Modul Pembelajaran PJJ IPS SMP Kelas 8 Materi: Peran dan Fungsi Pluralitas Masyarakat Indonesia

 

Modul Pembelajaran PJJ IPS 8 Materi Pokok : Peran dan Fungsi Pluralitas Masyarakat Indonesia

Modul Pembelajaran PJJ IPS Kelas 8 Materi Pokok : Peran dan Fungsi Pluralitas Masyarakat Indonesia. Modul ini merupakan bahan ajar berseri yang dirancang untuk digunakan dalam belajar mandiri. Modul ini akan membantu dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi Peserta Didik untuk mencapai kompetensi yang dituju secara mandiri. Sebagai bahan ajar, unsur-unsur pokok modul ini terdiri atas (a) tujuan pembelajaran, (b) aktivitas pembelajaran, dan (c) evaluasi. Tujuan pembelajaran menjadi sasaran penguasaan kompetensi yang dituju dalam belajar. Aktivitas pembelajaran berupa aktivitas-aktivitas yang akan lakukan agar memperoleh pengalaman-pengalaman belajar yang bermakna dalam mencapai tujuan pembelajaran. Evaluasi ialah proses penentuan kesesuaian antara proses dan hasil belajar dengan tujuan pembelajaran. Dalam hal ini, evaluasi bertujuan untuk memberikan latihan sekaligus mengukur tingkat ketercapaian kompetensi yang diperoleh sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pada bagian awal modul.

 

Dalam pengantar Modul Pembelajaran PJJ IPS 8 Materi Pokok : Peran dan Fungsi Pluralitas Masyarakat Indonesia dituliskan bahwa Indonesia merupakan negara dengan masyarakat yang beraneka ragam suku bangsa, agama, dan jenis pekerjaan. Perbedaan ini harus dikelola dengan baik supaya dapat mendukung pembangunan nasional. Materi ini penting penting untuk membentuk kemampuan peserta didik agar dapat memahami sekaligus memiliki sikap toleran terhadap masyarakat dan kebudayaan lain.

 

Setelah belajar materi pada Modul Pembelajaran PJJ IPS 8 Materi Pokok : Peran dan Fungsi Pluralitas Masyarakat Indonesia, diharapkan Peserta Didik dapat :

1. Menganalisis manfaat pluralitas dan fungsinya dalam masyarakat Indonesia dengan cermat .

2. Mengidentifikasi minimal tiga potensi pluralitas masyarakat sekitar

3. Menyajikan ide rancangan kegiatan yang dapat meningkatkan peran dan fungsi pluralitas masyarakat Indonesia dalam bentuk poster atau esai dengan percaya diri secara daring atau luring

 



 

Itulah contoh Modul Pembelajaran PJJ IPS 8 Materi Pokok : Peran dan Fungsi Pluralitas Masyarakat Indonesia. Selamat Belajar semoga sukses.



No comments

Theme images by Jelajah Informasi (https://www.ainamulyana.com/. Powered by Blogger.