Soal Asesmen Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 1 2 3 4 5 dan 6 SD

Latihan soal Asesmen Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 1 2 3 4 5 dan 6 SD.


Latihan soal Asesmen Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 1 2 3 4 5 dan 6 SD. Asesmen sumatif maupun formatif sesungguhnya merupakan suatu proses atau kegiatan yang sistematis, berkelanjutan dan menyeluruh dalam rangka pengumpulan dan pengolaan informasi untuk menilai pencapaian proses dan hasil belajar peserta didik. Asesmen hasil belajar yang fungsional haruslah memenuhi syarat-syarat tertentu, antara lain instrumen atau alat ukur yang digunakan harus valid dan reliable, artinya dari segi penyusunan telah memenuhi kaidah-kaidah penulisan soal, baik dari aspek konstruksi, substansi maupun materi.

 

Asesmen sumatif maupun formatif merupakan asesmen atau penilaian oleh pendidik adalah penilaian hasil belajar peserta didik yang dilakukan oleh pendidik secara brkesinambungan yang bertujuan memantau proses dan kemajuan belajar peserta didik untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran. Asesmen atau penilaian oleh pendidik merupakan penilaian pertama setelah peserta didik menjalani proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru

 

Asesmen atau penilaian juga dapat diartikan sebagai kegiatan menafsirkan atau memaknai data hasil suatu pengukuran berdasarkan kriteria atau standar tertentu. Dengan kata lain penilaian sebagai pemberian makna atau ketetapan kualitas hasil suatu pengukuran dengan cara membandingkan data hasil pengukuran

 

Asesmen atau penilaian yang baik dan teliti akan memberikan deskripsi proses dan output hasil belajar yang objektif. Oleh karena itu, sistem penilaian yang digunakan dalam lembaga pendidikan harus bisa: (1) memberikan informasi yang akurat; (2) mendorong peserta didik belajar; (3) memotivasi tenaga pendidik mengajar; (4) meningkatkan kinerja lembaga, dan (5) meningkatkan kualitas pendidikan.

 

Asesmen atau penilaian merupakan bagian terpenting dari sebuah pembelajaran, sebab penilaian berisi sejumlah fakta yang dapat menjelaskan karakteristik seseorang atau objek yang dinilai. Dalam dunia pendidikan, perkembangan kemampuan peserta didik tidak akan dapat diketahui tanpa penilaian. Asesmen atau penilaian yang baik akan memberi dampak pada proses pembelajaran dan menjadi rujukan untuk kebijakan selanjutnya. Oleh karena itu, pemilihan metode penilaian akan berpengaruh terhadap validitas hasil penilaian yang berisi informasi objektif dan valid. Sebaliknya kesalahan dalam memilih metode penilaian akan berimbas pada informasi yang tidak valid dan tidak objektif sesuai dengan data di lapangan.

.

Dalam melakukan Asesmen atau penilaian seorang guru harus paham ciri-ciri dari penilaian. Adapun ciri-ciri asesmen atau penilaian ada lima, yaitu: (1) penilaian dapat dilakukan secara tidak langsung, contoh mengetahui tingkat inteligen seorang anak diukur dengan kemampuan menyelesaikan soal; (2) penilaian bersifat kuantitatif artinya menggunakan symbol bilangan sebagai hasil pertama pengukuran. Setelah itu, diinterpretasikan dalam bentuk kualitatif. Sementara ciri ketiga (3) dari penilaian adalah menggunakan satuan-satuan atau unit yang tetap. Ciri keempat (4) bahwa penilaian bersifat relative artinya tidak sama atau tidak selalu tetap dari satu waktu ke waktu yang lain. Terakhir ciri kelima (5) adalah penilaian sering terjadi kesalahan-kesalahan, sehingga seorang guru harus lebih teliti dalam melakukan penilaian, baik metode yang digunakan maupun sewaktu melakukan penilaian terhadap objek.

 

Asesmen atau penilaian dinilai efektif jika dilakukan secara berkesinambungan dan seimbang. Berkesinambungan yang dimaksud adalah penilaian dilakukan sepanjang pembelajaran berlangsung. Penilaian juga dituntut seimbang, yakni melibatkan gabungan dari teknik penilaian alternatif dan tradisional. Penilaian dapat dilakukan sepanjang pembelajaran melalui berbagai cara yang beragam. Selain menjadi bagian dari kegiatan belajar-mengajar, penilaian juga dapat menentukan kesuksesan suatu pembelajaran. Meski demikian penilaian tidak hanya mengukur proses dan keluaran pembelajaran saja, tetapi juga dapat mengembangkan proses pembelajaran, memotivasi peserta didik dan mendiagnosa kesulitan peserta didik. Asesmen atau penilaian juga dipandang sebagai kegiatan pengumpulan bukti-bukti peserta didik yang berkaitan dengan proses pembelajaran sebagai informasi untuk mengambil keputusan dalam kegiatan belajar mengajar. Guru menggunakan Asesmen atau penilaian untuk menentukan tingkat kemampuan peserta didik melalui interpretasi tugas rutin peserta didik. Oleh karena itu, guru dapat memberikan umpan balik terhadap capaian peserta didik dalam proses pembelajaran.

 

Jadi sesungguhnya Asesmen atau penilaian adalah proses untuk mengetahui kemampuan dan tingkat keberhasilan peserta didik dalam belajar. Kegiatan ini menggunakan metode pengukuran dan dilakukan secara menyeluruh dan berkesinambungan sehingga dapat dijadikan umpan balik dalam pembelajaran. Asesmen atau penilaian dalam pembelajaran merupakan salah satu komponen yang penting sebab akan menentukan sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai.

 

Adapun beberapa perbedaan asesmen sumatif dengan formatif adalah bahwa Asesmen sumatif seringkali memiliki taruhan tinggi karena berpengaruh terhadap nilai akhir murid sehingga sering diprioritaskan murid daripada asesmen formatif. Oleh karena itu para siswa perlu banyak berlatih.  Selain itu, umpan balik dari asesmen hasil akhir ini (sumatif) dapat digunakan untuk mengukur perkembangan murid untuk memandu guru dan sekolah merancang aktivitas mereka untuk projek berikutnya.

 

Bagi bapak/Ibu atau para siswa yang sedang mencari Latihan soal Asesmen Sumatif Tengah Semester 2 Kelas 1 2 3 4 5 dan 6 SD, Silahkan download kumpulan soal sumatif SD melalui link yang tersedia di bawah ini.

 

Download Latihan soal Asesmen Sumatif TengahSemester 2 (Genap) SD Kelas 6 (DISINI)

Download Latihan soal Asesmen Sumatif Tengah Semester 2 (Genap)  SD Kelas 5 (DISINI)

Download Latihan soal Asesmen Sumatif Tengah Semester 2 (Genap)  SD Kelas 4 (DISINI)

Download Latihan soal Asesmen Sumatif Tengah Semester 2 (Genap)  SD Kelas 3 (DISINI)

Download Latihan soal Asesmen Sumatif Tengah Semester 2 (Genap)  SD Kelas 2 (DISINI)

Download Latihan soal Asesmen Sumatif Tengah Semester 2 (Genap)  SD Kelas 1 (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Latihan soal Asesmen Sumatif Tengah Semester 2 (Genap) SD Kelas 1 2 3 4 5 dan 6. Semoga ada manfaatnya



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post