MODEL PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DALAM PPKN SMP MTS KELAS 7 BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 7 SMP MTS Berdasarkan Kurikulum 2013


Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 7 SMP MTS Berdasarkan Kurikulum 2013. Buku Contoh RPP dan Model Pengintegrasian Pendidikan Antikorupsi pada mata pelajaran PPKn kelas 7 SMP MTs  ini sebagai panduan bagi Guru SMP MTs untuk: a) menelaah kompeteni inti dan kompetensi dasar mata pelajaran PPKn yang dapat diintegrasikan nilai-nilai antikorupsi; b) mengintegrasikan nilai-nilai antikorupsi ke dalam materi pembelajaran PPKn; c) mengintegrasikan nilai-nilai antikorupsi ke dalam silabus mata pelajaran PPKn; d) mengintegrasikan nilai-nilai antikorupsi ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran PPKn dan; e) mengimplementasikan pendidikan antikorupsi dalam mata pelajaran PPKn.

 

Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 7 SMP MTS Berdasarkan Kurikulum 2013, juga sebagai panduan bagi Kepala sekolah untuk: a) sebagai acuan untuk melakukan supervisi klinis dalam mengimplementasikan pembelajaran PPKn melalui proses pembelajaran yang terintegrasi nilai-nilai antikorupsi; b) sebagai acuan untuk perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran PPKn SMP/MTS melalui pembelajaran tematik yang terintegrasi nilai-nilai antikorupsi dan; c) sebagai acuan dalam rangka sosialiasi pendidikan antikorupsi terhadap guru di lingkungan sekolahnya. Sedangkan untuk Pengawas Sekolah SMP/MTS dapat digunakan untuk: a) sebagai acuan penyusunan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan monitoring implementasi pembelajaran PPKn SMP/MTs yang terintegrasi nilai-nilai antikorupsi; b) acuan supervisi akademik pembelajaran PPKn SMP/MTs yang terintegrasi nilai- nilai antikorupsi; c) acuan evaluasi dan monitoring keterlaksanaan pembelajaran PPKn SMP/MTS melalui pembelajaran tematik yang terintegrasi nilai-nilai antikorupsi.

 

Sedangkan bagi Dinas Pendidikan berguna untuk: a) sebagai acuan penyusunan perencanaan, pelaksanan, evaluasi, dan monitoring program diseminasi model pengintegrasian pendidikan antikorupsi melalui mata pelajaran PPKn SMP/MTs di daerah kabupaten/kota; b) sebagai acuan dalam menyusun program anggaran daerah kabupaten/kota dalam mengimplementasikan Pendidikan Antikorupsi.

 

Dengan menggunakan Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 7 SMP MTS Berdasarkan Kurikulum 2013, guru SMP MTS, dapat melaksanakan hal-hal sebagai berikut: 1) Membangun kehidupan sekolah sebagai lingkungan bebas dari korupsi dengan mengembangkan kebiasaan (habit) antikorupsi dalam kehidupan sehari-hari. 2) Membina warga sekolah agar memiliki kompetensi seluruh dimensi kewarganegaraan, yakni: (a) sikap kewarganegaraan (civic dispositions) termasuk keteguhan, komitmen dan tanggung jawab kewarganegaraan (civic confidence, civic committment, and civic responsibility); (b) pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge); (c) keterampilan kewarganegaraan (civic skill) termasuk kecakapan dan partisipasi kewarganegaraan (civic competence and civic responsibility). 3) Meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan di sekolah melalui pendidikan antikorupsi yang diintegrasikan secara sistematis dan sistemik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

 

Ruang lingkup Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 7 SMP MTS Berdasarkan Kurikulum 2013ini berpijak pada pemahaman korupsi yang ditinjau dari dimensi politik, sosiologi, ekonomi, dan hukum yang dikemas secara pedagogis. Pengembangan model pengintegrasian Pendidikan Antikorupsi pada mata pelajaran PPKn mencakup hal-hal sebagai berikut:

1. Telaah kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran PPKn yang dapat diintegrasikan nilai-nilai antikorupsi.

2. Pengintegrasian aspek dan nilai-nilai antikorupsi ke dalam materi pembelajaran PPKn.

3. Pengintegrasian nilai-nilai antikorupsi ke dalam silabus mata pelajaran PPKn.

4. Pengintegrasian nilai-nilai antikorupsi ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran PPKn.

5. Implementasi pendidikan antikorupsi dalam mata pelajaran PPKn.

 

Untuk Anda yang ingin mengetahui bagaimana contoh RPP yang mengintegrasika Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 7 SMP MTS Berdasarkan Kurikulum 2013. Dalam Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 7 SMP MTS Berdasarkan Kurikulum 2013 juga terdapat analisis KD dan contoh silabus PPKn Kelas 7 SMP MTS Terintegrasi Pendidikan Anti Korupsi (PAK).

 

Bagi Anda yang membutuhkan Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 7 SMP MTS Berdasarkan Kurikulum 2013, silahkan download melalui link yang tersedia di bawah ini

 



Link download Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 7 SMP MTS Berdasarkan Kurikulum 2013 (disini)

 

Demikian informasi tentang Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 7 SMP MTS Berdasarkan Kurikulum 2013. Semoga ada manfaatnya



= Baca Juga =



No comments

Theme images by Zemdega. Powered by Blogger.