Juknis Pedoman OSN SD SMP SMA Tahun 2024

Juknis Pedoman OSN SD SMP SMA Tahun 2024


Juknis Pedoman OSN SD SMP SMA Tahun 2024. OSN SD SMP maupun SMA merupakan ajang  talenta siswa  SD SMP SMA yakni kegiatan  yang  memberikan  wadah  aktualisasi talenta peserta  didik  yang  dapat  bersifat  kompetisi/lomba,  festival,  dan  eksibisi,  untuk menghasilkan capaian prestasi dalam berbagai bidang sesuai minat dan bakat. Adapun yang dimaksud talenta mempunyai dua arti, sebagai kata sifat dan kata benda. Sebagai kata sifat, talenta  diartikan  sebagai  performa  bakat  yang  menghasilkan  prestasi  setelah mendapatkan pembinaan atau pengembangan melalui program yang sistematis dan berkelanjutan.  Sebagai  kata  benda,  talenta  diartikan sebagai individu yang memiliki kemampuan terbaik dari yang terbaik di bidangnya pada tingkat nasional untuk bersaing di kancah internasional, dengan misi untuk mengangkat kebanggaan nasional.

 

Sesungguhnya bidang-bidang talenta siswa SD SMP SMA mencakup ilmu pengetahuan,  teknologi,  seni,  dan  olah  raga,  yang  digunakan  untuk pengorganisasian ajang talenta dan jenis prestasi talenta. OSN SD SMP SMA merupakan salah sstu jenis talenta di bidang ilmu pengetahuan yang bertujuan memberikan perhatian  yang  lebih  serius  terhadap  anak-anak  yang  berprestasi  di  berbagai  bidang ketalentaan. Mereka yang berhasil akan mendapatkan banyak manfaat untuk pengembangan karir  belajar  atau  karir  profesionalnya,  seperti  beasiswa  atau  pembinaan  lanjut  untuk mencapai prestasi maksimal.

 

Agara kegiatan OSN SD SMP SMA bisa terlaksana dengan baik, maka pemerintah menerbitkan Juknis Pedoman OSN SD SMP SMA Tahun 2024 dengan maksud untuk  memberikan  informasi  dan  gambaran  berbagai  aspek penyelenggaraan  ajang  OSN  Jenjang  SD/MI/Sederajat  kepada  para  peserta,  pendamping, pembina,  juri,  dan  para  pemangku  kepentingan  lainnya.  Selamat  mempersiapkan  diri, belajar,  berlatih,  dan  bekerja  sebaik-baiknya  agar  kegiatan  ajang  dapat  terlaksana  sesuai rencana dan memberikan hasil maksimal  

 

Berdasarkan Juknis Pedoman OSN SD Tahun 2024, persyaratan umum peserta Olimpiade Sains SD/MI Sederajat adalah sebagai berikut:

1. Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI) yang mewakili sekolahnya.

2. Peserta didik kelas IV dan V SD/MI atau yang sederajat di tahun ajaran 2023/2024 saat pelaksanaan OSN-K, dengan kelahiran tanggal 1 Juli 2011 dan setelahnya.

3. Peserta memiliki kompetensi pada cabang lomba Matematika atau IPA.

4. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, dan perunggu pada OSN-SD tingkat nasional tahun sebelumnya pada cabang lomba yang sama.

5. Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, dan perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya untuk cabang lomba yang sama.

 

Berdasarkan Juknis Pedoman OSN SMP Tahun 2024, persyaratan umum peserta Olimpiade Sains SMP/MTs/Sederajat OSN SMP Tahun 2024 adalah sebagai berikut

1. Berkewarganegaraan Indonesia;

2. Bukan peraih medali emas, perak, dan perunggu pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP/MTs/Sederajat Tingkat Nasional Tahun 2023 pada semua mata pelajaran;

3. Terdaftar sebagai siswa SMP/MTs/sederajat di lingkup wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, atau Sekolah Indonesia di Luar Negeri, atau sekolah lain di luar negeri;

4. Peserta didik terdaf tar sebagai peserta didik SMP/MTs/ sederajat posisi kelas VII dan VIII pada tahun ajaran 2023/2024, serta berusia maksimal 16 tahun pada 31 Desember 2024 saa t mengikuti OSN -K tahun 2024;

5. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau Education Management Information System (EMIS);

6. Memiliki nilai rapor setiap semester sejak semester pertama serendah-rendahnya bernilai Baik untuk cabang lomba yang akan diikuti;

7. Sudah terdaftar pada sistem registrasi sebagai peserta OSN;

8. Menyampaikan surat/pernyataan integritas dan surat keterangan sekolah dalam mengikuti seleksi OSN SMP/MTs/Sederajat.

 

Berdasarkan Juknis Pedoman OSN SMA Tahun 2024, persyaratan umum peserta Olimpiade Sains SMA/MA/sederajat tahun 2024 adalah sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan dokumen resmi seperti Kartu Pelajar/KTP/SIM/Paspor.

2. Berminat dan memiliki nilai baik dari bidang sains yang dipilih.

3. Mendapat persetujuan dari orang tua/wali, dan bila peserta memiliki kebutuhan khusus berkaitan dengan kesehatan harus mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang.

4. Setiap peserta didik hanya dapat mengikuti salah satu bidang sains dan diusulkan oleh Kepala Sekolah berdasarkan hasil seleksi tingkat sekolah.

5. Belum pernah meraih medali emas OSN jenjang SMA/MA/sederajat di bidang sains yang sama.

6. Belum pernah mengikuti kompetisi sains tingkat internasional jenjang SMA/MA/sederajat di bidang sains yang sama (Lampiran D: Daftar Olimpiade Sains Internasional).

7. Peraih medali OSN bersedia mengikuti pembinaan dan seleksi ke kompetisi tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional.

8. Untuk beberapa bidang sains, peserta didik yang pernah mengikuti pembinaan tingkat internasional dapat langsung mengikuti OSN dengan merujuk kepada persyaratan khusus sesuai pada bidang sains masing -masing.

9. Menyetujui Pakta Integritas Pelaksanaan OSN-K, OSN-P, dan OSN pada aplikasi kompetisi.

10. Untuk peserta yang mengalami pindah sekolah ke kabupaten/kota dan/atau provinsi lain, status kabupaten/kota dan/atau provinsi peserta tetap mengacu kepada surat keputusan pemenang OSN-K yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Provinsi sebelumnya.

11. Memiliki nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk semua mata pelajaran dan memiliki sikap yang baik.

12. Mampu mengoperasikan komputer.

13. Tidak terlibat dan/atau tidak memakai narkoba.

 

Bagi yang membutuhkan salinan Juknis Pedoman OSN SD SMP SMA Tahun 2024, silahkan didownload melalui link download yang tersedia di bawah ini.

 

Link download Juknis Pedoman OSN SMA Tahun 2024

 

Link download Juknis Pedoman OSN SMP Tahun 2024

 

Link download Juknis Pedoman OSN SMA Tahun 2024

 

Demikian pemberitahuan tentang Juknis Pedoman OSN SD SMP SMA Tahun 2024, Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan dalam rangka persiapan menghadapai OSN 2024

 


= Baca Juga =


*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post