Contoh Program Kerja MPLS Transisi PAUD SD Tahun 2024

Contoh Program Kerja MPLS Transisi PAUD SD Yang Menyenangkan Tahun 2024


Contoh Program Kerja MPLS Transisi PAUD SD Yang Menyenangkan Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2024/2025. Sebagaimana Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah periode awal dalam tahun ajaran baru di mana siswa, khususnya yang baru masuk ke jenjang pendidikan tertentu seperti dari PAUD ke SD.

 

MPLS pada umum bertujuan untuk membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah, memahami aturan dan budaya sekolah, serta mempersiapkan diri secara mental dan emosional untuk memulai proses belajar mengajar.

 

Kegiatan MPLS merupakan langkah penting untuk memastikan siswa baru merasa nyaman dan siap menghadapi tahun ajaran baru, sehingga mereka dapat memulai proses belajar dengan semangat dan motivasi yang tinggi.

 

Untuk jenjang SD, kegiatan MPLS harus menyesuaikan dengan program Transisi PAUD SD. Adapun yang dimaksud Transisi PAUD-SD (Pendidikan Anak Usia Dini ke Sekolah Dasar) merujuk pada proses perubahan dan penyesuaian yang dialami anak-anak ketika berpindah dari lingkungan PAUD ke SD. Transisi ini mencakup berbagai aspek perkembangan anak, baik dari sisi akademis, sosial, emosional, maupun fisik.

 

MPLS  transisi PAUD-SD sangat penting untuk memastikan anak-anak dapat memulai pendidikan dasar dengan baik dan merasa nyaman serta percaya diri di lingkungan sekolah yang baru.

 

Menurut Susilo Rahmat (2024), tujuan diadakannya  MPLS  dengan model transisi PAUD-SD adalah 1) Agar -anak dapat beradaptasi dengan kurikulum dan metode pembelajaran yang lebih terstruktur di SD dibandingkan dengan PAUD; 2) Agar anak dapat belajar berinteraksi dengan teman sebaya dan guru dalam lingkungan yang lebih formal. Mereka juga harus mengembangkan keterampilan emosional untuk mengatasi rasa cemas atau stres yang mungkin muncul selama transisi; 3) Agar anak-anak dapat beradaptasi terhadap lingkungan fisik yang baru, seperti ruang kelas, taman bermain, dan fasilitas lainnya di SD; 4) Anak anak dapat mengikuti aturan dan disiplin yang baru. Pada jenjang SD biasanya memiliki jadwal dan rutinitas yang lebih ketat dibandingkan dengan PAUD, sehingga anak-anak perlu belajar mengikuti aturan dan disiplin yang baru; 5) Sebagai saraba kolaborasi guru dan orang tua. Guru dan orang tua berperan penting dalam mendukung anak-anak selama transisi ini dengan memberikan bimbingan, motivasi, dan dukungan emosional.

 

Pada umum Program MPLS Transisi PAUD SD berisi kegiatan MPLS yang sesuai dengan nilai-nilai Transisi PAUD SD termasuk dalam pelaksanaan asesmen. Kegiatan MPLS Transisi PAUD SD dilakukan sebagai bentuk pengenalan lingkungan sekolah kepada para siswa baru agar mereka bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan beberapa aktivitas kegiatan belajar yang akan mereka lakukan nantinya. Adapun beberapa contoh ide kegiatan MPLS yang dapat Anda jadikan referensi di tahun ajaran baru kelak, yaitu meliputi:

a. Pengenalan Kegiatan Ekstra kulikuler di Sekolah

Salah satu kegiatan MPLS yang tidak bisa ketinggalan yaitu mengenalkan beragam ekstra kulikuler yang ada di sekolah. Sebagai bentuk pengenalan ekstra kulikuler, pihak sekolah biasanya akan melakukan acara pensi, misalnya seperti kegiatan pesta seni atau bisa pula dalam bentuk pameran.

Dengan adanya pengenalan ekstra kulikuler ini, diharapkan para siswa baru dapat mengenali minatnya dengan mudah dan mulai membuat beberapa rencana yang akan mereka lakukan di sekolah tersebut.

 

b. Bermain Game yang Bersifat Edukatif dan Menarik

Kegiatan MPLS akan terkesan membosankan jika hanya berisikan tentang materi saja. Oleh karena itu, pihak panitia penyelenggaran perlu menghadirkan beberapa permainan seru yang akan dilakukan para siswa baru. Permainan yang perlu dihadirkan yaitu berupa permainan yang edukatif, menarik dan juga menghibur.

 

c. Pengenalan Guru dan Staff Sekolah

Pada kesempatan ini, pihak panitia akan mengenalkan guru-guru yang mengajar di sekolah serta para straf yang bekerja di sekolah. Kegiatan ini harus dilakukan, karena dengan adanya pengenalan guru tersebut siswa bisa lebih mudah dalam  menjalani proses kegiatan belajar di kelas.

 

d. Pengenalan Visi, Misi, dan Sarana Prasarana di Sekolah

Selain mengenal guru dan staff yang bekerja di sekolah, para siswa baru juga perlu diperkenalkan dengan visi misi sekolah. Dengan begitu, siswa bisa lebih memahami tujuan dari kegiatan pembelajaran yang diadakan pihak sekolah.

 

e. Kegiatan Renungan dan MemberikanMotivasi pada Siswa Baru

Adapun contoh ide kegiatan MPLS lain yang dapat dilakukan yaitu mengadakan kegiatan renungan dan motivasi di akhir kegiatan MPLS. Untuk membuat kegiatan menjadi lebih seru dan menarik, panitia kegiatan bisa mengadakan lomba yel-yel. Setelah perlombaan tersebut selesai, kegiatan MPLS bisa ditutup dengan melakukan renungan, menyampaikan motivasi belajar, dan doa bersama.

 

Adapun asesmen kegiatan MPLS Transisi PAUD SD dilakukan dengan melakukan pengamatan atas perilaku anak terkait aspek kemampaun pondasi yang hasil dapat digunakan sebagai untuk melakukan pembinan baik oleh guru maupun dengan bantuan orang tua. Berikut ini aspek yang diamati dalam asesmen kegiatan MPLS Transisi PAUD SD

 

Aspek kemampuan

pondasi

Perilaku /kemampuan yang dinilai

Mengenal Nilai agama dan budi pekerti

Mengenal konsep agama dan ibadah sesuai agamanya; Mengenal interaksi dengan teman-teman sebayanya

Kematangan Emosi yang cukup untuk kegiatan di lingkungan belajar

Mampu menunggu; Bertahan focus dalam rentang waktu mengikuti pembelajaran sesuai usia mereka

Pemaknaan terhadap

belajar yang positif

Senang datang kesekolah, Mau mencoba kembali jika salah/gagal, Mewujudkan keingintahuan dengan mengajukan pertanyaan.

Keterampilan  sosial berbahasa yang memadai untuk berinteraksi secara sehat dengan teman

Dapat meminta tolong, mengucapkan maaf mengucapkan terima kasih, meminta ijin memakai barang teman

Pengembanan keterampilan motoric dan perawatan yang memadai dan berpartisipasi di lingkungan  sekolah secara mandiri.

Mampu mengelola barang barang milik pribadi di sekolah, Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Kematangan kognitif yang cukup melakukan kegiatan belajar seperti dasar litersi dan numerasi serta dasar mengenal cara  dunia kerja

Kemampuan menyimak dan menyampaikan gagasan sederhana, Menyadari keterhubungan antara symbol dengan angka dan huruf serta kata dengan biliangan, Mampu membilang benda/objek, Mampu memahami kosa kata konsep waktu.

 

Bagi yang membutuhkan Contoh Program Kerja MPLS Transisi PAUD SD Yang Menyenangkan Tahun 2024 Tahun Pelajaran 2024/2025. Silahkan download (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Contoh Program Kerja MPLS Transisi PAUD SD Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post


































Free site counter