Latihan Soal Sumatif Akhir Tahun Bahasa Arab Kelas 10 MA Tahun 2024

Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun Bahasa Arab Kelas 10 MA Tahun 2024


Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun Bahasa Arab Kelas 10 MA Tahun 2024. Asesmen pembelajaran adalah proses memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. Asesmen merupakan kegiatan yang dilakukan guru untuk memperoleh informasi secara objektif, berkelanjutan, dan menyeluruh tentang proses dan hasil belajar yang dicapai siswa, yang hasilnya digunakan sebagai dasar untuk menentukan perlakuan selanjutnya.

 

Asesmen sumatif akhir dilaksanakan untuk mengetahui ketercapaian standar nasional pendidikan. Sebagaimana diketahui dalam rangka meningkatkan mutu sumber daya manusia maka pemerintah menetapkan standar nasional pendidikan yang berfungsi untuk mengukur kualitas pendidikan. Standar tersebut tentunya bukan merupakan ukuran yang statis yang tidak akan berubah, namun, akan mengalami perubahan yang semakin lama semakin meningkat. Di samping itu juga standar nasional pendidikan juga digunakan dalam penyusunan strategi dan rencana pengembangan pendidikan sesudah diperoleh data-data dari evaluasi belajar secara nasional seperti asesmen sumatif akhir.

 

Asesmen sumatif akhir berasal dari tiga kata yaitu ujian yang memiliki arti hasil menguji sesuatu yang dipakai untuk menguji mutu sesuatu kepandaian, kemampuan hasil belajar. Jadi asesmen sumatif akhir dapat diartikan sebagai hasil menguji mutu suatu kepandaian untuk memperoleh hasil belajar yang dilakukan pada akhir jenjang pendidikan. Asesmen sumatif akhir yang sekarang diubah menjadi asesmen sumatif adalah kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik pada beberapa mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka menilai pencapaian standar nasional pendidikan. Sekolah mengadakan asesmen sumatif akhir dengan memberikan standar atau patokan itu digunakan sewaktu- waktu tingkat pencapai standar perlu mengetahui sampai dimana efektivitasnya.

 

Tujuan pembelajaran pada hakikatnya adalah perubahan tingkah laku pada diri siswa. Oleh sebab itu dalam penilaian/asesmen hendaknya diperiksa sejauh mana perubahan tingkah laku siswa telah terjadi melalui proses belajarnya. Dengan mengetahui tercapai tidaknya tujuan pembelajaran, dapat diambil tindakan perbaikan proses pembelajaran dan perbaikan siswa yang bersangkutan. Misalnya dengan melakukan perubahan dalam strategi mengajar, memberikan bimbingan dan bantuan belajar kepada siswa. Dengan perkataan lain, hasil penilaian tidak hanya bermanfaat untuk mengetahui tercapai tidaknya perubahan tingkah laku siswa, tetapi juga sebagai umpan balik bagi upaya memperbaiki proses pembelajaran. Dalam penilaian ini dilihat sejauh mana keefektifan proses pebelajaran dalam mengupayakan perubahan tingkah laku siswa. Oleh sebab itu, penilaian hasil dan proses belajar saling berkaitan satu sama lain sebab hasil belajar yang dicapai siswa merupakan akibat dari proses pembelajaran yang ditempuhnya (pengalaman belajarnya).

 

Asesmen/penilaian sumatif berfungsi sebagai berikut: a) Alat untuk mengetahui tercapai-tidaknya tujuan pembelajaran. Dengan fungsi ini maka penilaian harus mengacu pada rumusan-rumusan tujuan pembelajaran sebagai penjabaran dari kompetensi mata pelajaran; b) Umpan balik bagi perbaikan proses belajar-mengajar. Perbaikan mungkin dilakukan dalam hal tujuan pembelajaran, kegiatan atau pengalaman belajar siswa, strategi pembelajaran yang digunakan guru, media pembelajaran, dll; c) Dasar dalam menyusun laporan kemajuan belajar siswa kepada para orang tuanya. Dalam laporan tersebut dikemukakan kemampuan dan kecakapan belajar siswa dalam berbagai bidang studi atau mata pelajaran dalam bentuk nilai-nilai prestasi yang dicapainya.

 

Berikut ini adalah Contoh atau Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun Bahasa Arab Kelas 10 MA Tahun 2024

Contoh atau Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun Bahasa Arab Kelas 10 MA Tahun 2024

Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun Bahasa Arab Kelas 10 MA Tahun 2024

Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun Bahasa Arab Kelas 10 MA Tahun 2024

Asesmen Sumatif Akhir Tahun Bahasa Arab Kelas 10 MA Tahun 2024

Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun Bahasa Arab Kelas 10 MA Tahun 2024

Contoh atau Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun Bahasa Arab Kelas 10 MA Tahun 2024


Demikian sekilas info tentang Latihan Soal Asesmen Sumatif Akhir Tahun Bahasa Arab Kelas 10 MA Tahun 2024. Sermoga ada manfaatnya.



= Baca Juga =


Post a Comment

Previous Post Next Post