Daftar Tabel Gaji Pokok Guru PPPK Tahun 2024

Daftar Tabel Gaji Pokok Guru PPPK Tahun 2024 - 2025 Berdasarkan Golongan dan Masa Kerja Golongan


Daftar Tabel Gaji Pokok Guru PPPK Tahun 2024 - 2025 Berdasarkan Golongan dan Masa Kerja Golongan telah ditetapkan melalui Peraturan Presiden Republik Indonesta Perpres Nomor 11 Tahun 2024 Tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020 Tentang Gaji Dan Tunjangan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja.

 

Sebagaimana diketahui golongan PNS terbagi menjadi 4, Namun golongan PPPK terdiri dari 17 golongan. Pembagian golongan I-XVII menggunakan pendekatan jenjang pendidikan dengan rincian yakni SD: golongan I; SMP sederajat: golongan IV; SLTA/Diploma I sederajat: golongan V; Diploma II: golongan VI; Diploma III: golongan VII; Sarjana/Diploma IV: golongan IX; Pascasarjana S2 dan Pendidikan Profesi: golongan X; sedangan Pascasarjana S3: golongan XI.

 

Adapun guru PPPK pada umumnya adalah golongan IX karena persyaran untuk menjadi guru adalah berpendidikan Sarjana/Diploma IV. Namun ada juga guru yang diangkat dengan peryaratan harus sudah memiliki Pendidikan Profesi. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2023 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Untuk Jabatan Fungsional, guru PPPK yang diangkat dengan perysaratan telah memiliki Pendidikan Profesi dalam penggajian masuk golongan X.

 

Lalu apa tugas utama guru PPPK ? sama halnya dengan guru PNS, tugas guru PPPK adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah serta tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah. Beban kerja Guru untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, dan/atau melatih paling sedikit 24 (dua puluh empat) jam tatap muka dan paling banyak 40 (empat puluh) jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu. Beban kerja Guru PPPK sebagai guru bimbingan dan konselinglkonselor adalah mengampu bimbingan dan konseling paling sedikit 150 (seratus lima puluh) peserta didik dalam 1 (satu) tahun.

 

Kewajiban Guru PPPK dalam melaksanakan tugas adalah: a) merencanakan pembelajaran/bimbingan, melaksanakan pembelajaran/ bimbingan yang bermutu, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran/ bimbingan, serta melaksanakan pembelajaranlperbaikan dan pengayaan; b) meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni; c) bertindak obyektif dan tidak diskriminatif atas pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, dan kondisi fisik tertentu, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi peserta didik dalam pembelajaran; d) menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan, hukum, dan kode etik Guru, serta nilai agama dan etika; dan e) memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.

 

Guru PPPK bertanggungjawab menyelesaikan tugas utama dan kewajiban sebagai pendidik sesuai dengan yang dibebankan kepadanya. Guru PPPK berwenang memilih dan menentukan materi, strategi, metode, media pernbelajaran/bimbingan dan alat penilaian/evaluasi dalam melaksanakan proses pembelajaran/bimbingan untuk mencapai hasil pendidikan yang bermutu sesuai dengan kode etik profesi Guru.

                                                                                                    

Berapa Besaran Gaji Pokok Guru PPPK Tahun 2024 – 2025 pasca kenaikan gaji yang sudah diumumkan oleh pemerintah dapat dilihat pada lampiran Peraturan Presiden Republik Indonesta Perpres Nomor 11 Tahun 2024, yakni berkisar Rp,.3.203.600 untuk gaji pokok golongan IX terendah dengan masa kerja 0 Tahun, dan mencapai Rp. 5.261.000 untuk gaji golongan IX dengan masa kerja 32 tahun. Sedangan untuk golongan X gaji pokok terendah dengan masa kerja 0 adalah sebesar Rp. 3.339.100,- sedangkan tertingginya dengan masa kerja 32 adalah 5.484.000,-

 

Adapun Besaran gaji yang diterima guru PPPK tahun 2024 – 2025 tentu lebih besar dari gaji pokok karena ada tambahan tunjangan sertifikasi, tunjangan keluarga, tunjangan kinerja dan lainnya. Bahkan dibeberapa daerah ada yang memberikan tunjangan kinerja hampir sama bahkan lebih besar dari gaji pokok. Sedangkan besaran tunjangan sertifikasi adalah sama yakni sebesar 1 kali gaji pokok.

 

Untuk mengetahui detait Daftar Tabel Gaji Pokok Guru PPPK Tahun 2024 - 2025 Berdasarkan Golongan dan Masa Kerja silahkan download dan dan baca pada lampiran Peraturan Presiden Republik Indonesta Perpres Nomor 11 Tahun 2024 Tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020 Tentang Gaji Dan Tunjangan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja. Link download Perpres Nomor 11 Tahun 2024 (disini)

 

Demikian informasi tentang Daftar Tabel Gaji Pokok Guru PPPK Tahun 2024 - 2025 Berdasarkan Golongan dan Masa Kerja. Semoga ada manfaatnya.

 



= Baca Juga =


*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post