          Download  Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Matematika SMA Program IPA Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Matematika Peminatan Prodi Program IPA Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Biologi SMA Program IPA Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Fisika SMA Program IPA Tahun 2018 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Kimia Program IPA Tahun 2018 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Ekonomi Lintas Minat Program IPA Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Geografi Lintas Minat Program IPA Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Satra Indonesia Lintas Minat Program IPA Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)

Berikut ini Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  SMA Progam IPA Tahun 2024 Kurikulum 2006 (KTSP) dan Pembahasan (PDF)
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  Bahasa Indonesia SMA Tahun 2023/2024 untuk Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI) 
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  Bahasa Indonesia SMA Tahun 2023/2024 Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  Bahasa Inggris SMA Tahun 2023/2024 untuk SMA IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  Bahasa Inggris SMA Tahun 2023/2024 Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa ( DISINI)
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  Matematika SMA Tahun 2023/2024 untuk Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  Matematika SMA Prodi IPA, SMA IPS dan Bahasa Tahun 2023/2024 Versi 2 (BACA DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Indonesia Program IPA Kurikulum Merdeka - KTSP (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Inggris Program IPA Kurikulum Merdeka - KTSP (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Matematika Program IPA Kurikulum Merdeka - KTSP (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Biologi Program IPA Kurikulum Merdeka - KTSP (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Fisika Program IPA Kurikulum Merdeka - KTSP (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Kimia Program IPA  Kurikulum Merdeka - KTSP (DISINI)


B. Kumpulan Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  SMA Progam IPA Tahun 2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 dan KKurikulum Merdeka Pembahasan (PDF)

Kumpulan Naskah Soal Asli US USP SMA Program IPS Kurikulum 2013 (KTSP) format pdf
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA 2024 mata pelajaran Bahasa Indonesia Program Studi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI) 
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA 2024 mata pelajaran Bahasa Indonesia Program Studi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA 2024 mata pelajaran Bahasa Inggris Program Studi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA 2024 mata pelajaran Bahasa Inggris Program Studi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA 2024 mata pelajaran Matematika Program Studi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA 2024 mata pelajaran Matematika Program Studi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)
          Download Latihan Soal USBN PPKn SMA Program IPS Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
          Download Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMA Program IPS Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Matematika Program IPS Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Inggris Program IPKurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Ekonomi Program IPS Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Geografi Program IPS Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Sosiologi Program IPS Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Fisika Lintas Minat Program IPS Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Kimia Lintas Minat Program IPS Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 (DISINI)

Kumpulan Naskah Soal Asli USBN SMA Program IPS Kurikulum Merdeka (KTSP) format pdf
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  Bahasa Indonesia SMA Tahun 2023/2024 untuk SMA IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI) 
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  Bahasa Indonesia SMA Tahun 2023/2024 Versi 2 (BACA DISINI)
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  Bahasa Inggris SMA Tahun 2023/2024 untuk SMA IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  Bahasa Inggris SMA Tahun 2023/2024 Versi 2 (BACA DISINI)
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  Matematika SMA Tahun 2023/2024 untuk SMA IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  Matematika SMA Tahun 2010/2023 Versi 2 (BACA DISINI)
          Download Latihan Soal USBN Bahasa Indonesia SMA Program IPS Tahun 2023/2024 Kurikulum Merdeka (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Matematika Program IPS Kurikulum Merdeka (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Inggris Program IPS Kurikulum Merdeka (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Sosiologi Program IPS Kurikulum Merdeka (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Sejarah Program IPS Kurikulum Merdeka (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Ekonomi Program IPS Kurikulum Merdeka (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 Geografi  Program IPS Kurikulum Merdeka (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 PPKN Prodi IPS Kurikulum Merdeka (DISINI)
          Download Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 PAI  Prodi IPS Kurikulum Merdeka  (DISINI)


C. Kumpulan Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  SMA Progam Bahasa Tahun 2024 (Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013) dan Pembahasan (PDF)

Berikut Ini Soal Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 untuk Jurusan Atau Program Studi Bahasa 
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran  Bahasa Indonesia Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI) 
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Indonesia Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Inggris SMA Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Bahasa Inggris SMA Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Matematika Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (DISINI
          Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ) SMA Tahun 2024 mata pelajaran Matematika Prodi IPA, SMA IPS dan SMA Bahasa (BACA DISINI)
          Soal dan kunci jawaban Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  SMA Tahun 2024 Mata Pelajaran MATEMATIKA Prodi Bahasa (Disini)
          Soal dan kunci jawaban Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  SMA Tahun 2024 Mata Pelajaran BAHASA INDONESIA Prodi Bahasa (Disini)
          Soal dan kunci jawaban Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  SMA Tahun 2024 Mata Pelajaran ANTROPOLOGI Prodi Bahasa (Disini)
          Soal dan kunci jawaban Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  SMA Tahun 2024 Mata Pelajaran BAHASA ARAB Prodi Bahasa (Disini)
          Soal dan kunci jawaban Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  SMA Tahun 2024 Mata Pelajaran BAHASA INGGRIS Prodi Bahasa (Disini)
          Soal dan kunci jawaban Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  SMA Tahun 2024 Mata Pelajaran BAHASA JEPANG Prodi Bahasa (Disini)
          Soal dan kunci jawaban Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  SMA Tahun 2024 Mata Pelajaran BAHASA JERMAN Prodi Bahasa (Disini)
          Soal dan kunci jawaban Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  SMA Tahun 2024 Mata Pelajaran BAHASA MANDARIN Prodi Bahasa (Disini)
          Soal dan kunci jawaban Latihan ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)  SMA Tahun 2024 Mata Pelajaran BAHASA PRANCIS Prodi Bahasa (Disini)

Demikian informasi tentang Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) SMA SMK Tahun 2024 Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Semoga ada manfaatnya.

 


= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post


































Free site counter