DOWNLOAD MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA SMK KELAS 12 (XII)

Download Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 12 (XII)


Download Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 12 (XII). Tujuan pembelajaran Matematika SMA SMK kelas 12 secara umum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

 

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual mata pelajaran Matematika SMA SMK kelas 12 (XII) yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Dalam pelaksanaan Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

 

Modul Pembelajaran Matematika Kelas 12 (XII) SMA SMK merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dibuat guna mendukung kegiatan pembelajaran, baik yang berlangsung secara daring/online maupun dengan secara pembelajaran tata muka. Sehingga Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 12 (XII) ini dapat digunakan sebagai sumber belajar pada pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) bagi sekolah yang masih menggunakan Pembelajaran Online atau PJJ serta dapat digunakan untuk sumber belajar pada pembelajaran reguler bagi sekolah yang sudah mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka.

 

Saat ini sudah terdapat 4 buah Modul Pembelajaran Matematika Kelas 12 (XII) SMA SMK, yang terdiri dari: a) modul KD 3.1 dan KD 4.1; b) modul KD 3.2 dan KD 4.2; c) modul KD 3.3 dan KD 4.3; dan d) modul KD 3.4 dan KD 4.4. Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 12 (XII) KD 3.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang) dan KD 4.1 Menentukan jarak dalam ruang. Modul KD 3.2 Menentukan dan menganalisis ukuran pemusatan dan penyebaran data yang disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram dan KD 4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian data hasil pengukuran dan pencacahan dalam tabel distribusi frekuensi dan histogram (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang).

 

Modul Pembelajaran Matematika Kelas 12 (XII) SMA SMK KD 3.3 Menganalisis aturan pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi) melalui masalah kontekstual dan KD 4.3 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kaidah pencacahan (aturan penjumlahan, aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi). Terakhir Modul 3.4 Mendeskripsikan dan menentukan peluang kejadian majemuk (peluang kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat) dari suatu percobaan acak, dan KD 4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian majemuk (peluang, kejadian-kejadian saling bebas, saling lepas, dan kejadian bersyarat)

 

Sebelum Admin membagikan link download Modul Pembelajaran Matematika Kelas 12 (XII) SMA SMK terlebih dahulu izin untuk mencapaikan beberapa petunjuk penggunaan modul, diantaranya: 1) Berdoalah sebelum mempelajari modul ini; 2) Pelajari uraian materi yang disediakan pada setiap kegiatan pembelajaran secara berurutan; 3) Perhatikan contoh-contoh penyelesaian permasalahan yang disediakan dan kalau memungkinkan cobalah untuk mengerjakannya kembali; 4) Kerjakan latihan soal yang disediakan, kemudian cocokkan hasil pekerjaan kalian dengan kunci jawaban dan pembahasan pada bagian akhir modul; 5) Jika menemukan kendala dalam menyelesaikan latihan soal, cobalah untuk melihat kembali uraian materi dan contoh soal yang ada; 6) Setelah mengerjakan latihan soal, lakukan penilaian diri sebagai bentuk refleksi dari penguasaan kalian terhadap materi pada kegiatan pembelajaran; dan 7) Di bagian akhir modul disediakan soal evaluasi, silahkan mengerjakan soal evaluasi tersebut agar kalian dapat mengukur penguasaan kalian terhadap materi pada modul ini. Cocokkan hasil pengerjaan kalian dengan kunci jawaban yang tersedia.

 

Bagi Anda yang membutuhkan Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 12 (XII) silahkan download melalui link yang tersedia di bawah ini.

 

Link download Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 12 (XII) Modul KD 3.1. dan KD 4.1. (DISINI)

Link download Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 12 (XII) KD 3.2. dan KD 4.2. (DISINI)

Link download Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 12 (XII) KD 3.3. dan KD 4.3. (DISINI)

Link download Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 12 (XII) KD 3.4. dan KD 4.4. (DISINI)


Baca Juga Kumpulan Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 10 (X) ---disini

Baca Juga Kumpulan Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 11 (XI) ---disini


Demikian informasi tentang Modul Pembelajaran Matematika SMA SMK Kelas 12 (XII) yang dapat digunakan untuk membantu pelaksanaan pembelajaran reguler atau tatap muka maupun pembelajaran jarak jauh (PJJ). Semoga ada manfaatnya, terima kasih.




= Baca Juga =



1 Comments

Previous Post Next Post