MODUL PEMBELAJARAN UNTUK SMA - MA TAHUN 2021

Modul Pembelajaran untuk SMA - MA Tahun 2021


Modul Pembelajaran untuk SMA - MA Tahun 2021. Untuk mendukung terlaksananya pembelajaran Jarak Jauh di SMA/MA diperlukan media pendukung salah satunya adalah modul pembelajaran. Saat ini direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Atas telah menerbitkan Modul Pembelajaran untuk SMA - MA Tahun 2021 yang materi telah banyak di sesuaikan dengan situasi masa pandemic Covid-19 ini.

 

Modul Pembelajaran untuk SMA - MA Tahun 2021 sudah tersusun berdasarkan jenjang kelas serta Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran yang mesti diajarakan. Sebagaimana diketahui di saat pandemi ini, modul dapat menggantikan sebagian fungsi guru. Namun guru harus  berada dalam pembelajaran supaya pembelajaran lebih terarah. Karena sifat modul yang juga dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran tanpa adanya guru, maka  isi modul biasanya sangat detail mengenai pembelajaran yang dilakukan mulai dari tujuan, perencanaan, materi pembelajaran, hingga evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran. Peserta didik atau siswa sendiri yang akan menerapkan seluruh kegiatan maupun panduan langkah-langkah yang harus dilakukan pada pembelajaran yang menggunakan modul.

 

Sebelum Bapak/Ibu mendownload dan menggunakan Modul Pembelajaran untuk SMA - MA Tahun 2021. Untuk di ketahui bahwa modul pembelajaran paling tidak memiliki 4 fungsi yakni sebagai Bahan Ajar Mandiri, Pengganti sebagian Fungsi Pendidik, Sebagai Alat Evaluasi,  dan Sebagai Bahan Rujukan

 

1). Bahan Ajar Mandiri

Keberadaan modul dan penggunaannya mampu membuat peserta didik atau siswa mampu belajar sendiri. Siswa dapat belajar secara mandiri dengan menggunakan modul tanpa bantuan atau keberadaan pendidik yang biasanya ada dalam setiap pembelajaran. Ini membuat siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi maupun materi dan mengembangkannya secara mandiri, tidak selalu harus bergantung kepada guru.

 

2) Pengganti Fungsi Pendidik

Modul sebaiknya mampu menggantikan fungsi-fungsi yang dimiliki pendidik. Fungsi yang utama guru harus digantikan oleh modul adalah sebagai penyampai materi. Modul hendaknya mampu menyampaikan dan memberikan materi pembelajaran secara jelas dan terperinci. Tentu penyampaian materi dengan menggunakan modul ini harus memperhatikan usia dan kemampuan peserta didik dalam menyerap materi melalui bahan cetak.

 

3) Sebagai Alat Evaluasi

Didalam modul disertakan juga metode dan cara-cara untuk melakukan evaluasi. Evaluasi ini bukan hanya dilakukan oleh guru atau pengajar, namun peserta didik juga harus mampu melakukan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan modul. Hal ini sangat bermanfaat untuk siswa agar mereka dapat mengetahui sejauh mana kemampuan penguasaan materi dari pembelajaran yang sudah mereka lakukan sendiri.

 

4) Sebagai Bahan Rujukan

Isi yang ada dalam modul tentu saja dilengkapi dengan informasi dan materi-materi pembelajaran. Ini membuat modul dapat digunakan sebagai salah satu rujukan atau referensi bagi informasi tertentu dan yang berkaitan. Seperti layaknya buku lain, fungsi modul sebagai rujukan dan referensi dapat dibenarkan keakuratan atau keabsahan materi yang terkandung dalam modul tersebut.

 

Melihat dari fungsi-fungsi modul yang telah diuraikan, modul dapat berperan penting jika digunakan dalam pembelajaran bahkan setelah pembelajaran. Modul benar-benar dapat menggantikan posisi guru sebagai pendidik dan pengajar. Modul juga merupakan bahan ajar dan sumber belajar bagi siswa yang sangat kompleks dan lengkap. Sudah pasti penggunaan modul dalam pembelajaran harus memperhatikan hal-hal yang dapat mempengaruhi pembelajaran seperti tujuan pembelajaran juga terutama alokasi waktu dan kesesuaian modul pada materi yang dapat akan disampaikan.

 

Berikut Link download Modul Pembelajaran untuk SMA - MA Tahun 2021

Modul Pembelajaran untuk SMA - MA PPKN SMA

Modul Pembelajaran untuk SMA - MA Bahasa Indonesia SMA

Modul Pembelajaran untuk SMA - MA Matematika SMA

Modul Pembelajaran untuk SMA - MA Sejarah Indonesia SMA

Modul Pembelajaran untuk SMA - MA Bahasa Inggris SMA

Modul Pembelajaran untuk SMA - MA Seni Budaya SMA

Modul Pembelajaran untuk SMA - MA Penjasorkes SMA

Modul Pembelajaran untuk SMA - MA PKWU SMA

Modul Pembelajaran untuk SMA - MA Biologi SMA

Modul Pembelajaran untuk SMA - MA Fisika SMA

Modul Pembelajaran untuk SMA - MA Kimia SMA

Modul Pembelajaran untuk SMA - MA Sejarah Peminatan SMA

Modul Pembelajaran untuk SMA - MA Sosiologi SMA

Modul Pembelajaran untuk SMA - MA Geografi SMA

Modul Pembelajaran untuk SMA - MA Ekonomi SMA

 

Demikianlah informasi tentang tentang Modul Pembelajaran SMA – MA Terbaru Tahun 2021. Semoga ada manfaatnya. Terima kasih. Jangan lupa untuk membagikan kepada rekan guru lain yang sangat membutuhkan.



= Baca Juga =



No comments

Theme images by Jelajah Informasi (https://www.ainamulyana.com/. Powered by Blogger.