Latihan Soal Sumatif Akhir Tahun Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA Tahun 2024

Latihan Soal Sumatif Akhir Tahun Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA MA SMK Tahun 2024


Latihan Soal Sumatif Akhir Tahun Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA MA SMK Tahun 2024. Asesmen Hasil Belajar oleh Pendidik adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar.

 

Asesmen/Penilaian merupakan kegiatan guru terkait dengan pengambilan keputusan terhadap hasil belajar peserta didik yang mencerminkan pencapaian kompetensi selama proses pembelajaran tertentu. Asesmen/Penilaian dilakukan secara holistik terkait aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk setiap jenjang pendidikan, baik selama pembelajaran berlangsung (Asesmen/Penilaian proses) maupun setelah pembelajaran usai dilaksanakan (Asesmen/Penilaian hasil belajar).

 

Asesmen/Penilaian merupakan proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran, untuk memantau kemajuan dan perbaikan hasil belajar peserta didik. Ada beberapa jenis asesmen yang di lakukan oleh guru atau sekolah antara lain

a) Asesmen/Penilaian harian yang biasanya menggunakan asesmen formatif merupakan proses kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi secara periodik untuk menilai kompetensi peserta didik.

b) Asesmen/Penilaian Tengah Semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8–9 minggu kegiatan pembelajaran/setengah semester.

c) Asesmen/Penilaian Akhir Semester atau Akhir Tahun merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester.

Asesmen/Penilaian dilakukan secara holistik meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan untuk setiap jenjang pendidikan, baik selama pembelajaran berlangsung (Asesmen/Penilaian proses) maupun setelah pembelajaran usai dilaksanakan (Asesmen/Penilaian hasil belajar). Pada jenjang pendidikan dasar, proporsi pembinaan karakter lebih diutamakan dari pada proporsi pembinaan akademik.

 

Asesmen Hasil Belajar oleh Pendidik selain digunakan untuk membuat laporan hasil belajar siswa atau mengisi nilai rapor juga sangat bermanfaat bagi guru itu sendiri, peserta didik maupun Lembaga/Sekolah. Adapun manfaat asesmen bagi guru adalah a) Dengan melaksanakan Asesmen, guru akan memperoleh data tentang kemajuan belajar siswa; b) Guru akan mengetahui apakah materi yang diajarkannya sudah sesuai atau tidak dengan kemampuan siswa, sehingga dapat dijadikan pertimbangan untuk menentukan materi pelajaran selanjutnya; c) Dengan melaksanakan Asesmen guru akan dapat mengetahi apakah metode mengajar yang digunakannya sudah sesuai atau tidak; d) Hasil Asesmen dapat dimanfaatkan guru untuk merlaporkan kemajuan belajar siswa kepada orang tua/wali siswa.

 

Manfaat Asesmen bagi siswa antara lain: a) Hasil Asesmen dapat menjadi pendorong siswa agar belajar lebih giat; b) Hasil Asesmen dapat dimanfaatkan siswa untuk mengetahui kemajuan belajarnya; c) Hasil Asesmen merupakan data tentang apakah cara belajar yang dilaksanakannya sudah tepat atau belum.

 

Sedangkan Manfaat Asesmen bagi Lembaga/Sekolah adalah a) dapat dimanfaatkan sekolah untuk mengetahui apakah kondisi belajar mengajar yang dilaksanakan sekolah sudah sesuai dengan harapan atau belum; b) Hasil Asesmen merupakah data yang dapat dimanfaatkan sekolah untuk merencanakan pengembangan sekolah pada masa yang akan dating; c) Hasil Asesmen merupakan bahan untuk menetapkan kebijakan dalam upaya meningkatkan kualitas sekolah.

 

Seorang guru dalam melakukan asesmen pembelajaran diharuskan mengembangkan alat Asesmen yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan materi yang diajarkan. Teknik Asesmen yang sering digunakan oleh guru adalah Teknik Tes dan Non-Tes. Teknik tes merupakan salah satu alat, cara, dan langkah-langkah yang sistematik untuk digunakan dalam mengukur sejumlah perilaku tertentu siswa. Berdasarkan cara pelaksanaannya, teknik tes dikelompokkan sebagai berikut.:

1. Tes tertulis, yaitu alat Asesmen yang bentuk dan pelaksanaanya dilakukan secara tertulis.

2. Tes lisan, yaitu alat Asesmen yang bentuk dan pelaksanaanya dilakukan secara lisan.

3. Tes perbuatan, yaitu alat Asesmen yang baik pertanyaan maupun jawabannya dilakukan secara tertulis maupun lisan, seperti praktek di laboratorium, praktik kesenian, simulasi, dan deklamasi. 

 

Berikut ini Contoh atau Latihan Soal Sumatif Akhir Tahun Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA MA SMK Tahun 2024


1. Perhatikan kutipan teks berikut ! Geng adalah fenomena yang tidak asing lagi bagi semua orang di dunia. Begitu mendengar istilah geng, sebagian orang membayangkan berbagai kegiatan menakutkan atau mengerikan. Fenomena geng remaja adalah fakta sosial yang telah terjadi baik di Indonesia maupun belahan dunia lain dalam kurun waktu lama. Namun uniknya, keberadaan geng remaja tidak pernah diakui dalam sejarah. Geng remaja seolah digeneralisasi sebagai klub, geng, bahkan preman yang setara dengan pelaku tindak kekerasan ataupun kejahatan.

Paragraf tersebut merupakan struktur teks eksplanasi kompleks bagian . . . .
A. Pernyataan umum
B. Deretan penjelasan
C. Simpulan
D. Interpretasi
E. Evaluasi 

Jawaban : A

2. Pernyataan berikut yang bukan merupakan deretan penjelas adalah . . .
A. Adapun fenomena permasalahan pendidikan terjadi di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor internal dan eksternal
B. Faktor yang menjadi hambatan secara eksternal antara lain kurangnya pemerataan pendidikan di Indonesia, rendahnya kualitas sarana dan prasarana pendidikan, rendahnya kesejahteraan guru, serta rendahnya prestasi siswa
C. Dapat disimpulkan bahwa pendidikan di Indonesia sulit maju. Selama ini kesan kuat bahwa pendidikan berkualitas bermodal dan memakan biaya sangat besar
D. Faktor internal adalah faktor yang terjadi di dalam diri masyarakat itu sendiri, yaitu kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat atau seseorang dalam aspek kependidikan
E. Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar dari masyarakat atau seseorang.
Jawaban : C

3. Secara ilmiah, fata morgana digolongkan dalam fenomena alam unik. Fatamorgana terbentuk dari proses ilmiah yang membentuk suatu keindahan alam. Sebagian masyarakat tidak memahami proses kejadian fatamorgana tersebut. Masyarakat beranggapan bahwa fatamorgana disebabkan kelelahan mata. Padahal, tanpa kelelahan mata pun, seseorang dapat melihat fatamorgana. Bahkan, fenomena tersebut dapat difoto secara langsung dengan kamera.

Simpulan yang tepat kutipan teks tersebut adalah . . .
A. Fenomena alam fatamorgana dapat difoto menggunakan kamera
B. Fatamorgana terjadi secara alamiah, bukan karena kelelahan mata
C. Fatamorgana terjadi akibat kelelahan mata yang dialami seseorang
D. Sebagian masyarakat tidak mengetahui proese kejadian fatamorgana
E. Fatamorgana merupakan suatu keindahan alam yang terbentuk melalui proses alamiah 
Jawaban : B

4. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa banjir merupakan peristiwa yang terjadi ketika aliran air berlebihan merendam daratan. Banjir yang dapat terjadi di sungai ketika aliran air melebihi kapasitas, saluran air, terutama di sekitar sungai. Akibatnya, air merendam dan merusak jalan raya, jembatan, kendaraan, bangunan, sistem selokan bawah tanah dan kanal. Banjir juga mengakibatkan kerugian tidak sedikit.

Arti kata kapasitas dalam kutipan teks eksplanasi tersebut adalah . . .
A. Keluaran maksimum
B. Daya dukung
C. Daya tampung
D. Kemampuan produksi
E. Muatan listrik
Jawaban : C

5. Kalimat di bawah ini yang menggunakan konjungsi eksternal adalah . . .
A. Ketika temperatur berada di bawah titik beku (freezing point) kristal es terbentuk.
B. Awan turun akan menjadi hujan.
C. Awan terbawa angin, bertemu dan menjadi butiran es.
D. Suhu rendah berpengaruh terhadap butiran-butiran es yang turun menjadi salju.
E. Butiran air atau es yang jatuh ke bumi disebut proses presipitasi es atau salju itu mencair. Jika suhunya tetap rendah, butiran-butiran itu akan turun sebagai salju. 
Jawaban : A

6. Akibat terbawa angin, awan-awan tersebut saling bertemu. Awan-awan itu membesar. Kemudian, menuju ke atmosfer bumi yang suhunya lebih rendah. Akhirnya, terbentuklah butiran es dan air.

Karena terlalu berat dan tidak mampu lagi di topang angin, butiran-butiran air atau es tersebut jatuh ke permukaan bumi. Proses itu disebut proses presipitasi. Karena semakin rendah, suhupun semakin naik. Butiran es atau salju itu mencair. Jika suhunya tetap rendah, butiran-butiran itu akan turun sebagai salju.

Interpretasi teks yang tepat untuk kutipan teks tersebut adalah . . . .
A. Teks tersebut mengurutkan peristiwa turunnya salju secara kronologis yakni dimulai dari pembentukan kumpulan awan dengan bantuan angin, proses pendinginan, sampai mencairnya butiran-butiran itu dengan jatuh ke bumi sampai salju
B. Teks tersebut membahas asal-usul salju
C. Teks tersebut menjelaskan peristiwa turunnya salju
D. Teks tersebut menjelaskan kumpulan awan yang mengalami prosess pendinginan sampai mencair
E. Teks tersebut mengurutkan peristiwa pembentukan awan secara kronologis 
Jawaban : A

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 7 dan 8

Pada dasarnya ada dua faktor penting yang dapat menyebabkan kegagalan program penanggulangan kemiskinan di Indonesia. Pertama, program-program penanggulangan kemiskinan selama ini cenderung berfokus padaupaya penyaluran bantuan sosial untuk orang miskin. Implementasi kebijakan tersebut berupa pemberian beras untuk rakyat miskin dan program Jaringan Pengaman Sosial (JPS) untuk orang miskin.

Kedua, kegagalan program penanggulangan kemiskinan disebabkan kurangnya pemahaman berbagai pihak tentang penyebab kemiskinan. Penyebab tersebut dapat berbeda-beda antara satu daerah dan daerah lain. Jika disamakan, berbagai program yang dilakukan akan tidak tepat sasaran.

7. Tanggapan yang tepat terhadap paragraf pertama teks tersebut adalah . . .
A. Usaha pemerintah patut diapreasi karena berhasil mengatasi kemiskinan
B. Banyak gelandangan dan pengemis berkeliaran di kota besar Indonesia
C. Upaya tersebut tidak tepat kerana menimbulkan efek ketergantungan
D. Razia sering digelar untuk membina para gelandangan dan pengemis
E. Sebagai negara berkembang, Indonesia menghadapi banyak masalah 
Jawaban : C

8. Tanggapan yang tepat terhadap paragraf kedua kutipan t ersebut adalah . . .
A. Pemberantasan korupsi merupakan bentuk penanggulangan kemiskinan
B. Banyak orang kaya tidak peduli pada lingkungan sekitar
C. Kemiskinan dapat disebabkan faktor dalam diri individu pemalas
D. Program-program pembangunan harus didasarkan pada isu-isu kemiskinan
E. Pemerintah bertanggung jawab terhadap nasib rakyat miskin di Indonesia 
Jawaban : D

Kutipan teks berikut untuk menjawab soal nomor 9-11

Teks 1

Bioteknologi berasal dari istilah latin, yaitu bio (hidup) dan teknos (teknologi, penerapan), dan logos (ilmu). Bioteknologi kemudian diartikan sebagai ilmu terapan yang menerapkan prinsip-prinsip sains dan teknologi terhadap serangkaian proses biologis untuk menghasilkan barang dan jasa. Dewasa ini, perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari pada biologi, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain, seperti biokimia, komputer, biologi molekuler, mikrobiologi, genetika, kimia, matematika, dan lainnya.

Teks 2

Kata tsunami berasal dari bahasa Jepang yang berarti “ombak besar”. Definisi umum dari tsunami adalah bencana alam yang disebabkan oleh naiknya gelombang laut ke daratan dengan kecepatan tinggi akibat adanya gempa yang berpusat di bawah laut. Gempa tersebut saja diakibatkan oleh tanah yang longsor, lempeng bumi yang bergeser, gunung berapi yang mengalami erupsi, serta meteor yang jatuh di lautan. Tsunami biasanya terjadi apabila besarnya gempa melebihi tujuh skala richter. Tsunami ini cukup berbahaya, terutama bagi mereka yang bermukim di sekitar pantai. Dengan kekuatan besar, tsunami akan menyapu apapun yang dilewatinya.

9. Perbedaan tema kedua teks diatas adalah . . . .

Jawaban : C

10. Persamaan struktur kedua teks di atas adalah . . . .

Jawaban : E

11. Perbedaan penggunaan istilah kedua teks diatas adalah . . . .

Jawaban : B

12. Perhatikan kutipan teks berikut!
Bencana tanah longsor dapat mengakibatkan banyak kerugian jika menimpa permukiman padat penduduk. Kerugian tersebut dapat berupa jatuhnya banyak korban jiwa dan kehilangan materi. Banyak orang akan kehilangan harta benda, termasuk rumah mereka. Tanah longsor diperkirakan brekecepatan 100 km/jam sehingga sakit bagi korban untuk melarikan diri saat bencana itu terjadi.

Gagasan pokok kutipan teks tersebut adalah . . .
A. Banyak kerugian akibat tanah longsor
B. Tanah longsor merenggut korban jiwa
C. Kerugian materi terjadi akibat tanah longsor
D. Tanah longsor berkecepatan 100 km/jam
E. Korban sakit melarikan diri dari tanah longsor
Jawaban : A

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 13 dan 14

Suatu fenomena baru kini berkembang di Indonesia. Para remaja berpenampilan berlebihan dan selalu berusaha menarik perhatian. Pengaruh penampilan, gaya rambut, dan busana penuh warna yang diusung oleh K-Pop atau korean pop artis korea menjadi salah satu mode rujukan. Mereka membentuk suatu komunitas yang disebut dengan alay. Alay merupakan singkatna dari anak layangan atau anak lebay. Istilah ini merupakan stereotipe yang menggambarkan gaya hidup berlebihan.

Kemunculan anak alay dapat dikatakan sebagai suatu fenomena budaya yang berkembang di Indonesia. Indonesia merupakan negara agraris yang sednag dihujani oleh masuknya berbagai modernitas teknologi, mulai dari gaya hidup, media online, elektronika, sampai gadget canggit. Selain itu, menjamurnya saluran televisi lokal yang menjadikan tayangan hiburan sebagai salah satu unggulan laksana aktualisasi diri komunitas alaya.

13. Teks tersebut termasuk jenis eksplanasi kompleks yang menjelaskan terjadinya fenomena . . . .
A. Sosial
B. Ekonomi
C. Budaya
D. Alam
E. Politik 
Jawaban : C

14. Topik teks eksplanasi kompleks tersebut menjelaskan . . .
A. Akibat terjadinya fenomena baru yang sekarang berkembang di Indonesia
B. Munculnya komunitas alay sebagai bentuk fenomena baru di Indonesia
C. Indonesia sebagai negara agraris yang dihujani berbagai modernisasi teknologi
D. Pengaruh K-Pop artis korea yang menjadi ikon rujukan komunitas alay
E. Gambaran gaya hidup remaja penuh sensasi 
Jawaban : B

15. Perhatikan kerangka karangan teks eksplanasi kompleks berikut!
1) Proses terjadinya pemanasan global
2) Penyebab terjadinya pemanasan global
3) Definisi pemanasan global
4) Akibat pemasan global
5) Solusi pencegahan pemanasan global
Jika dikembangkan menjadi sebuah eksplanasi kompleks, urutan tepat kerangka karangan tersebut adalah . . .
A. 3) – 1) – 2) – 5) – 4)
B. 3) – 4) – 1) – 5) – 2)
C. 3) – 2) – 1) – 5) – 4)
D. 3) – 1) – 2) – 4) – 5)
E. 3) – 5) – 2) – 1) – 4)
Jawaban : D

16. Perhatikan kalimatacak berikut!
1) Keterbatasan ekonomi serta kepadatan penduduk yang tinggal di wilayah bantaran sungai dijadikan alasan masyarakat untuk menjadikan sungai sebagai tempat sampah raksasa
2) Sebagian besar masyarakat yang tinggal di bantaran sungai tersebut pun masih memanfaatkan sungai sebagai tempat sampah
3) Kebiasaan warga sekitar bantara sungai yang masih membuang sampah serta limbah rumah tangga termasuk tinja, membuat kondisi daerah aliran sungai (DAS) tercemar berat
4) Warga di sekitar bantaran sungai mungkin tidak punya pilihan lain selain menjadikan sungai sebagai tempat sampah
5) Bahkan, dikhawatirkan akan terjadi krisis air bersih pada dua atau tiga tagun yang akan datang jika kebiasaan tersebut tidak juga dihilangkan

Urutan yang tepat kalimat acak tersebut agar menjadi teks eksplanasi kompleks yang padu adalah ....
A. 3) – 1) – 2) – 4) – 5)
B. 3) – 2) – 1) – 4) – 5)
C. 3) – 4) – 1) – 2) – 5)
D. 3) -- 4) – 2) – 1) – 5)
E. 3) – 5) – 2) – 4) – 1) 
Jawaban : E

17. Perhatikan kutipan hasil analisis berikut!
Teks tersebut membahas penyebab terjadinya tawuran antar pelajar di kota-kota besar. Disajikan pula kasus kasus yang selama ini sering disajikan dan menghiasi pemberitaan di media massa.

Pernyataan diatas merupakan hasil analisis aspek . . .
A. Struktur teks
B. Identitas
C. Bahasa
D. Isi teks
E. Interpretasi 
Jawaban : D

18. Perhatikan kutipan hasil analisis berikut!

Teks tersebut menggunakan pola kausalitas dalam membahas perincian. Pola kausalitas digunakan ketika membahas sebab-sebab terjadinya tawuran pelajar. Selain itu, terdapat juga pola pertentangan dan ilustrasi. Pola pertentangan digunakan ketika membedakan kehidupan pelajar pada masa awal kemerdekaan dengan kehidupan zaman sekarang.
Pernyataan diatas merupakan hasil analisis aspek . . .
A. Kaidah bahasa
B. Struktur
C. Isi
D. Identitas
E. Simpulan 
Jawaban : A

19. Perhatikan kutipan hasil analisis tersebut!
Teks tersebut terdiri atas pendahuluan dan perincian tentang sebab-sebab terjadinya gempa bumi. Pendahuluan terdiri dari tiga paragraf yang berisi pengertian gempa bumi dan jenis-jenisnya. Bagian terdiri atas lima paragraf. Bagian ini menjelaskan tahap-tahap terjadinya gempa.

Pernyataan di atas merupakan hasil analisis terhadap aspek . . .
A. Identitas teks
B. Struktur teks
C. Kaidah bahasa
D. Isi teks
E. Penutup 
Jawaban : B

20. Dalam menganalisis teks eksplanasi pertanyaan-pertanyaan berfungsi sebagai “pisau bedah” untuk mengetahui keberadaan teks eksplanasi.

Pertanyaan yang tepat untuk menanyakan isi teks eksplanasi adalah . . .
A. Apa yang dijelaskan dalam bagian perincian teks tersebut?
B. Apa yang menjadi objek dalam pembahasan teks tersebut?
C. Apa yang dijelaskan dalam bagian pendahuluan teks tersebut?
D. Bagaimana pola pengembangan teks tersebut?
E. Kata apa saja yang menunjukkan pola-pola pengembangan teks tersebut? 
Jawaban : A

Teks berikut untuk menjawab soal nomor 21-24

Cahaya matahari merupakan sumber energi kedua dalam kehidupan. Tumbuhan berklorofil memanfaatkan cahaya matahari untuk berfotosintesis. Sinar matahari yang ditangkap oleh tumbuhan itu berbeda jumlahnya. Hal ini bergantung pada 1) Ketinggian dari permukaan laut, 2) Penutupan oleh tumbuhan di suatu daerah.

Sebagian kecil energi matahari diserap oleh klorofil dan digunakan untuk memproduksi molekul-molekul organik yang disimpan sebagai energi kimia. Kecepatan menyimpan energi kimia oleh tumbuhan disebut produksi kotor (PPK). Kurang lebih dua puluh persen dari PPK digunakan oleh tumbuhan itu sendiri untuk respirasi dan fotorespirasi. Sisanya baru disimpan oleh tumbuhan dan dikenal sebagai produksiprimer bersih (PPB).

21. Dari segi isi yang perlu dipertanyakan dalam teks eksplanasi tersebut adalah . . .
A. Kalimat pertama paragraf pertama
B. Kalimat kedua paragraf pertama
C. Kalimat ketiga paragraf pertama
D. Kalimat pertama paragraf kedua
E. Kalimat kedua paragraf kedua
Jawaban : A

22. Penggunaan kata sinar matahari dan kata ditangkap pada kalimat ketiga dalam kalimat ketiga paragraf pertama kurang sesuai. Perbaikan kata tersebut adalah . . .
A. Sinar matahari diganti sinar matahari, ditangkap diganti diperoleh
B. Sinar matahari diganti sinar surya, ditangkap diganti dihisap
C. Sinar matahari diganti dengan cahaya matahari dan ditangkap diganti dengan diserap
D. Sinar matahari diganti cahaya surya, ditangkap diganti diresap
E. Sinar matahari diganti cahaya matahari, ditangkap diganti dihisap 
Jawaban : C

23. Perbaikan kalimat yang bergaris bawah dalam teks tersebut yang efektif adalah . . .
A. Sisanya yang disimpan oleh tumbuhan sehingga dikenal sebagai produksi primer bersih (PPB)
B. Sisanya tersimpan oleh tumbuhan dan dikenal dengan produksi primer bersih (PPB)
C. Sisanya disimpan dengan tumbuhan dan peristiwa itu dinamai dengan produksi primer bersih (PPB)
D. Sisanya disimpan oleh tetumbuhan yang dikenal dengan peristiwa produksi primer bersih (PBB)
E. Sisanya, disimpan oleh tumbuhan. Peristiwa itu dikenal sebagai produksi primer bersih (PPB) 
Jawaban : E

24. Tanggapan yang tepat dari segi bentuk teks tersebut adalah . . . .
A. Teks tersebut sudah tersusun dengan baik dan tidak ada yang perlu diubah
B. Teks tersebut tersusun baik meskipun ada sedikit perubahan
C. Teks tersebut baik dan isinya lengkap
D. Teks tersebut sesuai dengan isinya
E. Teks tersebut tersusun baik dan rapi 
Jawaban : A

25. Perhatikan kutipan teks berikut !

Penyakit sosial merupakanbentuk kebiasaan berperilaku warga masyarakat yang tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial yang berpengaruh terhadap kehidupab. Penyakit sosial meliputi minum-minuman keras, berjudi, pernyalahgunana narkoba, penyakit HIV/AIDS, kenakalan remaja, atau perilaku penyimpangan lainnya.

teks eksplanasi kompleks tersebut ditandai dengan penggunaan konjungsi dan, atau yang menyatakan hubungan . . .
A. Pertentangan dan penjumlahan
B. Penjumlahan dan pemilihan
C. Pertetangan dan pemilihan
D. Pemilihan dan penjumlahan
E. Pemilihan dan penyebaban
Jawaban : B

26. Perhatikan kutipan teks eksplanasi berikut!
. . . . gunung api yang ada di Indonesia berjumlah 129 atau 13 persen dari jumlah gunung api aktif dunia. Dengan demikian, Indonesia rawan terhadap bencana letusan gunung api dan gempa bumi. Di beberapa pantai, dengan bentuk pantai sedang hingga curam, jika terjadi gempa bumi dengan sumber di dasar laut atau samudra, hal itu dapat menimbulkan gelombang tsunami.

Kata yang bercetak tebal dalam kutipan tersebut merupakanjenis kata kerja . . .
A. Material
B. Relasional
C. Pasif
D. Aktif
E. Transitif 
Jawaban : B

27. Perhatikan kutipan teks eksplanasi berikut !

Biogas merupakan salah satu cara pemanfaatan lembah potensial dan dapat dikembangkan baik di negara maju maupun negara berkembang. Pembuatan biogas tidak memerlukan bahan mahal, tetapi bisa dihasilkan produk yang sangat berguna. Biogas dapat dibuat dari berbagai limbah baik limbah pertanian, limbah peternakan, limbah industri, maupun limbah domestik. Biogas memanfaatkan mikroorganisme yang bisa mendegradasi limbah menghasilkan produk akhir berupa gas metan dan karbondioksida. Komposisi biogas yang dihasilkan terdiri atas gas meta (55-65%), karbon dioksida (35-45%), nitrogen (0-3%), hidrogen (0-1%), dan hidrogen sulfia (0-1%).

Abstraksi yang tepat untuk teks eksplanasi kompleks tersebut adalah . . .
A. Biogas dikembangkan di negara maju dan berkembang karena memanfaatkan limbah potensial. Biogas menghasilkan gas matan, korban dioksida, nitrogen, hidrogen dan hidrogen sulfida. Pembuatannya tidak sulit, tetapi menghasilkan produk akhir yang berguna.
B. Biogas salah satu cara pemanfaatan berbagai limbah yang dapat dikembangkan di berbagai negara. Pembuatan biogas init idak mehal karena memanfaatkan mikroorganisme yang mendegradasi limbah menghasilkan produk akhir berupa gas metan, korban dioksida, nitrogen, hidrogen, dan hidrogen sulfida.
C. Biogas dibaut dari berbagai limbah potensial seperti limbah pertanian, limbah peternakan, limbah industri, atau limbah domestik. Biogas ini dapat dikembangkan baik di negara maju maupun negara berkembang. Biogas tidak memerlukan bahan mahal sehingga dapat menghasilkan produk berguna.
D. Biogas menghasilkan produk akhir berupa gas mutan, karbon dioksida, nitrogen, hidrogen, dan hidrogen sulfida. Biogas dapat dibuat dari berbagai limbah potensial seperti limbah pertanian, limbah peternakan, atau limbah industri.
E. Biogas memanfaatkan mikroorganisme yang mendegradasi limbah menghasilkan produk akhir berupa gas mutan, karbon dioksida, nitrogen, hidrogen, dan hidogren sulfida. Biogas dapat dibuat dari berbagai limbah baik limbah pertanian, limbah peternakan, limbah industri, maupun limbah domestik.
Jawaban : B

28. Perhatikan kutipan hasil analisis berikut!
Teks tersebut langsung menjelaskan proses perkembangan tumbuhan berbiji tunggal, tanpa ada bagian pendahuluan. Bagian ini terdiri atas tiga paragraf.
Nilai yang layak diberikan untuk teks tersebut berdasarkan hasil analisisnya adalah . . .
A. Kurang, karena strukturnya sangat kacau dan berantakan
B. Kurang, karena bagian-bagian struktur tidak saling berhubungan
C. Cukup, karena struktur teks itu tidak lengkap
D. Baik, karena struktur teks itu sudah baik
E. Baik sekali, karena struktur teks itu sudah lengkap 
Jawaban : C

29. Perhatikan teks hasil analisis berikut !
Teks tersebut membahas penyebab terjadinya tawuran antarpelajar dikota-kota besar. Disajikan pula kasus-kasus yang selama ini sering menghiasi pemberitaan di media massa. Tema teks debat dengan kehidupan pembaca (pelajar) dan mengungkapkan peristiwa yang aktual.
Nilai yang layak diberikan untuk teks tersebut berdasarkan hasil analisisnya adalah . . .
A. Kurang, karena isinya kurang baik dan kurang menarik
B. Kurang, karena isinya jarang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari
C. Cukup, karena isinya jelas
D. Sangat baik, karena temanya dekat dengan kehidupan pembaca (pelajar) dan mengungkapkan peristiwa yang aktual
E. Baik, karena temanya sesuai 
Jawaban : D

30. Perhatikan kutipan teks ulasan film berikut !
Film berjudul “Malaikat Tanpa Sayap” disutradarai oleh Ruko Prijatno. “Malaikat Tanpa Sayap” adalah sebuah film drama yang berhasil menghadirkan momen-momen menyentuh dalam lingkup ceritanya yang cukup luas. Film ini lebih bercerita pada drama keluarga serta konflik yang terjadi di dalamnya. Film ini juga dibalut kisah percintaan.

Kutipan ulasan film diatas merupakan bagian . . .
A. Pendahuluan
B. Evaluasi
C. Interpretasi
D. Ringkasan
E. Abstraksi 
Jawaban : A

Teks dibawah ini untuk mnjawab soal nomor 31 dan 32

Film ini begitu menyentuh kalbu dengan akting penuh emosi antara Vino, Pak Amir, dan Mura. Walaupun ceritanya biasa saja, tetapi film ini dikemas dengan sedemikian apiknya sehingga pantas untuk di tonton. Film ini memiliki keistimewaan tersendiri yang patut untuk ditonton baik remaja maupun orang tua.

31. Kutipan ulasan film diatas merupakan bagian . . .
A. Pendahaluan
B. Evaluasi
C. Interpretasi
D. Ringkasan
E. Abstrak 
Jawaban : D

32. Pertanyaan yang tepat untuk kutipan teks ulasan film diatas adalah . . .
A. Bagaimana alur film tersebut?
B. Apa yang disampaikan dalam teks ulasan film tersebut?
C. Siapa nama tokoh utama dalam teks ulasan film tersebut?
D. Mengapa remaja dan orang tua perlu menontoh film tersebut?
E. Apakah film tersebut memiliki keistimewaan? 
Jawaban : B

33. Pernyataan berikut yang merupakan bagian interpretasi dalam sebuah ulasan film adalah . . .
A. Satu lagi film Indonesia yang menarik perhatian saya “Bidadari-Bidadari Surga”, karya sutradasar Sony Geokasak. Film ini mengambil kisah dari novel yang berjudul sama. Bidadari-bidadari surga, karya Tere Liye.
B. Ulah Ikanuri dan Wibisana suka mengusili Yoshinta, malas belajar, dan nakalnya itu membuat gemes. Orang-orang sedang gotong royong Ikanuri dan Wibisono mencuri mangga Wak Burhan. Mereka dimarahi Kak Laisa, tetapi malah melawan dan berkata-kata yang melukai perasaan Kak Laisa.
C. Saat Ikanuri dan Wibisana tidak pulang-pulang ke rumah, satu kampung panik mencari mereka. Laisa dengan keberaian seorang kakak masuk ke hutan ditemani Dalimuthe. Laisa tiba tepat waktu ketika Ikanuri dan Wibisana dihadang harimau gunung kendeng.
D. Film tersebut mengandung banyak pelajaran berharga yang bisa kita petik. Salah satunya bahwa dalam satu keluarga hendaknya kita saling membantu. Jika perlu, berkorban untuk satu sama lain demi kerukunan dalam keluarga.
E. Akhir ceritanya kurang memuaskan. Menambah rasa penasaran saya bergejolak. Pasalnya, pikiran saya sudah mengarah pada kematian Laisa. Dalam film tersebut tidak ditampakkan proses kematian Laisa. Laisa hanya melambaikan tangan kepada adik-adiknya meninggalkan rumah dengan pakain putih. 
Jawaban : D

34. Perhatikan teks ulasan film berikut!
Teks 1

Film “Cinta tapi beda” dari Hanung itu menuai polemik keras. Tokoh masyarakat seperti “Uni” Fahira Idris dengan lantang mengatakan film itu menghina Islam dan Padang. Secara sekilas, kita melihat bahwa isu-isu agama, seperti pernikahan beda agama, hubungan antar agama, sampai ke persoalan halal dan haram; di media-media Indonesia sepanjang tahun 2000-an terasa semakin menegangkan. Percakapan tentang isu-isu tersebut menjadi sensitif, dan mudah berubah menjadi perseteruan keras.

Teks 2

Dinilai dari sudut itu “La Tahzan” menjadi film yang terasa ringan, enteng, dan nyaman. Pilihan sikapnya pun aman-aman saja. Tidak ada konflik ketika Yamda sepakat saja akan pindah agama. Konflik dramatis yang disodorkan (walau gagal) lebih pada persoalan cinta antara Viona dan Hasan. Kegagalan menjadi dramatis dalam isu agama ini malah menjadi hiburan yang mungkin tidak disengaja bagi segala ketegangan isu agama di tanah air kita belakangan.

Perbedaan antara film “Cinta tapi Beda” dan “La Tahzan” adalah . . . .
A. Film “Cinta tapi beda” gagal dramatis isu agama, sedangkan “La Tahzan” berhasil melakukannya
B. Film “Cinta tapi beda” bertema agama, sedangkan “La Tahzan” bertema peperangan
C. Kedua film dianggap menghina agama Islam dan tradisi di daerah Padang
D. Film “Cinta tapi beda” lebih ringan, enteng, dan nyaman ditonton daripada film “La Tahzan”
E. Film “La Tahzan” lebih ringan, enteng, dan nyaman ditonton daripada film “Cinta tapi beda” 
Jawaban : E

Teks dibawah ini untuk menjawab soal nomor 35 dan 36

Teks I

“Sang Pemimpi” diperkuat aktor dan aktris pendukung dengan akting yang ciamik. Jika anda berharap dapat bermain-main perasaan saat menonton film ini. Harapan anda akan terpenuhi. Film ini cenderung membuat penonton tertegun, berpikir dan tanpa sadar memori anda akan mengingat sesuatu tentang ayah. Selanjutnya, air bening itu akan mengendap di pelupuk. Salah satu momen itu terjadi saat Ikal menjadi berandalan dan berujung pada nilai rapor yang jelek. Saat itu, ayahnya hanya menatap ikal lalu mengucap salam. Saat itulah, rasa bersalah menghantam egonya dan berujung pada sebuah adegan yang menjadi puncak kesedihan film ini.

Teks II

Menurut saya, ini adalah film yang cukup lengkap, tidak hanya menampilkan sosok Soekarno yang revolusioner, tetapi juga sisi-sisi Soekarno yang lebih sentimental dan pribadi. Oleh karena itu, saya sebagai penonton merasa bahwa Soekarno melihat lebih reaktis sebagai manusia biasa yang memiliki kelebihan dan kelemahan dan bukan superhero yang selalu benar dan tidak memiliki sedikitpun.

35. Kesamaan yang terdapat dalam kedua teks tersebut adalah . . .
A. Menyampaikan keunggulan film
B. Merupakan sinopsis suatu film
C. Berupa kesimpulan dari keunggulan film
D. Hasil analisis terhadap unsur penokohan
E. Didasari oleh pandangan pribadi
Jawaban : A

36. Aspek yang membedakan kedua teks tersebut adalah . . .
A. Teks I menyoroti alur, sedangkan teks II menyoroti aspek penokohan
B. Teks I berkaitan dengan keunggulan film, teks II berkaitan dengan aspek kelemahan
C. Teks I berdasarkan pendapat pribadi, teks II berdasarkan sudut pandang ahli
D. Teks I mengutamakan objektivitas, teks II mengutamakan sudut pandang
E. Teks I menyertakan unsur sinopsis, teks II merupakan bagian kesimpulan
Jawaban : A

37. Perhatikan kutipan teks ulasan review film berikut!

Aspek lain yang disayangkan adalah kualitas akting para pemain “Cinta Dalam Kardus”. Mereka seolah-olah hanya menjadi wayang dari peran yang dituntut skenario. Semua perempuan yang berhubungan dengan Miko terlihat sama saja. Mereka mengeluh dengan cara dan nada sama. Padahal, masalah yang dialami berbeda-beda. Kesannya tidak ada yang unik dari tokoh-tokoh perempuan yang ditampilkan dalam film.

Topik pembahasan dalam kutipan tersebut adalah . . . .
A. Kualitas akting para pemain tidak bagus
B. Banyak perempuan di sekitar tokoh Miko
C. Tokoh-tokoh perempuan sangat unik
D. Berbagai konflik muncul dalam film tersebut
E. Skenario film tersebut kurang menarik 
Jawaban : A

38. Langkah-langkah menulis teks ulasan yang benar adalah . . .
A. Pembuatan evaluasi, menulis pendahuluan, membuat Interpretasi
B. Menulis bagian pendahuluan, membuat Interpretasi, membuat evaluasi
C. Menulis bagian pendahuluan, membuat evaluasi, membuat Interpretasi
D. Membuat Interpretasi, membuat pendahuluan, membuat evaluasi
E. Membuat evaluasi, membuat Interpretasi, membuat pendahuluan 
Jawaban : C

39. Perhatikan kutipan teks ulasan film berikut!

Secara garis besar teks ulasan “Sang Pemimpi” terbagi menjadi empat bagian, yakni paparan tentang identitas film, sinopsis, analisis unsur film, dan komentar-komentar berupa pujian.

Hanya saja, analisis unsur film disimpan pada bagian akhir, yakni setelah komentar-komentar . dalam teks itu tida dijumpai bagian penutup, baik itu yang berupa kesimpulan maupun saran-saran.

Sebagian suatu bentuk tulisan yang berwujud artikel, ulasan itu tidak memiliki kejelasan dalam hal pemisahan antar bagian-bagiannya. Dengan kata lain, tidak ada batas yang jelas antara bagian pembahasan yang satu dengan bagian lainnya. Tidak ada judul yang memisahkannya, hanya pergantian alinea yang bisa membantu pembaca dalam memahami setiap bagiannya.

Kutipan teks tersebut merupakan hasil analisis bagian . . .
A. Unsur utama pembahasan film “Sang Pemimpi”
B. Argumentasi umum film “Sang Pemimpi”
C. Struktur teks ulasan film “Sang Pemimpi”
D. Argumenasi kelebihan film “Sang Pemimpi”
E. Argumentasi kekurangan film “Sang Pemimpi” 
Jawaban : C

40. Perhatikan kutipan teks berikut!

Sebagaimana yang telah dipahami bahwa unsur-unsur film / drama mencakup perwatakan,alur, setting, tema, amanat, dan unsur-unsur lainnya. Namun, dalam teks tersebut hanya satu unsur yang dibahas, yakni unsur amanat. Bagian itu ditempatkan secara khusus pada bagian akhir. Dijelaskan dalam teks tersebut bahwa film “Sang pemimpi” memiliki hasrat yang sangat tinggi dalam menyampaikan pesan. Disebutkan pula bahwa film tersebut secara tidak langsung mengajak penonton “berdiskusi” tentang toleransi beragama, peduli terhadap kesusuahan orang lain, dan menghargai orang tua (ayah).

Kutipan teks tersebut merupakan hasil analisis bagian . . .
A. Unsur utama pembahasan film
B. Struktur teks ulasan film
C. Argumentasi tentang kelebihan
D. Argumentasi tentang kekurangan
E. Kebahasaan
Jawaban : A

41. Perhatikan kutipan berikut!
“Thank You” adalah salah satu serial drama Korea. “Thank You” berkisah tentang seorang dokter bernama Min Gi Seo. Ia adalah dokter yang sombong dan angkuh, tetapi memiliki bakat yang cemerlang. Gi Seo memiliki kekasih bernama Cha Ji Min yang juga seorang dokter. Namun, kekasihnya meninggal karena kanker pankreas. Sebelum meninggal, Ji Min menitipkan permintaan maaf kepada seseorang anak yang menderita HIV karena kesalahan prosedur transfuri. Anak tersebut adalah Lee Bom, anak peremuan berusia delapan tahun yang tinggal sama ibu bernama Lee Young Shin. Ibunya merupakan single mother dan kakeknya adalah penderita denuntia.

Analisis yang sesuai dengan kutipan tersebut adalah . . .
A. Bahasa yang digunakan dalam kutipan tersebut sudah baku dan mudah dipahami pembacanya
B. Masih banyak yang perlu diperbaiki dalam ulasan itu terutama penulisan ejaannya
C. Sudah cukup lengkap ulasan dalam kutipanan tersebut untuk suatu sinopsis film
D. Banyak hal yang disoroti dalam kutipan tersebut, terutama yang berkaitan dengan karakter para tokohnya
E. Kutipan itu mengungkapkan ringkasan kisah dan karakter tokoh utamanya yang bernama Min Gi Seo 
Jawaban : E

Teks dibawah ini untuk menjawab soal nomor 42 dan 43

(1) Selain menampilkan kemanisiaan yang beragam, film ini banyak menampilkan otokritik untuk bangsa. (2) Baik berupavisual maupun kata-kata satir dari goresan pena dan ucapan Solgija. (3) Kata-kata seperti “Apakah yang harus dilakukan seorang pemimpin di tengah krisis dan perubahan zaman?” serta “Apa artinya terakhir sebagai bangsa yang merdeka, jika gagal untuk mendidik diri sendiri?” patut dicermati lebih dalam mengenai makna dibaliknya.

42. Kalimat yang strukturnya tidak mengandung subjek dan predikat adalah . . . .
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (1), (2)
E. (2), (3)
Jawaban : B

43. Gagasan utama kutipan di atas adalah . . .
A. Film ini menampilkan kemanusiaan yang beragam
B. Film ini patut dicermati lebih dalam mengenai makna dibaliknya
C. Film ini banyak menggunakan kata-kata sotir dari ucapan Solgija
D. Film ini banyak menampilkan otoktirik untuk bangsa
E. Film ini menggambarkan seorang pemimpin di tengah krisis dan perubahan zaman 
Jawaban : D

Teks dibawah ini untuk menjawab soal nomor 44 dan 45 !

Ketegaran, kerja keras, dan keindahan tempat khas Korea juga sangat menonjol dalam serial ini. Kisah yang indah dan dipadu dengan pemandangan alam yang indah menambah nilai serial ini. Tidak heran jika teman saya tidak bosen menonton serial ini berkali-kali. Lagu dalam serial drama ini juga bagus. Musik dan liriknya indah. Aktor dan aktrisnya pun berpenampilan menarik. Drama ini memiliki kriteria lengkap untuk menjadi seral drama favorit.

44. Istilah perfilman yang memerlukan penjelasan lebih lanjut adalah . . .
A. Kisah, serial
B. Menonton, film korea
C. Nilai plus, lirik
D. Aktris, nilai plus
E. Serial drama, aktor
Jawaban : E

45. Kalimat yang menjelaskan kembali teks tersebut adalah . . . .
A. Film itu sangat menarik dan tidak memberikan kebosanan bagi penontonnya
B. Kualitas fil itu melebihi kualitas film-film lainnya yang ada dalam negeri
C. Film korea itu memberikan nilai-nilai kehidupan yang bermanfaat serta enak ditonton
D. Kalau menontonnya berkali-kali kita akan menemukan nilai-nilai kehidupan yang Bermanfaat
E. Film serial akan menyajikan sesuatu yang enak ditonton karena dikemas dengan cara berbeda 
Jawaban : C

46. Perhatikan kutipan teks berikut !
1)Karakter ini sangat menarik. 2) Teater yang diperankan oleh beberapa orang ini sukses karena menampilkan drama terbaik. 3) Setiap pemain berakting dengan maksimal berkat usaha keras dan latihan. 4) Mereka mampu menghayati setiap peran sehingga emosi penonton ikut terbawa. 5) Selain itu, banyak kejutan dalam setiap adegan sehingga penonton selalu merasa perasaan dengan adegan berikutny.

Klausa simpleks dalam kutipan teks tersebut terdapat dalam kalimat . . .
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
E. 5)
Jawaban : A

47. Perhatikan kutipan teks berikut!
Terlepas dari banyaknya kesalahan di banyak adegan, semuanya berakhir dengan adegan perkelahian pamungkas yang memesona antara Roma dan the Assiasis. Gerakan pencak silat murni yang diperagakan oleh Iko Uwais dan Cecep Arif Rahman begitu memukau dan indah. Pada kehidupan nyata. Kedunya atlet pencak silat mumpuni sehingga adegan pertarungan menjadi terlihat begitu nyata dan cantik.

Keunggulan film tersebut adalah . . .
A. Adegan pertarungan antara Roma dan The Assasin tidak menarik
B. Adegan pertarungan antara Roma dan The Assasin sangat menarik
C. Banyak kesalahan dibeberapa adegan film tersebut
D. Dalam film tersebut tokoh Roma diperankan Iko Uwais
E. Dalam film tokoh The Assasin diperankan Cecep Arif Rahman 
Jawaban : B

48. Perhatikan kutipan teks berikut!
Sutradara menggarap film “Viva JKT 48” dengan sangat menarik. Beberapa lagu JKT 48 ditampilkan sebagai lagu pengiring dalam film. lagu – lagu sangat familiar tersebut menambah daya tarik film karena kepopuleran JKT 48. Lagu-lagu tersebut adalah “Heavy Rotation”, “River”, dan “Gadis Remaja”. Oleh karena itu, penonton khususnya idola gruop JKT 48, sangat dibuai dengan film tersebut.

Akan tetapi, film tersebut terkesan memanfaatkan aji mumpung berkat kepopuleran JTK 48 yang personilnya bermain dalam film tersebut. Akting para pemain tidak maksimal. Mereka tampak kaku ketika beradegan di depan layar kamera. Akibatnya, karakter yang dibawakan tidak benar-benar hidup.

Kekurangan film tersebut adalah . . .
A. Film “Viva JKT 48” disajikan sutradara dengan sangat menarik
B. Film tersebut terkesan memanfaatka aji mumpung kepopuleran JKT 48
C. Beberapa lagu JKT 48 diputar sebagai lagu pengiring film tersebut
D. Pemain film tersebut tidak cakap memerankan tokoh masing-masing
. Para idola grup JKT 48 sangat dimanjakan dengan penampilan anggota JKT 48
Jawaban : D

49. Perhatikan kutipan teks berikut!
Kesuksesan film “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck” tidak lepas dari kemampuan Sunil Soraya dalam memberi ritme penceritaan yang sesuai dengan sebuah film yang memiliki banyak plot cerita. Dalam durasi film sepanjang 163 menit, Sunil Soraya mampu menggarap setiap bagian penceritaan “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck” dengan fokus yang telah ditetapkan pada setiap kisah dari setiap karakter. Cara ini berhasil memberi ikatan emosional mendalam pada setiap penonton. Akibatnya, film tersebut tidak membosankan sebagaimana film-film Indonesia lain yang berdurasi lebih dari 120 menit.

Kekuatan film tersebut terdapat pada . . .
A. Ritme cerita
B. Latar cerita
C. Tokoh-tokoh
D. Tema utama
E. Kualitas gambar
Jawaban : A

50. Perhatikan kutipan berikut!
Pada beberapa bagian, film ini terkesan mencoba untuk menghadirkan trelalu banyak karakter dan plot untuk terlibat di dalam jalan ceritanya. Akhirnya, beberapa plot cerita dan karakter tersebut tidak mampu tergali dengan baik dan menggantung begitu saja tanpa eksplorasi tepat.

Peryataan tersebut mengemukakan . . .
A. Kelebihan
B. Kekurangan
C. Interpretasi
D. Abstraksi
E. Konversi
Jawaban : B

Demikian informasi tentang Latihan Soal Sumatif Akhir Tahun Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA MA SMK Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post