Contoh KSP SD Tahun Pelajaran 2024/2025 Kurikulum Merdeka

Contoh KOSP KSP SD Tahun Pelajaran 2024/2025 Kurikulum Merdeka untuk persyaratan akreditasi sekolah madrasah
Contoh KOSP KSP SD Tahun Pelajaran 2024/2025 Kurikulum Merdeka untuk persyaratan akreditasi sekolah madrasah

 

Contoh KOSP KSP SD Tahun Pelajaran 2024/2025 Kurikulum Merdeka untuk persyaratan akreditasi sekolah madrasahKurikulum Satuan Pendidikan (KSP) adalah kurikulum yang diterapkan di Indonesia berdasarkan kebijakan otonomi pendidikan, di mana setiap satuan pendidikan atau sekolah diberikan kewenangan untuk mengembangkan kurikulumnya sendiri. KOPS KSP diperkenalkan sebagai pengganti Kurikulum 2013 dan bertujuan untuk memberikan fleksibilitas kepada sekolah dalam menyusun kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi peserta didik di masing-masing sekolah.


Berikut ini contoh Pengantar dari KOSP KSP SD Tahun Pelajaran 2024/2025 Kurikulum Merdeka. Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya, sehingga tersusun kurikulum SD  Tahun Ajaran 2024/2025. Pada tahun ajaran ini, kurikulum telah dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan mengacu pada kebutuhan perkembangan potensi, bakat, dan minat peserta didik.

 

Kurikulum SD. ini mengacu pada kurikulum merdeka untuk kelas I, II, III, IV, V dan VI. Kurikulum merdeka adalah kurikulum yang berpusat pada peserta didik, pembelajaran yang aman nyaman dan menyenangkan, pembelajaran yang mengoptimalkan potensi peserta didik dan pembelajaran yang bermakna, sehingga pada pelaksanaannya mempertimbangkan potensi, bakat, dan minatpeserta didik.

 

Selanjutnya kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyusunan kurikulum ini. Kami menyadari bahwa kurikulum ini masih banyak kekurangan. Untuk itu kritik dan saran kami harapkan demi kesempurnaan kurikulum SD. Apabila terdapat kekeliruan atau kesalahan dalam penulisan, akan dibetulkan sebagaimana mestinya.

 

Contoh bagian pendahuluan KOSP KSP SD Tahun Pelajaran 2024/2025 Kurikulum Merdeka untuk persyaratan akreditasi sekolah madrasah. Karakteristik SD berdasarkan analisis konteks pada tahun ajaran 2024/2025 dideskripsikan untuk memberikan gambaran secara umum tentang kondisi riil sekolah saat ini, yang meliputi: satuan pendidikan, peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, sosial budaya, sarana prasarana, dan kemitraan.

 

SD ini merupakan sekolah dasar yang berdiri sejak tahun 2020 Sekolah menempati lokasi yang strategis, karena berada di pusat kota kecamatan  juga terletak dekat dengan sarana vital pemerintahan dan fasilitas umum yaitu Kantor Kelurahan. Sekolah terletak di daerah dengan keragaman kondisi sosial dan budaya masyarakat. Lokasi sekolah di pusat kota ini menyebabkan beragamnya latar belakang dari peserta didik dan orang tua. Hal ini berpengaruh terhadap proses pembelajaran serta adaptasi lingkungan dan sosial budaya bagi peserta didik.

 

Jumlah peserta didik tahun ajaran 2024/2025 memenuhi kuota yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kota yaitu sebanyak 300 orang, terdiri dari 140 orang laki-laki dan 180 orang perempuan. Jumlah peserta didik laki-laki dan perempuan yang hampir seimbang memungkinkan dalam pembagian kelas heterogen. Jumlah peserta didik yang besar berdampak pada besarnya dukungan dari berbagai pihak, diantaranya orang tua/wali murid, Dinas Pendidikan, Pemerintah Daerah, dan instansi lain.

 

Peserta didik SD ini berasal dari berbagai desa maupun kelurahan terdekat. Hal ini disebabkan karena letak geografis sekolah yang berada di lingkungan perkantoran. Meskipun di lingkungan perkantoran yang agak jauh dari pemukiman penduduk, SD ini merupakan sekolah yang diminati oleh masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari data calon siswa baru kelas I yang mendaftar jauh melebihi kuota. Jumlah peserta didik yang banyak menjadi tantangan tersendiri bagi pendidik untuk mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik yang beragam. Selain itu, banyaknya mutasi masuk peserta didik pada pertengahan tahun ajaran juga menjadi pertimbangan dalam penyesuaian pembelajaran.

 

Peserta didik SD ini berasal dari latar belakang ekonomi yang beragam. Sebanyak 60% orang tua peserta didik berpenghasilan ≤ Rp. 3000.000 dikategorikan golongan ekonomi bawah, 35% orang tua peserta didik berpenghasilan antara Rp 3.100.000,-.–Rp. 9.000.000,- dikategorikan golongan ekonomi menengah, dan sisanya berpenghasilan ≥ Rp. 10.000.000,- dikategorikan sebagai golongan ekonomi atas. Hal ini menyebabkan perbedaan ketersediaan fasilitas belajar di rumah. Hal ini juga mempengaruhi pemilihan ekstrakurikuler dan pengembangan diri peserta didik. Sekolah lalu membuat perencanaan kegiatan dan pengambilan kebijakan pemenuhan sarana pembelajaran dengan mempertimbangkan ragam latar belakang sosial ekonomi peserta didik.

 

Berdasarkan hasil asesmen diagnostik dari lembaga profesional, terdapat .... peserta didik yang tergolong sebagai anak berkebutuhan khusus (....tunagrahita dan ....slow learner). Kondisi ini berpengaruh dalam pengelolaan pembelajaran dan pengembangan kompetensi pendidik. Hal ini juga menjadi pertimbangan sekolah untuk mendorong interaksi yang sehat dan budaya empati warga sekolah.

 

Pendidik dan tenaga kependidikan SD tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 32 orang, terdiri atas 1 orang kepala sekolah, 25 orang pendidik, dan 6 orang tenaga kependidikan.

 

Kepala sekolah berlatar pendidikan terakhir S3 Manajemen Pendidikan dengan status kepegawaian PNS. Semua pendidik memiliki latar Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Secara rinci latar pendidikan pendidik yaitu 8 pendidik dengan latar pendidikan terakhir S2 dan 17 pendidik dengan latar pendidikan terakhir S1 PGSD maupun Pendidikan Guru Agama.

 

Sebanyak 24 pendidik berstatus sebagai PNS dan sebagian besar menerima tunjangan profesi. Sedang 3 orang berstatus non PNS dan belum menerima tunjangan profesi. Status kepegawaian pendidik sangat berpengaruh terhadap pengambilan kebijakan dalam penentuan program sekolah. Hal ini berkaitan dengan pemenuhan jam kerja pendidik. Selain itu juga dalam perencanaan penganggaran/RKAS SD.

 

Tenaga kependidikan sebanyak 6 orang, yaitu 2 orang tenaga administrasi berlatar pendidikan S1, 1 orang pustakawan berlatar pendidikan S1 Perpustakaan, 1 orang Satpam berlatar pendidikan SMA, 1 orang tenaga kebersihan berlatar pendidikan SMA, dan 1 orang penjaga malam dengan latar pendidikan SMA..

 

Semua tenaga kependidikan status kepegawaiannya adalah non PNS. Latar pendidikan dan status kepegawaian tenaga kependidikan yang kami miliki berdampak terhadap perencanaan dan pelaksanaan program sekolah.

 

Hampir semua pendidik kompeten dalam pembelajaran dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Kompetensi pendidik dalam hal ini terkait dengan penguasaan berbagai strategi pembelajaran, model pembelajaran berbasis projek, pemanfaatan teknologi untuk produksi media video pembelajaran, dan pemanfaatan platform digital. Kompetensi ini mempengaruhi perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran baik intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, ekstrakurikuler, maupun kebijakan lainnya.

 

Sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan sebagai pembimbing ekstrakurikuler memiliki kompetensi yang dibutuhkan dan setiap bidang ekstrakurikuler.

 

Selengkapnya silahkan download dan baca Contoh KOSP KSP SD Tahun Ajaran 2024/2025 Kurikulum Merdeka untuk persyaratan akreditasi sekolah madrasah. Link download DISINI

 

Demikian informasi tentang Contoh KSP SD Tahun Pelajaran 2024/2025 Kurikulum Merdeka untuk persyaratan akreditasi sekolah madrasah. Semoga ada manfaatnya



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post


































Free site counter