MODEL PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI (PAK) DALAM PPKN SMP MTS KELAS 8 BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 8 SMP MTS Berdasarkan Kurikulum 2013


Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 8 SMP MTS Berdasarkan Kurikulum 2013. Pendidikan antikorupsi sangat penting bagi perkembangan psikologis siswa. Pola pendidikan yang sistematik akan mampu membuat siswa mengenal lebih dini hal-hal yang berkenaan dengan korupsi temasuk sanksi yang akan diterima jika melakukan korupsi. Dengan begitu, akan tercipta generasi yang sadar dan memahami bahaya korupsi, bentuk-bentuk korupsi dan tahu akan sanksi yang akan diterima jika melakukan korupsi. Sehingga, masyarakat akan mengawasi setiap tindak korupsi yang terjadi dan secara bersama memberikan sanksi moral bagi koruptor.

 

Pendidikan antikorupsi merupakan tindakan untuk mengendalikan dan mengurangi korupsi berupa keseluruhan upaya untuk mendorong generasi mendatang untuk mengembangkan sikap menolak secara tegas terhadap setiap bentuk korupsi. Mentalitas antikorupsi ini akan terwujud jika kita secara sadar membina kemampuan generasi mendatang untuk mampu mengidentifkasi berbagai kelemahan dari sistem nilai yang mereka warisi dan memperbaharui sistem nilai warisan dengan situasi-situasi yang baru.

 

Pendidikan antikorupsi melalui jalur pendidikan lebih efektif, karena pendidikan merupakan proses perubahan sikap mental yang terjadi pada diri seseorang, dan melalui jalur ini lebih tersistem serta mudah terukur, yaitu perubahan perilaku antikorupsi. Perubahan dari sikap membiarkan dan memaafkan para koruptor ke sikap menolak secara tegas tindakan korupsi, tidak pernah terjadi jika kita tidak secara sadar membina kemampuan generasi mendatang untuk memperbaharui sistem nilai yang diwarisi untuk menolak korupsi sesuai dengan tuntutan yang muncul dalam setiap tahap pernjalanan bangsa kita.

 

Model penyelenggaraan pendidikan antikorupsi bisa diterapkan dengan tiga cara yaitu Model Terintegrasi dalam Mata Pelajaran, Model di Luar Pembelajaran melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler, dan Model Pembudayaan atau Pembiasaan Nilai dalam seluruh aktivitas kehidupan siswa. Oleh karena itu, perlu adanya perubahan baru dalam menyemaikan kebaikan melalui lembaga pendidikan. Perlu komitmen kuat dan langkah konkrit dalam menanamkan nilai kejujuran pada diri setiap generasi muda agar terbentuk pribadi mulia, jujur serta bertanggung jawab dengan segala yang diamanahkan kepada mereka. Dengan demikian, sekolah memiliki tugas besar dalam merealisasikan hal itu. Semua dapat berjalan sesuai harapan apabila ada peran nyata dari pihak sekolah, dukungan pemerintah serta partisipasi aktif masyarakat.

 

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pendidikaln antikorupsi ini adalah membuat siswa mengenal lebih dini hal-hal yang berkenaan dengan korupsi sehingga tercipta generasi yang sadar dan memahami bahaya korupsi, bentuk-bentuk korupsi, dan mengerti sanksi yang akan diterima jika melakukan korupsi, serta menciptakan generasi muda bermoral baik serta membangun karakter teladan agar generasi muda tidak melakukan korupsi sejak dini.

 

Bagaimana Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 8 SMP MTS Berdasarkan Kurikulum 2013? Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Kemendikbud telah menerbitkan Model Pengintegrasian Pendidikan Antikorupsi pada mata pelajaran PPKn kelas 6 SM MTS. Buku ini diharapkan dapat digunakan Guru SMP/MTS untuk: a) menelaah kompeteni inti dan kompetensi dasar mata pelajaran PPKn yang dapat diintegrasikan nilai-nilai antikorupsi; b) mengintegrasikan nilai-nilai antikorupsi ke dalam materi pembelajaran PPKn; c) mengintegrasikan nilai-nilai antikorupsi ke dalam silabus mata pelajaran PPKn; d) mengintegrasikan nilai-nilai antikorupsi ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran PPKn dan; e) mengimplementasikan pendidikan antikorupsi dalam mata pelajaran PPKn. Bagi Kepala SMP/MTs, buku ini dapat digunakan untuk: a) sebagai acuan untuk melakukan supervisi klinis dalam mengimplementasikan pembelajaran PPKn melalui proses pembelajaran tematik SMP/MTS yang terintegrasi nilai-nilai antikorupsi; b) sebagai acuan untuk perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran PPKn SMP/MTS melalui pembelajaran tematik yang terintegrasi nilai-nilai antikorupsi dan; c) sebagai acuan dalam rangka sosialiasi pendidikan antikorupsi terhadap guru di lingkungan sekolahnya. Untuk Pengawas Sekolah SMP/MTS, buku ini dapat digunakan untuk: a) sebagai acuan penyusunan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan monitoring implementasi pembelajaran PPKn SMP/MTS yang terintegrasi nilai-nilai antikorupsi; b) acuan supervisi akademik pembelajaran PPKn SMP/MTS yang terintegrasi nilai- nilai antikorupsi; c) acuan evaluasi dan monitoring keterlaksanaan pembelajaran PPKn SMP/MTs melalui pembelajaran tematik yang terintegrasi nilai-nilai antikorupsi. Sedangkan bagi Dinas Pendidikan, buku Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 8 SMP MTS Berdasarkan Kurikulum 2013 berguna untuk: a) sebagai acuan penyusunan perencanaan, pelaksanan, evaluasi, dan monitoring program diseminasi model pengintegrasian pendidikan antikorupsi melalui mata pelajaran PPKn SMP/MTS di daerah kabupaten/kota; b) sebagai acuan dalam menyusun program anggaran daerah kabupaten/kota dalam mengimplementasikan Pendidikan Antikorupsi.

 

Untuk Anda yang ingin mengetahui RPP PPKn Kurikulum 2013 Kelas 8 SMP MTS Terintegrasi Pendidikan Anti Korupsi (PAK) silahkan baca buku Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 8 SMP MTS Berdasarkan Kurikulum 2013. Dalam buku ini selain terdapat berbagai contoh RPP PPKn Kelas 8 SMP MTS Terintegrasi Pendidikan Anti Korupsi (PAK) juga terdapat analisis KD dan contoh silabus PPKn Kelas 5 SMP MTS Terintegrasi Pendidikan Anti Korupsi (PAK).

 

Bagi Anda yang membutuhkan Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 8 SMP MTS Berdasarkan Kurikulum 2013 melalui link yang tersedia di bawah ini.

 



Link download Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 8 SMP MTS Berdasarkan Kurikulum 2013 (disini)

 

Demikian informasi tentang Buku Model Pengintegrasian Pendidikan Anti Korupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn Kelas 8 SMP MTS Berdasarkan Kurikulum 2013. Semoga ada manfaatnya




= Baca Juga =



No comments

Theme images by Zemdega. Powered by Blogger.