Jenis Kompetensi Kepala Sekolah, Indikator dan Level Kompetensi Kepala Sekolah

Tiga (3) Jenis Kompetensi Kepala Sekolah, Indikator dan 5 (Lima) Level Kompetensi Kepala Sekolah


Apa saja atau sebutkan Tiga (3) Jenis Kompetensi Teknis Kepala Sekolah, Indikator Kompetensi Teknis Kepala Sekolah dan Level Kompetensi Teknis Kepala Sekolah ? Berdasarkan Perdirjen GTK Kemendikbudristek Nomor 7327/B.B1/HK.03.01/2023 Tentang Model Kompetensi Kepala Sekolah, ada tiga (3) Kompetensi Teknis Kepala Sekolah yaitu: Kompetensi kepribadian, Kompetensi sosial dan Kompetensi profesional.

 

Apa yang dimaksud Kompetensi kepribadian kepala sekolah, Kompetensi social kepala sekolah dan Kompetensi profesional kepala sekolah ? Pengertian Kompetensi kepribadian kepala sekolah adalah kemampuan Kepala Sekolah dalam menunjukkan kualitas diri melalui kematangan moral, emosi, dan spiritual untuk berperilaku sesuai dengan kode etik, pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi, dan memiliki orientasi berpusat pada peserta didik.

 

Adapun indicator kompetensi kepribadian kepala sekolah adalah: 1) kematangan moral, emosi, dan spiritual dalam berperilaku sesuai dengan kode etik; 2) pengembangan diri melalui kebiasaan refleksi; dan 3) orientasi berpusat pada peserta didik.

 

Pengertian kompetensi sosial kepala sekolah adalah kemampuan Kepala Sekolah untuk memberdayakan warga satuan pendidikan, berkolaborasi dengan warga satuan pendidikan dan masyarakat, serta terlibat dalam organisasi profesi dan jejaring yang lebih luas untuk peningkatan kualitas satuan pendidikan.

 

Adapun Indikatir kompetensi sosial kepala sekolah adalah 1) pemberdayaan warga satuan pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran; 2) kolaborasi untuk peningkatan kualitas satuan pendidikan; dan 3) keterlibatan dalam organisasi profesi dan jejaring yang lebih luas untuk peningkatan kualitas satuan pendidikan.

 

Pengertian Kompetensi profesional kepala sekolah adalah kemampuan Kepala Sekolah untuk mengembangkan visi dan budaya belajar satuan pendidikan, menerapkan kepemimpinan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, serta mengelola sumber daya secara efektif, transparan, dan akuntabel.

 

Adapun indikator kompetensi profesional keala sekolah adalah: a) pengembangan visi dan budaya belajar satuan pendidikan; b) kepemimpinan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik; dan c) pengelolaan sumber daya satuan pendidikan secara efektif, transparan, dan akuntabel.

 

Apa dan bagaimana level kompetensi kepala sekolah ? Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi atau Perdirjen GTK Kemendikbudristek Nomor 7327 Tahun 2023 Tentang Model Kompetensi Kepala Sekolah, terdapat 5 (lima) level kompetensi yakni terdiri atas: a) level 1 paham; b) level 2 dasar; c) level 3 menengah; d) level 4 mumpuni; dan e) level 5 mpetensi ahli. Secara lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

a) level 1 merupakan tingkat penguasaan kompetensi paham;

b) level 2 merupakan tingkat penguasaan kompetensi dasar;

c) level 3 merupakan tingkat penguasaan kompetensi menengah;

d) level 4 merupakan tingkat penguasaan kompetensi mumpuni; dan

e) level 5 merupakan tingkat penguasaan kompetensi ahli.

 

Sebagaimana diketahui Kemendikbud telah menetapkan Jenis Kompetensi Kepala Sekolah, Indikator Kompetensi Teknis Kepala Sekolah dan Level Kompetensi Kepala Sekolah dengan menerbitkan Perdirjen GTK Kemendikbudristek Nomor 7327/B.B1/HK.03.01/2023 Tentang Model Kompetensi Kepala Sekolah. Adapun yang dimaksud Model Kompetensi Kepala Sekolah adalah deskripsi pengetahuan, keterampilan, dan perilaku dari Kompetensi Teknis yang diperlukan dalam menjalankan tugas sebagai Kepala Sekolah. Sedangkan Kompetensi Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dike mbangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.

 

Perdirjen GTK Kemendikbudristek Nomor 7327 Tahun 2023 Tentang Model Kompetensi Kepala Sekolah ini merupakan acuan atau pedoman untuk: 1) pengembangan instrumen pemetaan kompetensi Kepala Sekolah; 2) pengembangan instrumen untuk penilaian kinerja Kepala Sekolah; 3) pengembangan materi dan instrumen untuk pengembangan kompetensi berkelanjutan bagi Kepala Sekolah; 4) kegiatan lain yang berkaitan dengan pengembangan kompetensi Kepala Sekolah.

 

 

Model Kompetensi Kepala Sekolah disusun memuat kompetensi, definisi kompetensi, level kompetensi, deskripsi level; dan indikator kompetensi. Model Kompetensi Kepala Sekolah ini harus digunakan oleh bahwa Kepala dalam melakukan refleksi kompetensi secara mandiri

 

Bagi Anda yang ingn memiliki salinan Peraturan Direktur Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi (Perdirjen GTK Kemdikbud ristek) Nomor 7327/B.B1/HK.03.01/2023 Tentang Model Kompetensi Kepala Sekolah, silahkan download Perdirjen GTK Nomor 7327/B.B1/HK.03.01/2023 disini)

 

Demikian informasdi tentang 3 (Tiga) Jenis Kompetensi Teknis Kepala Sekolah, Indikator Kompetensi Teknis Kepala Sekolah dan Level Kompetensi Teknis Kepala Sekolah. Semoga ada manfaatnya



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post