Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang SD Tahun 2024

Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang  (ASAJ) SD Tahun 2024-2025


Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang SD Tahun 2024. Asesmen adalah proses pengumpulan data/informasi yang digunakan untuk mengukur ketercapaian suatu tujuan. Pengertian menurut Slavin (2011:262) menyatakan asesmen adalah suatu pengukuran sejauh mana siswa telah mempelajari tujuan yang ditetapkan bagi mereka. Sedangkan menurut Iryanti (2004:3) menjelaskan asesmen adalah suatu kegiatan pengukuran, kuantitatif, penetapan mutu pengetahuan siswa secara menyeluruh, dan terintegrasi dalam proses pembelajaran, serta menggunakan beragam bentuk. Pengertian asesmen lainnya menurut Uno dan Koni (2012:2) asesmen sebagai salah satu bentuk asesmen dan komponen dalam evaluasi. Asesmen tidak dapat dipisahkan dari tindakan pengukuran yang bersifat kuantitatif dan asesmen yang bersifat kualitatif.

 

Menurut Mehrens dan Lehmann (Nasoetion, 1993:4) asesmen merupakan suatu pertimbangan profesional atau suatu proses yang memungkinkan seseorang untuk membuat suatu pertimbangan mengenai nilai sesuatu. Secara sistematis Gronlund (Nasoetion, 1993:5) hasil asesmen merupakan perpaduan antara temuan kuantitatif dengan pertimbangan yang dibuat penilai atau hasil asesmen merupakan perpaduan antara temuan kualitatif dengan pertimbangan yang dibuat penilai. Asesmen adalah suatu proses sistematis yang mengandung pengumpulan informasi, menganalisis, dan menginterpretasi informasi tersebut untuk membuat keputusan-keputusan. Asesmen merupakan bagian integral dalam keseluruhan proses belajar mengajar. Asesmen harus dipandang sebagai salah satu faktor yang menentukan keberhasilan proses dan hasil pembelajaran, bukan hanya sebagai cara untuk menilai keberhasilan peserta didik (Kunandar, 2007: 379-380).


Hart seperti dikutip Muslich (2011:2) menyatakan, assesmen didefinisikan sebagai proses pengumpulan, pelaporan dan penggunaan informasi tentang hasil belajar peserta didik yang diperoleh melalui pengukuran untuk menganalisis atau menjelaskan unjuk kerja/kinerja atau prestasi peserta didik dalam mengerjakan tugas-tugas terkait. Proses asesmen mencakup sejumlah bukti-bukti yang menunjukkan pencapaian hasil belajar peserta didik. Assesmen ini dilaksanakan secara terpadu dengan kegiatan pembelajaran sehingga disebut asesmen berbasis kelas (PBK). PBK dilakukan dengan berbagai cara seperti pengumpulan kerja peserta didik (portofolio), hasil karya (product), penugasan (project), kinerja (performance) dan tes tertulis (paper dan pencil). Jadi menurut Masnur Muslich asesmen adalah suatu pernyataan berdasarkan sejumlah fakta untuk menjelaskan karakteristik seseorang atau sesuatu. Asesmen juga diartikan sebagai kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran.

 

Dalam pembelajaran, asesmen adalah cara yang digunakan oleh pendidik dalam mengukur kemampuan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang digunakan. Asesmen hasil belajar peserta didik dikelompokkan menjadi tiga ranah, yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Ketiga ranah ini tidak dapat dipisahkan satu sama lain secara eksplisit. Apapun mata pelajarannya selalu mengandung ketiga ranah itu, namun penekanannya berbeda. Mata pelajaran yang menuntut teori lebih minitik beratkan pada ranah kognitif sedangkan mata pelajaran yang menuntut kemampuan praktik lebih menitik beratkan pada ranah psikomotorik, dan keduanya selalu mengandung ranah afektif (Sudrajat, 2008: 2).

 

Kunandar (2007: 383) menjelaskan bahwa dalam asesmen ada emat unsur pokok, yaitu (1) objek yang dinilai; (2) kriteria sebagai tolak ukur; (3) data tentang objek yang dinilai; dan (4) pertimbangan keputusan (judgement). Dengan demikian proses asesmen meliputi menentukan objek yang akan dinilai, membuat atau menentukan kriteria ukuran, mengumpulkan data, baik melalui tes maupun nontes dan membuat keputusan.

 

Sehingga dapat didefinisikan asesmen sebagai komponen dalam evaluasi yang digunakan untuk mendapatkan informasi dalam bentuk apapun yang bersifat kualitatif sebagai dasar pengambilan keputusan tentang tingkatan pengetahuan siswa secara menyeluruh. Secara sederhana asesmen (assessment) dapat pula diartikan sebagai proses pengukuran untuk memperoleh data karakteristik peserta didik dengan aturan tertentu.

 

Sebelum Kemu membaca  Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) SD Tahun 2024-2025 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 mari ketahui apa tujuan dan fungsi asesmen. Tujuan asesmen adalah untuk pengumpulan informasi dan tolak ukur keberhasilan seseorang dalam mengambil keputusan, lulus tidaknya seseorang berdasarkan acuan kriteria dan indikator yang ingin dicapai. Adapun tujuan asesmen sebagai berikut:

 

Asesmen sebagai selektif, asesmen bertujuan untuk memilih siswa yang dapat diterima di sekolah tertentu, siswa yang dapat naik ke kelas atau tingkat berikutnya, siswa yang seharusnya mendapatkan beasiswa, dan untuk memilih siswa yang sudah berhak meninggalkan sekolah dan sebagainya.

 

Pertama, Asesmen sebagai diagnostik, asesmen bertujuan untuk menganalisa kebaikan dan kelemahan siswa. Sehingga dengan diketahuinya sebab-sebab kelemahannya akan lebih mudah dicari solusi untuk mengatasi.

 

Kedua, Asesmen sebagai penempatan, Asesmen bertujuan untuk mempertimbangkan penempatan siswa yang mempunyai hasil asesmen yang sama akan berada dalam kelompok yang sama dalam belajar.

 

Keiga, Asesmen sebagai pengukur keberhasilan, asesmen bertujuan untuk mengetahui sejauh mana suatu program berhasil diterapkan (Arikunto, 2008:10-11).

 

Pendapat lain oleh Uno dan Koni (2012:4-6) menjelaskan secara rinci tujuan dan fungsi dari asesmen. Tujuan asesmen adalah untuk mengetahui seberapa jauh siswa dapat mencapai tingkat kompetensi yang dipersyaratkan, dapat langsung memberikan umpan balik kepada peserta didik, selanjutnya umpan balik tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki metode, pendekatan, kegiatan, dan sumber belajar yang digunakan sesuai dengan kebutuhan materi dan kebutuhan siswa, tujuan lain dari asesmen juga untuk melakukan pemantauan kemajuan belajar yang dialami peserta didik dan memberikan informasi kepada orang tua maupun komite sekolah tentang efektifitas pendidikan.

 

Fungsi dari asesmen yaitu untuk pencapaian standar kompetensi, sebagai landasan membantu peserta didik memahami dirinya, dan membuat keputusan tentang langkah berikutnya, baik untuk pemilihan program, pengembangan kurikulum, pengembangan kepribadian maupun untuk penjurusan. Fungsi selanjutnya asesmen dapat berguna untuk menemukan kesulitan belajar siswa dan kemungkinan prestasi yang bisa dikembangkan, untuk menemukan kelemahan proses pembelajaran yang dilakukan, serta asesmen dapat berfungsi sebagai kontrol bagi guru sebagai pendidik tentang gambaran kemajuan perkembangan proses dan hasil belajar.

 

Berikut ini Kumpulan Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) SD Tahun 2024 Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013


Link download Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) PAI BP SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)   Pendidikan Pancasila (PPKn) SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)   Bahasa Indonesia SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)   Bahasa Indonesia SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)   Bahasa Indonesia SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)   Matematika SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)   Matematika SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)   Matematika SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)   IPA SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)   IPA SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)   IPS SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)   PJOK Penjas SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)   Seni Budaya dan Prakarya SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASESMEN SUMATIF AKHIR JENJANG (ASAJ)   Bahasa Jawa SD Tahun 2024


Demikian informasi tentang Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Jenjang SD Tahun 2024 Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Semoga ada manfaatnya.


= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post