Contoh Program Kerja Kepala Sekolah atau Rencana Kerja Kepala Sekolah

Download Contoh Program Kerja Kepala Sekolah atau Rencana Kerja Kepala Sekolah

 

Download Contoh Program Kerja Kepala Sekolah atau Rencana Kerja Kepala Sekolah. Tujuan utama penyusunan Program Kerja Kepala Sekolah atau Rencana Kerja Kepala Sekolah adalah agar kepala sekolah dapat mengetahui secara rinci tindakan-tindakan yang harus dilakukan agar tujuan, kewajiban, dan sasaran pengembangan sekolah/madrasah dapat dicapai. Penyusunan Program Kerja Kepala Sekolah atau Rencana Kerja Kepala Sekolah atau RKKS/RKM merupakan suatu hal yang sangat penting, karena RKKS/M dapat digunakan sebagai: pedoman kerja (kerangka acuan) kepala sekolah dalam mengembangkan sekolah/madrasah; dasar untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan sekolah/madrasah; serta sebagai bahan acuan untuk mengidentifikasi dan mengajukan sumberdaya pendidikan yang diperlukan untuk pengembangan sekolah/madrasah.

 

Jadi Program Kerja Kepala Sekolah atau Rencana Kerja Kepala Sekolah atau RKKS/RKM disusun bukan hanya sebagai penyesuaian dari petunjuk administrasi Sekolah Menengah Pertama atau Madrasah Tsanawiyah, tetapi digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan operasional di sekolah, sehingga akan memperlancar kerja Kepala Sekolah. Penyusunan Program Kerja Kepala Sekolah ini melibatkan unsur yang terkait, yaitu unsur Kepala Sekolah, Guru, Penjaga dan Pengurus Komite Sekolah, yang sebelumnya telah diuji kelayakannya.

 

Pada umumnya sistematika Program Kerja Kepala Sekolah atau Rencana Kerja Kepala Sekolah atau RKKS/RKM, terdiri dari Pendahuluan, Program Pengembangan Sekolah, Program Umum Sekolah, Program Khusus Sekolah, Program Peningkatan Mutu dan Penutup. Tetapi ada juga yang menggunakan pola: Pendahuluan, Visi Misi dan Tujuan Sekolah, Program Kerja Kepala Sekolah dan Penutup.

 

Baik yang menggunakan pola yang pertama maupun yang kedua di atas, pada intinya Program Kerja Kepala Sekolah atau Rencana Kerja Kepala Sekolah atau RKKS/RKM terkait rencana pencapaian 8 Standar Nasional Pendidikan di sekolah yang dipimpinnya, yakni tentang rencana pencapaian standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan, standar sarana dan prasanan, standar pembiayaan serta standar penilaian.

 

Untuk Bapak/Ibu yang membutuhkan Program Kerja Kepala Sekolah atau Rencana Kerja Kepala Sekolah atau RKKS/RKM berikut ini link downloadnya.

 

Link download Contoh 1 tentang Program Kerja Kepala Sekolah atau Rencana Kerja Kepala Sekolah atau RKKS/RKM (disini)

 

Link download Contoh 2 tentang Program Kerja Kepala Sekolah atau Rencana Kerja Kepala Sekolah atau RKKS/RKM (disini)

 

Link download Contoh 3 tentang Program Kerja Kepala Sekolah atau Rencana Kerja Kepala Sekolah atau RKKS/RKM (disini)

 

Dermikian informasi tentang Download Contoh Program Kerja Kepala Sekolah atau Rencana Kerja Kepala Sekolah, semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



3 Comments

Previous Post Next Post