Buku Panduan P5 Edisi Revisi Tahun 2024

Buku Panduan P5 Edisi Revisi Tahun 2024


Buku Panduan P5 Edisi Revisi Tahun 2024 atau Buku Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Edisi Revisi 2024 ini disusun dalam rangka memberikan inspirasi dalam merancang dan melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

 

Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan pembelajaran kolaboratif lintas disiplin ilmu dalam mengamati, mengeksplorasi, dan/atau merumuskan solusi terhadap isu atau permasalahan nyata yang relevan bagi Peserta Didik. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaannya.

 

Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler.

 

Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

 

Buku Panduan P5 Edisi Revisi 2024 ini memuat penyiapan ekosistem sekolah, desain projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengelolaan projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengolahan asesmen dan melaporkan hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila, serta evaluasi dan tindak lanjut projek penguatan profil pelajar Pancasila.

 

Buku Panduan P5 Edisi Revisi 2024 ini memuat prinsip-prinsip pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan dibuat untuk mendampingi dokumen lain yang mempunyai peran saling melengkapi. Untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh, panduan ini perlu dipakai bersamaan dengan dokumen profil pelajar Pancasila dan contoh modul projek penguatan profil pelajar Pancasila.

 

Dokumen profil pelajar Pancasila berisi matriks perkembangan untuk setiap sub elemen seluruh jenjang. Sementara modul projek penguatan profil pelajar Pancasila berisi contoh perencanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila yang disusun sesuai dengan tema dan fase tertentu.

 

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini akan terus disempurnakan berdasarkan evaluasi secara menyeluruh. Oleh karenanya, edisi revisi tahun 2024 ini diterbitkan dalam rangka mendukung perumusan kebijakan kurikulum untuk pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah mulai tahun ajaran 2024/2025 dan berdasarkan hasil umpan balik dari beragam pemangku kepentingan, terutama dari para guru yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka.

 

Disampiakan dalam buku panduan ini, bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memiliki kompetensi yang melengkapi pencapaian Standar Kompetensi Lulusan dalam hal penanaman karakter nilai-nilai Pancasila. Tujuan ini juga selaras dengan nilai yang dibangun dalam pendidikan Kepramukaan.

Kompetensi profil pelajar Pancasila memperhatikan faktor internal yang berkaitan dengan jati diri, ideologi, dan cita-cita bangsa Indonesia, serta faktor eksternal yang berkaitan dengan konteks kehidupan dan tantangan bangsa Indonesia di Abad ke-21 yang sedang menghadapi masa revolusi industri 4.0.

 

Diharapkan Pelajar Indonesia memiliki kompetensi untuk menjadi warga negara yang demokratis serta menjadi manusia unggul dan produktif di Abad ke-21. Oleh karena itu, pelajar Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkelanjutan serta tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan.

 

Profil pelajar Pancasila memiliki beragam kompetensi yang dirumuskan menjadi enam dimensi. Keenamnya saling berkaitan dan menguatkan sehingga upaya mewujudkan profil pelajar Pancasila yang utuh membutuhkan berkembangnya seluruh dimensi tersebut secara bersamaan.

 

Keenam dimensi tersebut adalah: Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; Berkebinekaan global; Bergotong-royong; Mandiri; Bernalar kritis; dan Kreatif. Dimensi-dimensi tersebut menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia.

 

Berdasarkan Buku Panduan P5 Edisi Revisi 2024, Alur Perencanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah 1) Membentuk tim pelaksana projek penguatan profil pelajar Pancasila; 2) Mengidentifikasi tahapan kesiapan satuan pendidikan; 3) Menentukan dimensi, tema, dan alokasi waktu; 4) Menyusun Modul; dan 5) Merancang strategi pelaporan.

 

Hal baru yang banyak dibahas dalam buku panduan ini adalah terkait dengan teknis asesmen dalam pelaksanaan P5. Asesmen sumatif bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik menunjukkan kemampuannya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Asesmen sumatif dilakukan secara formal. Kekhasan utama asesmen sumatif projek penguatan profil pelajar Pancasila adalah dilakukan melalui asesmen autentik atau asesmen kinerja.

 

Untuk menyelesaikan asesmen kinerja, peserta didik perlu memiliki waktu yang cukup sehingga memerlukan beberapa kali pertemuan menjelang akhir pembelajaran. Satuan pendidikan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan kemampuannya dalam berbagai cara, misalnya dalam bentuk melakukan aksi atau mengekspresikan/menuangkan pemikiran dalam bentuk karya

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Buku Panduan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Edisi Revisi 2024

 

Link download Buku Panduan P5 Edisi Revisi Tahun 2024

 

Dapatkan pula Kumpulan Modul Ajar berdasarkan Kurikulum Merdeka untuk SD SMP SMA SMK (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Buku Panduan Projek Penguatan ProfilPelajar Pancasila Edisi Revisi 2024. Semoga ada manfaatnya

 



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post


































Free site counter