Download Modul Pembelajaran Matematika Kelas 11 (XI) SMA SMK

.
Download Modul Pembelajaran Matematika Kelas 11 (XI) SMA SMK


Download Modul Pembelajaran Matematika Kelas 11 (XI) SMA SMK. Matematika merupakan pengetahuan tentang penalaran logika berhubungan dengan bilangan yang didalamnya terdapat beberapa kalkulasi yang terorganisasi secara sistematik. Pada umumnya matematika mempunyai karakteristik: a) Matematika mempunyai kajian yang abstrak, b) Matematika berdasarkan diri pada kesempatan-kesempatan; c) Matematika sepenuhnya menggunakan pola pikir deduktif dan d) Matematika dijiwai dengan kebenaran konsistensi.


Adapun pembelajaran matematika ditujukanuntuk membina kemampuan siswa diantaranya dalam memahami konsep matematika, menggunakan penalaran, menyelesaikan masalah, mengkomunikasikan gagasan, dan memiliki sikap menghargai terhadap matematika. Selain itu pembelajaran matematika harus mampu mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran, setiap permasalahan dalam matematika yang semula disajikan secara abstrak harus bisa dikaitkan dengan konteks dunia nyata dengan permasalahan yang berbeda-beda.


Pembelajaran matematika di SMA SMK memiliki tujuan antara lain: a) Dapat memahami konsep matematikaa. Dapat memahami konsep matematika, yaitu menjelaskan keterkaitan antar konsep dan menggunakan konsep maupun algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah; b) Menggunakan pola sebagai dugaan dalam penyelesaian masalah, dan mampu membuat generalisasi berdasarkan fenomena atau data; c) c. Menggunakan penalaran pada sifat, melakukan manipulasi matematika baik dalam penyederhanaan, maupun menganalisa komponen yang ada dalam pemecahan masalah; d) Mengomunikasikan gagasan, penalaran serta mampu menyusun bukti matematika dengan menggunakan kalimat lengkap, simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah; e) Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah; f) Memiliki sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dalam matematika dan pembelajarannya, seperti taat azas, konsisten, menjunjung tinggi kesepakatan, toleran, menghargai pendapat orang lain, santun, demokrasi, ulet, tangguh, kreatif, menghargai kesemestaan (konteks, lingkungan), tanggung jawab, adil, jujur, teliti, dan cermat; g) Melakukan kegiatan motorik menggunakan pengetahuan matematika; h) Menggunakan alat peraga sederhana maupun hasil teknologi untuk melakukan kegiatan-kegiatan matematika.


SMA SMK merupakan bagian terpadu dari Sistem Pendidikan Nasional, yang mempunyai peranan penting dalam menyiapkan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Dalam kurikulum 2013, matematika masuk ke dalam kelompok mata pelajaran wajib dan mata pelajaran peminatan. kelompok mata pelajaran wajib merupakan bagian dari pendidika umum yaitu pendidikan bagi semua warga negara bertujuan memberikan pengetahuan tentang bangsa, sikap sebagai bangsa, dan kemampuan penting untuk mengembangkan kehidupan pribadi peserta didik, masyarakat dan bangsa. Sedangkan kelompok mata pelajaran peminatan bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan minatnya dalam sekelompok mata pelajaran yang sesuai dengan minat keilmuannya di perguruan tinggi, dan untuk mengembangkan minatnya terhadap suatu disiplin ilmu atau ketrampilan tertentu. Matematika dalam kelompok peminatan hanya diperuntukkan bagi siswa yang mengambil program MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) saja, sedangkan untuk kelompok mata pelajaran wajib diperuntukkan untuk program peminatan IIS (Ilmu-ilmu Sosial), MIPA, dan Bahasa.


Adapun Ruang lingkup mata pelajaran matematika wajib pada satuan pendidikan SMA/MA maupun SMK meliputi beberapa aspek-aspek yakni Aljabar, Geometri, Trigonometri, Kalkulus, Statistik dan Peluang.


Lalu apa Modul Pembelajaran Matematika Kelas 11 (XI) SMA SMK? Modul pembelajaran Matematika merupakan alat atau sarana pembelajaran matematika yang berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi/subkompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik. Selain itu pada umum modul pembelajaran matematika adalah suatu unit yang lengkap yang berdiri sendiri dan terdiri atas suatu rangkaian kegiatan belajar yang disusun untuk membantu peserta didik mencapai sejumlah tujuan yang dirumuskan secara khusus dan jelas.


Saat ini sudah tersedia 10 buah Modul Pembelajaran Matematika Kelas 11 (XI) SMA SMK, yang terdiri dari Modul KD 3.1 Menjelaskan metode pembuktian Pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagiaan dengan induksi matematika dan KD 4.1 Menggunakan metode pembuktian induksi matematika untuk menguji pernyataan matematis berupa barisan, ketidaksamaan, keterbagiaan. Modul KD 3. 2 Menjelaskan program linear dua variabel dan metode penyelesaiannya dengan menggunakan masalah kontekstual dan KD 4.2 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel


Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 11 (XI) KD 3.3 Menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah kontekstual dan melakukan operasi pada matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar, dan perkalian, serta transpose dan KD 4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks dan operasinya. Modul KD 3.4 Menganalisis sifat-sifat determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3 dan KD 4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan determinan dan invers matriks berordo 2×2 dan 3×3. Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 11 (XI) KD 3.5 Menganalisis dan membandingkan transformasi dan komposisi transformasi dengan menggunakan matriks dan KD 4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks transformasi geometri (translasi, Modul KD 3.6 Menggeneralisasi pola bilangan dan jumlah pada barisan Aritmetika dan Geometri dan KD 4.6 Menggunakan pola barisan aritmetika atau geometri untuk menyajikan dan menyelesaikan masalah kontekstual (termasuk pertumbuhan, peluruhan, bunga majemuk, dan anuitas)refleksi, dilatasi dan rotasi)


Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 11 (XI) KD 3.7 Menjelaskan limit fungsi aljabar (fungsi polinom dan fungsi rasional) secara intuitif dan sifat-sifatnya, serta menentukan eksistensinya dan KD 4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar . Modul KD 3.8 Menjelaskan sifat-sifat turunan fungsi aljabar dan menentukan turunan fungsi aljabar menggunakan definisi atau sifat-sifat turunan fungsi dan KD 4.8 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan turunan fungsi aljabar. Modul 3.9 Menganalisis keberkaitanan turunan pertama fungsi dengan nilai maksimum, nilai minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva, dan KD 4.9 Menggunakan turunan pertama fungsi untuk menentukan titik maksimum, titik minimum, dan selang kemonotonan fungsi, serta kemiringan garis singgung kurva, persamaan garis singgung, dan garis normal kurva berkaitan dengan masalah kontekstual. Modul KD 3.10 Mendeskripsikan integral tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar dan menganalisis sifat-sifatnya berdasarkan sifat-sifat turunan fungsi dan KD 4.10 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu (anti turunan) fungsi aljabar.

 

Bagi Anda yang membutuhkan Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 11 (XI) silahkan download melalui link yang tersedia di bawah ini.

Link download Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 11 (XI) Modul KD 3.1. dan KD 4.1. (DISINI)

Link download Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 11 (XI) KD 3.2. dan KD 4.2. (DISINI)

Link download Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 11 (XI) KD 3.3. dan KD 4.3. (DISINI)

Link download Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 11 (XI) KD 3.4. dan KD 4.4. (DISINI)

Link download Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 11 (XI) KD 3.5. dan KD 4.5. (DISINI)

Link download Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 11 (XI) KD 3.6. dan KD4.6. (DISINI)

Link download Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 11 (XI) KD 3.7. dan KD 4.7. (DISINI)

Link download Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 11 (XI)KD 3.8. dan KD 4.8. (DISINI)

Link download Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 11 (XI) KD 3.9. dan dan KD 4.9. (DISINI)

Link download Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 11 (XI) KD 3.10. dan KD 4.10. (DISINI)


Baca Juga Kumpulan Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 10 (X) ---disini

Baca Juga Kumpulan Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 12 (XII) ---disini

 

Demikian informasi tentang Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 11 (XI) yang dapat digunakan untuk membantu pelaksanaan pembelajaran reguler atau tatap muka maupun pembelajaran jarak jauh (PJJ). Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



1 Comments

Previous Post Next Post