JADWAL PENDAFTARAN REKRUTMEN CGP ANGKATAN 10 MULAI 17 JULI 2024

Jadwal Pendaftaran Rekrutmen CGP Angkatan 10 Mulai 17 Juli 2023



Jadwal Pendaftaran Rekrutmen CGP Reguler Angkatan 10 Mulai 17 Juli 2023 disampaikan melalui Surat Edaran Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan GTK Kemendikbud Nomor: 1770/B3/GT.00.08/2023 tertanggal 19 Juni 2023 tentang Rekrutmen Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 10 Reguler

 

Isi Surat Edaran tentang Jadwal Pendaftaran Rekrutmen CGP Angkatan 10 Mulai 17 Juli 2023 menyatakan bahwa dalam rangka menindaklanjuti peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode kelima: Guru Penggerak, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP). Tujuannya untuk menghasilkan Guru Penggerak yang berperan menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya serta menumbuhkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

 

Sejumlah 462 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota akan dilaksanakan dengan PGP Reguler pada angkatan 10 (daftar kabupaten/kota disajikan dalam Lampiran 1). Sejumlah 19 kabupaten akan dilaksanakan dengan PGP daerah khusus (dasus) pada angkatan 10 (daftar kabupaten disajikan pada Lampiran 2), dan sejumlah 33 kabupaten akan dilaksanakan dengan PGP dasus dan intensif pada angkatan 9 (daftar kabupaten disajikan pada Lampiran 3). Kabupaten yang akan menjalankan PGP dasus atau PGP intensif, baik pada angkatan 9 atau angkatan 10, tidak dibuka rekrutmen Calon Guru Penggerak reguler pada angkatan 10. Informasi dan jadwal rekrutmen CGP dasus dan intensif diinformasikan tersendiri langsung kepada kabupaten sasaran.

Pelaksanaan PGP angkatan 10 direncanakan akan dilaksanakan pada awal tahun 2024 selama 6 (enam) bulan dengan menggunakan pola belajar mandiri terbimbing melalui sistem belajar daring dan luring. PGP Angkatan 10 diawali dengan pelaksanaan rekrutmen calon guru penggerak regular melalui tahapan-tahapan seleksi. Sehubungan dengan hal tersebut,

 

Hal-hal pokok yang diinformasikan dalam Rekrutmen CGP (Calon Guru Penggerak) Angkatan 10 Reguler adalah sebagai berikut.

1. Sasaran calon peserta Guru Penggerak angkatan 10 sejumlah 55.000 peserta.

2. Peserta/calon guru penggerak :

a. Guru ASN maupun NON ASN baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta, pada satuan pendidikan formal jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB.

b. Kepala sekolah yang belum memiliki Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS), berstatus definitif dari ASN maupun NON ASN baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta, pada satuan pendidikan formal jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB.

3. Selama pendidikan para guru dan kepala sekolah yang belum NRKS bersedia tetap menjalankan tugas pokok dan fungsinya di sekolah masing-masing.

4. Proses rekrutmen calon guru penggerak dilakukan beberapa tahap seleksi yaitu:

·          tahap 1 : registrasi, pemberkasan, pengisian esai, pengunggahan RPP, penilaian portofolio, dan penilaian esai;

·          tahap 2 : penilaian simulasi mengajar dan wawancara.

Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 17 Juli 2023 s.d. 4 Agustus 2023.

5. Tim rekrutmen calon peserta Guru Penggerak adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip transparan, akuntabel, dan berkualitas.

6. Informasi proses rekrutmen calon guru penggerak angkatan 10 dapat dilihat pada Lampiran 4 dan Lampiran 5, atau pada laman: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak.

7. Tim Seleksi mengundang guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, kepala dinas, atau pimpinan pelamar/calon guru penggerak di satuan tugasnya/di wilayahnya, untuk memberikan laporan/aduan berkenaan dengan rekam jejak/integritas para peserta seleksi yang dapat mencemarkan nama baik Program Pendidikan Guru Penggerak. Laporan/aduan disampaikan kepada Tim Seleksi melalui alamat email: gurupenggerakkemendikbud@gmail.com

 

Pada akhir Surat Edaran tentang Rekrutmen CGP Angkatan 10 Reguler disampqikan agar informasi ini dapat diketahui oleh para guru, dan kepala sekolah yang belum memiliki NRKS di wilayah Bapak/Ibu untuk mengikuti proses rekrutmen dan seleksi calon guru penggerak.

 

Adapun jadwal dan persyaratan pendaftaran dapat dibaca pada SE tentang Rekrutmen CGP Angkatan 10 Reguler. LINK DOWNLOAD DISINI

 

Demikian informasi tentang Jadwal Pendaftaran Rekrutmen CGP Angkatan 10 Mulai 17 Juli 2023. Semoga ada manfaatnya.

 


= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post